Membuka Bisnis Kentang Goreng Ala KFC dengan Mesin Deep Fryer

Mesin Deep Fryer

Ingin membuat kentang goreng Ala KFC, tentunya tidaklah mudah bukan. Karena kentang ala KFC empuk, crispy dan enak sedangkan jika kita goreng sendiri terkadang tak crsipy. Atau mungkin crispy hanya sejenak saja ketika selesai menggoreng. Oleh sebab itu sebaiknya menggunakan mesin deep fryer.

Mesin deep fryer sendiri merupakan suatu alat yang digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan hingga menghasilkan gorengan yang kebih baik merata kematangan. Bedanya alat ini dengan penggorengan biasa yaitu alat ini mempunyai alat bernama bak celup sehingga menghasilkan gorengan yang lebih crispy, lebih kering dan lebih renyah.

Selain itu mesin ini juga menggunakan bahan anti karat yang mudah dibersihkan yaitu full body stainless steel. Keunggulan lainnya mesin ini memiliki suhu otomatis dengan suhu antara 100 hingga 225 derajat celsius.  Sehingga dengan menggunakan mesin deep fryer konsumsi gas menjadi lebih irit dan terjangkau.

Selain itu konsumsi gas menjadi lebih irit dan terkangkau dam kapasitas minyak yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan kapasitas yang dibutuhkan sehingga gorengan lebih krispi sehingga terhindar dari gosong dan minyak goreng bisa digunakan meski begitu minyak tetap terjaga kualitasnya.

Jenis Mesin makanan yang Digunakan untuk Berbisnis Kentang Ala KFC

Electric Deep Fryer ZL 1

Mesin deep fryer  ini berbahan bakar elektri dengan kapasitas tangki 5,5 l X1 tangki dengan bahan bakar material stainless steel sehingga tidak mudah berkarat. Harga mesin ini sekitar Rp 1.800.000.Mesin Deep Fryer

Electric Deep Fryer ZL2

Mesin Deep Fryer

Serupa dengan Electric Deep Fryer ZL 1 yang berasal dari listrik. Bedanya kapasitas tangkinya lebih besar yakni 5,5Lx 2 tangki. Sehingga bisa lebih cepat dalam proses pemasakan.

Gas Deep Fryer

Selain mesin electric deep fryer salah satu alat pendukung untuk usaha Anda adalah Gas Deep Fryer.. Alat ini semacam kompor namun berbeda dengan kompor kebanyakanan. Yang bisa membantu proses pemasakan lebih cepat. Alat ini biasa digunakan di restoran cepat saji seperi KFC, MC Donald, AW dan lain-lain.

Selain itu mesin ini memiliki suhu otomatis sekitar 100 Celsius hingga 225 Celsius. Selain itu dengan menggunakan mesin ini maka konsumsi gas sangat irit karena mesin ini mampu mengubah energi menjadi sumber panas yang dibutuhkan dalam proses memasak sebuah makanan. Karena rata-rata mesi ni ini memiliki kapasitas 28000 btu/ jam.

Dengan kompor ini membuat hasil gorengan lebih krispy dan tak mengurangi tingkat kegosongan karena tempratur mesin ini di desain secara otomatis dengan cara memutar tombol yang ada pada mesin deep fryer.

Gas Deef Fryer G71

Mesin Deep Fryer

Selain mesin electric deep yang digunakan sebagai alat untuk menggoreng makanan adalah Gas Deep Fryer G71. Gas ini memiliki kapasitas 5,5 Liter dengan bobot sekitar 15 kg.

Gas Deef Fryer G72

Merupakan pemasak dengan tipe gas LPG, konsumsi gasnyaa 0,96 kg/h sedangkan kapasitasnya mencapai 5,5x 2L.

mesin deep fryer

Gas Deep Fryer G172

Mesin Deep Fryer

Gas ini memiliki pengaturan suhu dengan thermostat, dengan kisaran suhu 50-300 derajat celsius. Kompor ini  terbuat dari bahan material stainless steel sehingga lebih awet dan tidak berkarat.  Mesin ini memiliki kapasitas 17x 2L.

Resep Kentang Goreng Ala KFC

Siapkan kentang ½ kilogram kemudian dikupas dan dibersihkan.

  • Tambahkan tepung maizena secukupnya
  • Campurkan dengan tiga siung bawang putih
  • Tambahkan garam, air dan air es secukupnya.

Cara membuat kentang goreng Ala KFC

  1. Kentang yang sudah dipotong-potong kecil direbus pada air mendidih kemudian digoreng kemudian ditaburi garam hingga kurang lebih setengah jam.
  2. Setelah itu masukkan es batu dan biarkan dingin hingga setengah jam kemudian ditirikan.
  3. Kemudian letakkan kentang ada wadah lalu taburi dengan tepung maizena dan campur hingga rata diamkan sekitar 30 menitan,
  4. Kemudian goreng kentang pada minyak panas dengan Mesin Deep Fryer hingga berwarna kecoklatan.

Tips Membuka Peluang Usaha Kentang Goreng Ala KFC

Pilihlah Lokasi yang Strategis

Pilihlah lokasi yang tepat untuk usaha kentang goreng ala KFC Anda, pilihlah lokasi yang ramai seperti tempat olah raga, kantin sekolah, stasiun,

Ciptakan Outlet yang Menarik Perhatian

Buatlah outlet kentang goreng Anda berbeda dari yang lain. Jika mau Anda bisa menghias gerobak Anda menjadi bentuk kentang atau bentuk lainnya yang menarik perhatian.

Buatlah Merek Dagang yang Unik

Buatlah merek dagang  atau brand image yang unik untuk usaha Anda, gunakan nama-nama lucu namun mudah diingat. Misalnya Kentang Goreng KFC KW, Kentang Goreng KFC Abal-Abal dan lainnya. Biasanya nama tersebut justru membawa peruntungan sendiri.

Harga Disesuaikan dengan Lokasi Dagang

Meski bukan kentang goreng KFC sungguhan namun bukan berarti harga yang dijual murahan. Justru jika terlalu murah pembeli curiga bahan apa yang digunakan. Namun juga Anda harus menjual dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat yang disesuaikan dengan lokasi dagang.

Waralaba Kentang Goreng Ala KFC

Jika Anda tak ingin ribet membuat kentang goreng, Anda bisa kerjasama franchise atau waralaba kentang crispy ala KFC yang biasanya sudah menyediakan kelengkapan bahan-bahan kentang goreng. Mulai dari kentangnya, saus hingga kemasannya.

Revo Kentang Spiral

Merupakan salah satu waralaba kentang di Indonesia yang menjual kentang goreng ala KFC namun bentuknya spiral. Kentang ini kaya akan vitamin, serat dan mineral dan zat gizi lainnya. Kentang ini juga tanpa bahan pengawet. Untuk memulai usaha ini biasanya Anda harus menyiapkan modal sekitar Rp 7.900.000 dan perkiraan akan balik modal dalam jangka waktu dua bulan. Jika Anda tertarik mengikuti Waralaba ini Anda bisa menghubungi Pt Revo Indonesia, Mall Taman Palem Lantai 2 Blok B No 77 Cengkareng jakarta Barat, 021 543 90884/ 0812 8832 8905. revoindonesia@yahoo.co.id

Kentang Twister

Kentang ini ada yang menyebutnya dengan kentang spiral atau tornado. Hampir sama dengan Revo kentang spiral bedanya kentang ini utuh dan dibentuknya menjadi slicer kemudian digoreng. Kemudian dibumbukan dengan aneka rasa seperti Barbeque, Tom Yam, Cheese, Salt, Spicy dan lainnya.

Biasnya satu tusuk kentang dihargai dengan Rp 5000 dan biasanya sudah diberi bumbu sesuai dengan keinginan pembeli. Jika Anda ingin usaha ini biasanya Anda cukup mengeluarkan modal Rp 2.100.000 dan diperkirakan akan balik modal dan mendapatkan keuntungan 200-300%.

Waralaba Kentang Goreng Johar Baru

Salah satu waralaba yang terkenal lainnya adalah waralaba kentang goreng Johar Baru yang terletak di Johar Baru Jakarta Pusat. Usaha yang berdiri sejak tahun 2011 ini kini sejak tahun 2013 omsetnya mencapai Rp 600.000 perharinya. Jika Anda ingin bermitra dengannya Anda bisa menghubungi Toha di nomor 0813 8629 3056

Kentang Kiya Potatoes

Berbeda dari kentang biasanya, kentang ini memiliki rasa khas dengan tambahan mayonies dan saos pilihan. Selain itu ada 10 rasa pilihan seperti original barbeque,keju, pizza,balado, saping panggang, ayam bakar, jagung bakar, pedas hot, dan black peper stick. Untuk bermitra dengan waralaba ini ada tiga paketan pertama paket A dengan 5 juta rupiah, Paket B 7,5 juta rupiah dan paket C 10 juta rupiah.

Keuntunganya yaitu bisa mendapatkan bagi hasil 20% setiap yang ingin membuka kemitraan diwilayahnya. Bisa mendapatkan selisih jual bahan baku stick kentang & bumbu tabur dari kantor pusat kepada mitra di wilayahnya. Dan mendapatkan gratis training berkala untuk wilayah yang dibawahinya untuk Informasi dan pendaftaran bisa menghubungi Toha 0813 8629 3056.

LEAVE A REPLY