Izin Usaha untuk UKM Kian Mudah!

Izin usaha adalah hal krusial dalam menjalankan sebuah usaha. Sebagai pengusaha yang baik dan patuh terhadap hukum yang berlaku, izin ini adalah tanda legalitas pelaku usaha. Dahulu izin untuk membuka usaha sangatlah sulit didapat, karena proses yang memakan waktu lama. Selain itu administrasi yang berbelit, membuat calon pelaku usaha enggan membuat izin usaha.

Kabar baiknya, untuk ke depannya, UKM hanya perlu mendaftar saja tanpa harus mengurus izin lagi. Kementerian Koperasi & UKM akan mengubah sistem perizinan usaha menjadi tanda daftar bagi pelaku UKM. Harapannya adalah agar dapat mendorong dan memudahkan calon pengusaha untuk mendirikan usaha.

Hal ini dikemukakan oleh Menteri Koperasi & UKM, Puspayoga usai rapat koordinasi perekonomian Indonesia. “Selama ini yang dikenal izin usaha yang dikeluarkan oleh camat, sekarang akan disederhanakan lagi, tidak ada izin lagi, cukup dengan daftar”, imbuhnya. Sebelumnya, kewenangan pemberian izin UKM dilimpahkan ke camat. Surat izin ini tidak dipungut biaya dan hanya berbentuk selembar kertas saja.

Nantinya Izin Usaha bisa secara Online!

Dengan adanya revisi Perpres No. 98 Tahun 2014, pelaku UKM hanya perlu mendaftarkan usaha mereka. Diharapkan proses pendaftaran ini nantinya dapat dilakukan secara online untuk mempermudah pelaku UKM. Kota pertama yang menjalankan kebijakan ini adalah Bandung pada bulan Maret lalu. Di Bandung, pendaftaran UKM sudah bisa dilakukan secara online, bahkan via smartphone.

Menurut Puspayoga, ini adalah suatu upaya pemerintah untuk menyederhanakan lagi sistem perizinan usaha. “Sudah tidak ada lagi izin UKM, yang ada hanya pendaftaran yang dilakukan di kecamatan masing-masing atau di online. Akan ada tim teknisnya yang mengoperasikan”, jelasnya. Proses pendaftaran izin usaha sendiri memakan waktu satu jam, satu hari atau mungkin lebih, tergantung banyaknya pendaftar saat itu.

Puspayoga juga menegaskan, pendaftaran yang dilakukan lewat kecamatan atau online akan memiliki kekuatan hukum yang sama. Proses transisi mengenai perizinan ini dijanjikan dapat dilakukan secepatnya karena sudah dikordinasikan.

Semoga dengan adanya rencana pemerintah mengenai perizinan, jumlah pelaku UKM dapat bertambah, termasuk Anda semua Sahabat UKM! Salam sukses!

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY