Konferensi UKM Terbesar di Asia Menawarkan Banyak Peluang Bisnis

Di hari kedua, Konferensi UKM Asia Ke-4 atau (The 4th ASIAN SME Conference 2016)  di Jakarta ternyata menawarkan banyak peluang usaha bagi para peserta. Apalagi peserta yang hadir lebih dari 20 negara di Asia dan belahan dunia lainnya.

Menurut Zakaria Thaib, Immediate Past – President of ACSB Malaysia, acara ini sangat berpotensial untuk mencipatkan peluang bisnis bagi para UKM di Indonesia. Baik peluang untuk networking, mendapatkan teman baru, berbagi pengalaman.

Konferensi UKM terbesar di Asia menawarkan banyak peluang bisnis sehingga pria asal negeri Jiran ini juga ingin mendorong terbangunnya potensi kolaborasi UKM antarnegara di Asia dan dunia. Misalnya di Asia yang telah banyak perkembangan yang terjadi di UKM yang mendukung perkembangan kualitas hidup masyarakat. Namun sektor ini butuh didukung dan ditambah beragam kerja sama internasional seperti ASEAN Economic Community (AEC) yang membawa banyak peluang serta tantangan bagi para UKM.

ACSB (ASIA Council for Small Business) dan ICSB (International Council for Small Business) akan menjadi platform pendukung para UKM dunia. Dalam 12 bulan ini, ICSB tengah berinisiatif untuk menggapai berbagai negara-negara di Asia dalam meningkat jumlah chapter ICSB di setiap negara di Asia.

Hingga hari ini, ACSB baru memiliki tiga chapter di tiga negara yang salah satunya Indonesia sedangkan dua lainnya adalah Singapura dan Malaysia.  Negara selanjutnya adalah Filipina dan Myanmar yang mendaftarkan diri. Sedangkan negara lain seperti Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand dan Brunei belum bergabung namun diharapkan akan secepatnya tergabung dengan keluarga besar ACSB dan membuat organisasi ini lebih kuat.

President ACSB, Hermawan Kartajaya yang sekaligus staf khusus Kementerian Koperasi dan UKM, diharapkan bisa melanjutkan inisiatif ini dan membuat organisasi ini semakin kuat dan kaya akan sumber daya. Organisasi ini akan banyak membuat buku dan program terkait strategi bisnis untuk membantu banyak bisnis di Asia. Upaya ini termasuk meningkatkan konektivitas kolaborasi dan global competitiveness yang dibangun dari jaringan ICSB sebagai platform layaknya platform sejenis, seperti ASEAN Marketing Federation.

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY