Dari Pada Kredit Barang Tak Penting, Lebih Baik Kredit Ini Untuk Usaha

0
104
Modal Usaha Tanpa Jaminan

Kredit sudah jadi metode pembayaran yang sering sekali dipilih oleh sebagian masyarakat Indonesia bahkan dunia. Tidak heran banyak sekali usaha yang menggunakan metode pembayaran ini agar barang atau produk yang mereka jual laris manis. Cara ini layaknya solusi bagi siapapun yang tidak memiliki anggaran biaya yang memadai untuk membeli barang-barang tertentu, seperti TV, AC, kulkas, mesin cuci, handphone dan lainnya. Dengan membeli barang secara kredit, tentunya Anda tidak harus membayar total harga barang pada satu transaksi, karena sistem pembayarannya bisa dicicil dengan kurun waktu yang ditentukan. Jadi Anda bisa membawa pulang produk meski belum lunas.

Namun metode ini juga ada kekuarangannya. Apa itu? Karena belum lunas Anda harus membayar cicilannya sampai lunas. Belum lagi aka nada bunga yang ditetapkan sehingga produk yang harganya hanya 5 juta bisa menjadi Rp 5,6 juta karena besarnya cicilan ditambah dengan bunganya. Belum lagi bila Anda telat membayar cicilan maka produk akan langsung ditarik atau disita oleh penjual. Jadi baiknya Anda pertimbangkan penghasilan perbulan bisa menutupi cicilan dan kebutuhan sehari-hari atau tidak. Kalau tidak tahan keinginan Anda untuk membeli barang yang diinginkan.

Tapi kebanyakan orang kredit barang tidak melihat faktor kebutuhan dan kegunannya. Misalnya ada yang kredit smartphone dengan harga Rp 7 juta. Hal ini karena ingin statusnya terlihat lebih tinggi di mata orang lain. padahal dari keggunaannya sama saja seperti smartphone dengan harga 2 juta. Nah, dari pada kita buang-buang uang untuk kredit barang yang tidak penting, kenapa tidak mulai kredit untuk memulai usaha. Selain bisa jadi sumber penghasilan, juga bisa jadi investasi Anda di masa mendatang. Apa saja yang worth untuk di kredit?

Kredit Kios atau Rumah

Bagi pengusaha tempat berjualan bisa jadi sangat penting apalagi untuk bisnis yang perlu memproduksi barang dengan skala yang cukup banyak. Nah, bila Anda tidak siap untuk membeli langsung rumah, gunakan metode kredit, dengan KPR atau kredit ruko misalnya. Dengan menggunakan fasilitas ini akan menguntungkan bagi para usahawan untuk memiliki tempat usaha sekaligus tempat tinggal.

Kredit Mesin Untuk Usaha

Mesin juga hal yang tidak kalah pentingnya untuk mendukung jalannya sebuah usaha. Sama halnya dengan rumah atau kios, harga mesin untuk usaha juga bisa dibilang tidak lah mahal. Kalau Anda ingin usaha konveksi yang lumayan besar, pasti membutuhakan beberapa mesin jahit bukan? Untuk satu mesinnya saja dibandrol 1 sampai 5 juta, bagimana kalau Anda membutuhkan sedikitnya 3 mesin jahit. Biayanya pasti lumayan kan? Oleh sebab itu, sebaiknya gunkanan metode pembayaran kredit. Setelah itu Anda bisa membayar sisa cicilan dengan keuntungan yang nantinya Anda dapatkan.

Kredit Kendaraan

Selain untuk fasilitas transportasi pribadi, kendaraan juga bisa dijadikan sumber penghasilan. Contohnya membuka usaha antar jemput anak sekolah atau karyawan perusahaan. Belum lagi akhir-akhir ini sedang marak sekali jasa transportasi online, Uber salah satunya. Di mana Anda bisa menambah penghasilan dengan jasa online tersebut dengan modal mobil pribadi. Selain itu, kendaraan juga berguna untuk distribusi produk Anda nantinya. Bermanfaat bukan?

Buat apa barang mahal kalau hanya untuk dijadikan sebagai penanda kelas sosial saja. Ada baiknya gunakanlah secara cermat penghasilan Anda untuk sesuatu yang lebih baik di masa mendatang seperti ketiga hal di atas. Selain untuk investasi ketiga hal itu nantinya berguna saat Anda memutuskan untuk memulai usaha sendiri.