Cara Peroleh KTA BCA, Pinjaman Tanpa Agunan untuk Tambah Modal Usaha

KTA BCA adalah salah satu produk perbankan yang ditawarkan oleh Bank Central Asia. Produk ini menawarkan pinjaman kredit bagi nasabahnya yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan peminjam, misalnya modal usaha, pembelian kendaraan, pendidikan dan lainnya. Bicara mengenai pinjaman, tentu tidak terlepas dari bunga Bank BCA. Saat ini besaran suku bunga pinjmanan Bank BCA sebesar 1.00% hingga 1.07% dengan tenor pinjaman mulai dari 1-3 tahun.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai kredit satu ini, Anda perlu mengetahui bahwa KTA ini dikhususkan bagi nasabah payroll dan pemegang kartu kredit BCA. Sehingga untuk mengajukan pinjaman KTA BCA ini Anda harus sudah memiliki rekening dan juga kartu kredit BCA. Namun jika dibetur bukan karyawan yang gajinya ditransfer melalui bank BCA, tetap bisa menggunakan kartu kredit dengan ketentuan kartu kredit tersebut minimal sudah dimiliki selama satu tahun serta mempunyai catatan kredit yang baik.

Kenapa harus punya kartu kredit?

Melalui kartu kredit sebagai tolak ukur pihak bank dalam melihat pelaksanaan kewajiban membayar tagihan kredit perbulan. Jika kita memiliki kartu kredit tentu tiap bulan pasti ada kewajiban membayar tagihan, meskipun tidak digunakan. Namun ada biaya administrasi yang harus dibayarkan oleh pemilik kartu kredit. Dari sini lah, pihak bank bisa mengukur bagaimana pelaksanaan kewajiban kita untuk menyetujui permohonan pinjaman kredit BCA. Bila selalu tepat waktu, dan tidak pernah menunggak maka pengajuan KTA BCA bisa dipastikan bisa cepat dicairkan.

Bagaimana bila calon debitur tidak memiliki kartu kredit?

Lalu pertanyaannya lagi, bagaimana cara mengajukan KTA BCA bila tidak punya kartu kredit? Selama gajinya ditransferkan perusahaan ke rekening BCA calon Debitur, maka bisa saja. Namun bila tidak, Anda tidak bisa mengajukan permohonan KTA. Karena syarat KTA Bank BCA, calon debitur harus memiliki kartu kredit atau gaji ditransferkan melalui rekening bank BCA nasabah.

Namun ada bank yang tidak memberikan syarat harus memiliki kartu kredit. Bank yang menawarkan produk KTA tanpa syarat harus memiliki kartu kredit, seperti Bank KEB Hana, Bank CTBC, Bank QNB, Tunaiku (Bank Amar), Bank BPR, Bank Permata, dan Bank Panin.

Proses KTA BCA berapa lama ?

Untuk proses pencairannya sendiri produk pinjaman uang yang satu ini tidak memakan waktu yang lama. Bila persyaratan dan dokumen dari dibetur lengkap, pihak bank BCA biasanya akan melakukan wawancara dengan peminjam sekaligus menjelaskan simulasi pelunasan cicilan. Setelah itu, barulah pinjaman bisa dicairkan. Proses persetujuan kredit ini paling lambat memakan waktu 14 hari kerja. Namun bila debitur memenuhi persyaratan dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan, lamanya proses persetujuan akan lebih pendek.

Baca Juga : Pinjaman Uang Online 

Persyaratan Mengajukan KTA BCA

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk mengajukan pinjaman di Bank BCA ini ada persyaratan yang diberlakukan dan wajib dipenuhi oleh dibetur. Adapun syarat umum tersebut adalah:

– Rentang usia dibetur 21-55 tahun. Usia pemohon tidak boleh lebih dari 55 tahun pada akhir tenor pinjaman.

– Berkewarganegaraan Indonesia

– Minimal pendapatan minimum perbulan Rp 5.000.000

– Status pekerjaan, Pegawai Tetap selama / Wiraswasta selama / Professional selama

– Wajib memiliki kartu kredit

– Wajib membuka rekening BCA.

Bila Anda memenuhi persyaratan di atas, Anda bisa mangejukan pinjaman kredit dengan datang langusng ke kantor cabang BCA atau mengajukan kta bca online melalui websitenya. Saat mengajukannya Anda akan diminta untuk melengkapi dokumen-dokumen berikut untuk aplikasi pinjaman.

Untuk Payroll BCA

– Fotocopy KTP

– Surat Pajak Tahunan (SPT)

– Slip Gaji / Surat Keterangan Perusahaan

– Mutasi Rekening 3 bulan terakhir

– NPWP jika pinjaman di atas Rp 50 juta

 Untuk pemegang Kartu Kredit BCA

– Fotocopy KTP

– Surat Pajak Tahunan

– Mutasi rekening 3 bulan terakhir

– NPWP jika pinjaman di atas Rp 50 juta

– Kartu kredit BCA min 1 tahun kategori pembayaran selalu lancar

Plafon KTA BCA

KTA BCA menawarkan pinjaman dana tunai tanpa agunan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 100 juta. Berikut tabel pinjaman Bank BCA beserta cicilannya.

Dari tabel simulasi kta BCA di atas, Anda bisa menghitung berapa cicilan perbulan beserta total bunga pinjaman bank bca yang akan Anda tanggung. Besarnya pinjaman yang disetujui biasanya tergantung pada hasil analisis kredit dari BCA. Rasio plaforn KTA BCA dibatasi maksimal 3 kali dari penghasilan bulanan nasabah. Dengan kata lain bila penghasilan bulanan Anda mencapai Rp 3 juta perbulan, maka maksimal pinjaman yang bisa diberikan oleh BCA sebesar Rp 9 juta-10 juta. Sementara untuk besaran cicilannya dibatasi maksimal sepertiga dari nilai gaji nasabah. Bila, gaji perbulannya Rp 3 juta makan besaran cicilan maksimal KTA ini adalah Rp 1 juta per bulan.

Biaya Tambahan yang Ditanggung Nasabah

Biaya setup awal satu kali nasabah akan dikenakan biaya materai dan biaya provisi dan biaya lain termasuk premi asuransi jiwa, lebih lengkapnnya sebagai berikut.

  1. Biaya materai sebesar Rp 6 ribu yang dikenakan pada saat Anda mengembalikan aplikasi pengajuan pinjaman. Biaya provisi sebesari 1% dari kredit limit atau minimal Rp 100 ribu. Biaya lain termasuk premi asuransi jiwa (optional), 1 tahun sebesar 0.363%, 2 tahun sebesar 0.693%, atau 3 tahun 1.020%.
  2. Pembayaran cicilan bulanan sejumlah pinjaman ditambah dengan biaya bunga yang telah ditetapkan.

  1. Bila selama pelunasan cicilan pinjaman nasabah terlambat membayar, maka akan dikenakan biaya denda keterlambatan pembayaran 0.28% per hari dari jumlah keterlambatan. Biaya denda akan menambahkan jumlah pinjaman Anda.
  2. Biaya terakhir bila nasabah ingin mempercepat pelunasan, maka ada biaya tambahan pelunasan dipercepat sebesar 5% dari sisa hutang pokok + bunga berjalan.

Sistem pembayaran cicilan KTA BCA

Cara pembayaran cicilan KTA bank BCA sangat mudah, karena pihak BCA bisa autodebet, itu artinya pembayaran bisa dilakukan dengan memotong langusng dari rekening BCA Anda. Namun perlu dipastikan saldo yang Anda miliki di rekening BCA Anda cukup untuk melakukan pembayaran cicilan.

Selain dengan cara autodebet, pembayaran juga bisa dilakukan secara tunai dengan mendatangi kantor cabang BCA dan dengan cara transfer atau pemindahbukuan. Untuk cara transfer dan pemindahbukuan bisa dilakukan melalui transaksi ATM dan juga e-banking.

Selain pinjaman KTA BCA payroll ini, apakah BCA juga menawarkan KTA BCA Syariah ? Untuk saat ini sepertinya belum ada produk KTA syariah dari BCA. BCA syariah hanya memberikan pinjaman, seperti pembiayaan modal kerja, investasi modal kerja, pembiayaan UKM, dan KPR. Bagi Anda yang menginginkan pinjaman, terutama untuk pembelian rumah pinjaman ini bisa dijadikan pilihan karena bunga yang ditetapkan terbilang kecil. Untuk Anda yang ingin mencoba coba lakukan simulasi KPR BCA terlebih dahulu  sebelum mengajukannya.

Cara Pengajuan KTA Bank BCA Tidak Ditolak

Mungkin Anda sudah pernah coba mengajukan pinjaman uang tunai di Bank BCA namun tidak kunjung diproses. Pasti ada alasan mengapa pihak BCA tidak menyetuji pengajuan KTA Anda, mungkin dokumen yang Anda berikan tidak lengkap atau total pinjaman yang tidak sesuai. Maka sebelum itu mari ketahui apa saja faktor yang bisa menghambat proses aplikasi pengajuan pinjaman tunai tanpa angunan ini sehingga Anda tahu bagaimana cara pengajuan KTA Bank BCA agar langsung disetujui.

Dokumen yang dibutuhkan tidak lengkap

Saat mengajukan pinjaman ini Anda diminta untuk melampirkan dokumen-dokumen tertentu seperti KTP, Slip Gaji, NPWP dan lainnya. Dokumen tersebut sangat diperlukan untuk kebutuhan administrasi, juga untuk informasi data diri nasabah.

Punya rekam jejak kredit buruk

Salah satu pertimbangan bank sebelum mencairkan dana pinjaman ke nasabah adalah track record pinjamannya selama beberapa tahun belakangan. Dalam proses persetujuan KTA ada proses BI Checking. BI Checking digunakan pihak bank unruk melihat riwayat kredit seseorang yang ada di data base Bank Indonesia. Riwayat ini berisi rekam jejak yang meliputi performa pembayaran kredit nasabah bukan hanya di Bank terkait tapi juga bank lainnya. Jika nasabah pernah terkena kredit macet biasanya bank urung untuk menyalurkan pinjaman. Apa lagi jika sudah pernah di blacklist oleh satu bank.

Jumlah pinjaman yang tidak sesuai

Meskipun Anda bersikeras mampu mencicil total pinjaman yang Anda ajukan, tapi pihak bank tetap tidak menyetujui permintaan Anda. Hal ini karena pihak bank tidak mau mengambil risiko dalam menyetujui permohonan Anda. Bank jutrsu menganjurkan sebaiknya nilai pinjaman tidak lebih dari jumlah saldo yang ada di rekening. Jadi jika terjadi kredit macet, maka tabungan Anda yang mungkin akan dijadikan sebagai jaminan.

Pemalsuan dokumen atau informasi (fraud)

Faktor ini yang juga tidak bisa dianulir oleh Bank. Data yang biasa dipalsukan adalah slip gaji, ada saja calon nasabah yang menuliskan bahkan sampai membuat slip gaji yang nominalnya tidak sesuai dengan yang diterima. Hal ini dilakukan maksudnya agar pengajuan pinjaman diterima dan prosesnya lebih cepat. Tapi calon nasabah tidak mengetahui bahwa bank pasti tahu berapa besar penghasilan yang calon nasabah dapatkan dari penelusuran rekening calon nasabah. Jadi bukannya diproses form aplikasi pengajuan pasti akan langsung ditolak.

Masih ada tanggungan kredit lain yang jumlahnya besar

Bank yang menawarkan produk KTA tentunya tidak mau mengambil risiko memberikan pinjaman. Sebab jenis pinjaman ini tidak mengharuskan jaminan ke nasabahnya untuk itu persetujuannya pun sangat ketat. Seluruh histori pinjaman nasabah ditelusuri dengan teliti. Bila ditemukan nasabah masih menanggung kredit lain yang jumlahnya cukup besar, ini menjadi pertimbangan baru bagi pihak bank.

Tidak ada NPWP

Mungkin ini menurut Anda masalah yang sepele, namun nyatanya banyak kasus kegagalan dalam mengajukan KTA karena tidak dilampirkan data NPWP calon debitur. Bagi pengusaha ataupun karyawan, Nomor Peserta Wajib Pajak wajib dimiliki, karena Anda sudah memiliki pekerjaan. Diharuskannya melampirkan NPWP bertujuan untuk melihat histori pembayaran pajak. Apakah nasabah termasuk orang yang rutin membayarkan pajak atau tidak. Jadi bukan hanya histori kartu kredit saja yang harus bersih, disiplin bayar pajak juga bisa mempermudah Anda untuk melakukan pengajuan KTA

Nah, itulah tadi mengapa pengajuan KTA BCA ditolak oleh pihak Bank. Jadi bila Anda berencana untuk melakukan pinjaman tanpa jaminan, pastikan Anda sudah mematangkan rencana. Misalnya menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, sudah melakukan simulasi pinjaman, menyelesaikan kredit yang masih Anda tanggung dan yang terpenting memiliki rekening bank atau kartu kredit bank bersangkutan.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY