Kiat Sukses Usaha Cupcakes dari Nol

Ingin membuka usaha cupcakes yang sedang kekinian? Usaha Cupcakes adalah sebuah bisnis cake atau kue mungil yang berada di dalam berbagai mangkuk berlapis kertas dengan berbagai hiasan yang menggoda selera. Bisnis cupcakes ini layak dijadikan sebagai usaha yang menguntungkan karena cupcakes menjadi menu pembuka yang biasa ditemui di setiap acara.

Sajian cupcakes sangat cocok dihidangkan di perayaan ulang tahun, reuni, pesta pernikahan, syukuran, wisuda, hajatan dan berbagai acara lainnya. Bahkan bisnis cupcakes akan laris manis ketika moment tertentu seperti Idul fitri, natalan hingga tahun baruan. Sehingga bisa dibilang prospek usaha cupcakes merupakan bisnis kuliner yang cemerlang.

Baca Juga: Kursus Roti untuk Pengusaha Pemula dalam Bidang Bakery

Jenis usaha cupcakes pun beragam, ada yang bentuk bunga, buah, dan animasi yang disukai oleh anak-anak dan dewasa. Apalagi jika warna cupcakesnya warnanya unik.  Yang menjadikan cupcakes cantik adalah topping yang menghiasi atasannya. Tertarik untuk membuka usaha cup cakes? Ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu kiat sukses usaha cupcakes berikut ini.

Langkah-langkah Agar Sukses Usaha Cupcakes

Usaha Cupcakes

  1. Tentukan Lokasi Untuk Memulai Usaha Cupcakes

Memulai usaha cupcakes Anda harus menentukan lokasi yang tepat. Baik untuk membuat adonan hingga memasarkan usaha cupcakes. Untuk membuat adonan cupcakes jika baru saja memulai usahanya maka lebih baik membuatnya di dapur rumah Anda saja dibandingkan menyewa untuk tempat usaha. Dengan begitu, Anda bisa menghemat modal usaha Anda.

  1. Tentukan Jenis Cupcakes yang Ingin Anda Bisniskan

Begitu banyak jenis cupcakes saat ini. Nah, Anda harus menentukan kira-kira cupcakes jenis apa yang cocok untuk usaha Anda. Meskipun pada akhirnya Anda akan menjual beragam jenis cupcakes. Meski begitu Anda harus menentukan satu jenis cupcakes untuk menjadi menu utama. Selain itu, Anda juga harus menentukan apakah jenis usaha cupcakes kukus atau panggang. Jenis usaha ini juga akan berpengaruh pada alat yang akan Anda gunakan.

  1. Sesuaikan Alat dengan Kebutuhan

Saat baru memulai usaha biasanya Anda belum memiliki peralatan dan ingin membelinya. Karena ini masih di awal ada baiknya Anda menyesuaikan peralatan dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja mixer, jika masih usaha cupcakes rumahan ada baiknya menggunakan hand mixer yang harganya masih terjangkau.

  1. Tentukan Target Market Bisnis Cupcakes

Untuk memulai usaha ini, Anda pun harus menentukan market usaha Anda di awal. Menentukan market juga sangat mempengaruhi jenis cupcakes yang akan dibuat dan alat yang dibutuhkan. Jika target market Anda adalah anak-anak Anda bisa membuat usaha cupcakes animasi. Jika target market Anda remaja, maka cupcakesnya bisa dibuat bentuk hati, bunga yang terpenting warnanya menarik. Namun jika market Anda adalah ibu-ibu bentuk sederhana tak masalah yang terpenting.

  1. Sesuaikan Modal Usaha Anda

Memulai usaha cupcakes tentunya Anda harus estimasikan budget. Dengan begitu Anda jadi tahu berapa modal yang harus Anda keluarkan untuk usaha cupcakes ini. Perencanaan usaha cupcakes ini memang harus matang agar bisnis usaha cupcakes Anda akan lancar.

  1. Promosikan Usaha Cupcakes Anda

Zaman digital seperti ini, mempromosikan usaha cupcakes Anda lebih mudah. Anda bisa melakukan usaha cupcakes online dengan mempromosikan lewat media online. Terutama mempromosikannya lewat media sosial bisa lewat Instagram, fan-page maupun Twitter. Untuk usaha cupcakes online tentunya Anda harus memiliki kualitas kamera yang bagus sehingga foto yang dihasilkan bisa bagus.

  1. Manajemen Usaha Baik

Meski usaha cupcakes Anda masih terbilang baru, namun optimalkan dalam manajemen usaha. Dari hal yang terkecil seperti memisahkan antara keuangan pribadi dan hasil usaha Anda. Dengan begitu Anda jadi tahu berapa keuntungan atau kerugian Anda. Sehingga penghasilan dari bisnis cupcakes Anda bisa diputar kembali untuk mengembangkan usaha.

Biasakan mencatat sekecil apa pun pengeluaran dan pemasukan. Jika perlu Anda memiliki buku khusus bahkan software khusus untuk menghitung keuangan Anda. Dengan manajemen yang baik mulai dari awal bisnis Anda maka diprediksi risiko usaha cupcakes Anda kecil kemungkinan akan bangkrut.

  1. Lakukanlah Inovasi

Meski usaha cupcakes yang sudah Anda rintis sudah berkembang bukan berarti Anda berhenti di sana. Inovasi dilakukan bukan hanya agar bisnis mu berkembang. Namun, juga bertahan. Karena banyak persaingan. Jika kamu hanya mengandalkan resep dan tampilan cupcakes yang itu-itu saja siap Anda akan ketinggalan.

  1. Kreatif dan Unik

Untuk membuka usaha cupcakes juga diperlukan hal yang kreatif dan unik. Baik itu bentuk cupcakesnya maupun cara pengemasan dan promosinya. Sehingga membuat orang tertarik untuk mencoba lagi cupcakes buatan Anda.

  1. Ikuti Kursus Cupcakes

Agar sukses usaha cupcakes Anda disarankan untuk mengikuti kursus cupcakes meskipun Anda sudah bisa membuat cupcakes sendiri. Karena biasanya pada kursus cupcakes tersebut Anda bukan hanya diajarkan bagaimana cara membuat cupcakes yang enak namun juga manajemen bisnis hingga pemasaran bisnis cupcakes Anda.

Resep Membuat Cupcake Praktis  untuk Pengusaha Pemula

Bahan-bahannya

  1. 150 ml susu cair,
  2. 3 butir telur,
  3. 125 gram margarin,
  4. 250 gram gula putih/gula pasir,
  5. 200 gram tepung terigu,
  6. Setengah sendok teh coklat atau vanila essence atau apa saja yang sesuai dengan kesukaan Anda,
  7. Baking Powder secukupnya.

Cara Membuatnya

  • Panaskan oven Anda pada suhu 180 derajat Celsius. Kemudian siapkan loyang atau wadah cup.
  • Campurkan adonan yang terdiri dari gula pasir, coklat dan vanila essence ke dalam wadah kemudian kocok dengan menggunakan mixer hingga mengembang. Setelah itu, masukkan telur ke dalam adonan tersebit dan mixer hingga lebih mengembang.
  • Setelah mengembang, maka tambahkan tepung terigu dan susu cair setelah itu diaduk-aduk hingga merata dengan menggunakan mixer.
  • Setelah rata maka masukan adonan ke dalam loyang atau wadah cupcake setelah itu dipanggang kurang lebih 15-20 menit hingga matang. Setelah itu angkat dan sajikan dan tambahkan dengan garnish atau topping sesuai dengan selera Anda.

Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Membuka Usaha Cupcakes Rumahan

Usaha Cupcakes

Mixer

Alat pembuat cupcakes yang satu ini tentunya tak boleh ketinggalan. Karena perannya tak bisa digantikan meskipun memiliki alat pengocok. Untuk usaha cupcakes yang baru saja dimulai Anda tak perlu mixer yang terlalu canggih, cukup menggunakan hand mixer yang harganya relatif terjangkau maka bisa membuat bisnis cupcakes Anda lancar.

Loyang Cupcakes

Sebelum membeli loyang cupcakes Anda harus menentukan dulu, cupcakes Anda yang akan dijual kira-kira ukuran berapa? Jangan sampai salah membelinya sesuaikan juga ukuran loyang cupcakes dengan harga cupcakes yang akan Anda jual.

Alat Ukur/Timbangan

Membuat cupcakes apalagi untuk dibisniskan, tak bisa sembarangan dan dikira-kira takaran adonannya. Resepnya harus pas jika tidak maka bentuk dan rasanya tidak sesuai. Sehingga dibutuhkan alat ukur/ timbangan.

Oven

Oven yang dibutuhkan pada usaha cupcakes tak mesti oven yang mahal tapi sebaiknya oven listrik agar temperatur dan waktu bisa diatur sesuai dengan keinginan. Sehingga cupcakesnya matang sempurna dan tidak gosong. Dan sebelum memanggang cupcakes usahakan panaskan dulu ovennya sebelum digunakan.

Cooling Wire

Ketika cupcakes sudah matang maka letakanlah cupcakes di atas cooling wire untuk menghindari penumpukan yap di dasar cupcakes yang bisa membuat bagian bawah cupcakesnya menjadi lembap.

Kantong Semprot

Untuk membuat garnis atau topping maka Anda membutuhkan kantong semprot dan spuit. Nantinya bentuk hiasan yang diinginkan.

Cara Mempromosikan Bisnis Cupcakes Anda Agar Laris Manis

Banyak orang bisa membuat cupcakes yang enak namun tak bisa mempromosikannya sehingga usaha cupcakes Anda tak berjalan lancar. Berikut cara mempromosikan bisnis cupcakes agar laris manis

  • Menyusun Daftar Rencana Promosi

Buatlah rencana promosi yang akan Anda lakukan. Karena promosi meskipun sedikit pasti akan mengeluarkan modal. Dan melakukan promosi pastinya harus ada waktu tertentu jangan terlalu sering karena konsumen akan bosan namun jangan jauh jeda waktunya karena akan membuat  orang lupa pada usaha cupcakes Anda.

  • Buatlah Merek Dagang Cupcakes yang Unik

Begitu banyak yang membuka usaha cupcakes sehingga agar selalu diingat maka buatlah merek cupcakes yang unik namun tak sulit pengucapannya. Sehingga mudah diingat.

  • Gunakan Online Marketing

Online Marketing merupakan salah satu promosi yang hemat dan paling efektif. Anda bisa menggunakan media sosial Anda lewat Facebook, Twitter, Instagram, Path dan lain-lain. Jika menggunakan online marketing Anda harus memiliki kualitas foto yang baru untuk menarik konsumen. Gunakan jeda waktunya jangan terlalu sering memposting gambar cupcakes Anda, nanti mereka justru akan memblokir akun Anda. Selain manfaatkan media sosial, Anda bisa membuat website dan menggunakan SEO agar rating website Anda naik dan membuat banyak orang penasaran akan cupcakes.

Baca Juga: Ikuti Kursus Mie di GoUKM Training Center Untuk Jualan Mie Ayam

  • Masuklah ke dalam Komunitas

Berbisnis agar bisa bertahan lama maka butuh relasi. Dan untuk mendapatkan relasi maka Anda harus masuk ke dalam komunitas. Saat ini, banyak komunitas memasak yang bisa Anda masuk seperti Natural Cooking, Cookpad, Mamaku Koki Handal.

  • Pasang Papan Iklan yang Unik

Untuk memancing orang untuk tertarik membeli cupcakes kita, salah satunya dengan memasang papan iklan yang unik.

  • Strategi Word of Mouth

Strategi Word of Mouth atau dari mulut ke mulut ternyata lebih efektif dibandingkan strategi apa pun. Sehingga cupcakes yang Anda jual memang harus enak, menarik dan pelayanannya bagus saat mereka membeli.

  • Pesaing bukan Musuhmu

Karena usaha cupcakes memang banyak saat ini. Namun bukan berarti mereka yang membuka usaha cupcakes juga sebagai musuh kita. Justru pesaing mu bisa diambil pelajaran. Merekalah yang tahu kekurangan dalam bisnis kita dan itu bisa untuk kita perbaiki.

SHARE

LEAVE A REPLY