Jenis UKM yang Hits di Kalangan Karyawan

Banyak karyawan mulai melirik bisnis usaha kecil dan menengah (UKM). Nah, untuk Anda pekerja kantoran yang ingin terjun ke dunia bisnis, berikut empat jenis UKM yang sedang hits dikalangan karyawan.

1. Bisnis Kuliner

Usaha kuliner memang tidak ada matinya. Selama manusia masih hidup, pasti membutuhkan makanan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapat memulai bisnis di bidang kuliner.

Ada banyak pilihan yang tersedia, mulai dari makanan berat sampai makanan ringan. Misalnya bakso, mie ayam, kue lapis legit, kue kering, cheese cake, frozen food, dan masih banyak lagi. Kalian dapat memilihnya sesuai minat dan keinginan Anda.

Untuk modal pun beragam. Tergantung budget Anda. Tidak semua usaha kuliner harus bermodal besar. Anda dapat menyesuaikan modal dengan jenis usaha Anda.

2. Argobisnis

Meskipun Anda tinggal di wilayah perkotaan, kalian tetap dapat memulai usaha pertanian. Salah satu caranya dengan menerapkan sistem hidroponik. Yakni, memanfaatkan air sebagai media tanam utama. Jadi Anda tidak harus menggunakan lahan yang terlalu luas.

Jenis tanaman yang bisa ditanam dengan sistem hidroponik pun beragam seperti bayam, sawi, selada, dan lain-lain. Jika memang tertarik, Anda dapat berfokus dibidang ini dan belajar menjadi supplier sayuran untuk rumah makan, pasar tradisional atau supermarket.

3. Bisnis Laundry

Kesibukan yang padat membuat banyak orang kekurangan waktu untuk mencuci pakaian kotornya. Walhasil, mereka akan mendatangi tempat laundry untuk membersihkan pakaian mereka.

Kebutuhan masyarakat tersebut dapat dijadikan peluang untuk membuka usaha laundry. Meski usaha ini tengah menjamur di perkotaan, tapi tingginya permintaan tetap membuat bisnis ini bertahan. Tinggal Anda menentukan promosi yang tepat agar dapat bersaing dengan sesama bisnis laundry lainnya.

4. Bisnis Tata Rias

Geliat bisnis hiburan di Indonesia membuat peluang usaha di bidang tata rias semakin meningkat. Karena penampilan adalah daya jual utama dalam industri tersebut.

Selain itu, tingginya angka pernikahan di Indonesia semakin membuka lebar peluang bisnis tata rias atau make up artist ini. Kaum hawa tentu ingin terlihat cantik di hari spesialnya, oleh karena itu make up artist yang baik akan sangat dibutuhkan.

Untuk menjadi seorang make up artist professional dibutuhan proses belajar. Jika Anda memiliki hobi berdandan, maka Anda dapat mulai mencoba dari sekarang. Seiring berjalannya waktu dan pengalaman yang beragam akan meningkatkan daya jual Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here