Inilah E-commerce Penyedia Alat Industri di Indonesia, Solusi untuk UKM atau Korporasi

Di Indonesia startup dengan pasar e-commerce sudah menjamur. Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Zalora, dan OLX adalah nama-nama marketplace online yang sudah cukup dikenal di tanah air. Tapi tahu kah Anda kalau e-commerce tidak melulu di bidang fashion atau elektronik saja. Banyak juga pemain e-commerce yang fokus pada bidang finansial, jasa marketing bahkan ada juga e-commerce penyedia alat industri seperti perkakas dan peralatan berat. Salah satunya adalah situs kawanlama.com, merupakan situs yang menjual berbagai produk industrial untuk pasar business to business (B2B).

Platform ini baru diluncurkan pada Juli 2015 lalu. Sudah berpengalaman selama 60 tahun sebagai distrubotor alat-alat industri dan mesin Kawan Lama membuat toko viritualnya agar dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.  Saat ini kawanlama.com memiliki 24 kategori dengan lebih dari 25.000 produk.

Dengan rekam jejak yang sudah 60 tahun, produk yang ditawarkan Kawanlama.com memiliki kualitas dengan skala international. Ini lah yang membedakan portal tersebut dengan yang lainnya. Kualitas produk tidak luput dari perhatian mereka guna menambah kepercayaan konsumen.

Sementara untuk menigkatkan kenyamanan pelanggan berselencar di e-commerce penyedia alat industri ini, penggamabaran produk yang ditampilkan juga jadi perhatian yang tak kalah penting, baik resolusi, keakuratan, serta detail informasi.

Selain itu, kawanlama.com juga menyediakan layanan “Solution” di mana ini dapat membantu konsumen untuk menemukan produk pilihan sesuai dengan spesifikasi untuk industri dan usaha tertentu.

Fitur lainnya yang juga tersedia antara lain Account Management, Monitor & controlling dan B2B Payment Method. Ketiga fitur tersebut menyediakan berbagai keuntungan, seperti mengurangi biaya adminstrasi, mengurangi kesalahan pembelian, pengaturan arus keuangan dengan B2B pyment Method, meningkatkan produktifitas sebab semua transaksi tersistem dan dapat dipantau, pergudangannya pun menjadi terpusat sehingga mempermudah pengadaaan barang.

Bukan platform kawanlama.com saja yang bisa digunakan oleh industrial atau pengusaha kecil menengah untuk memperoleh kebutuhan alat berat. Berikut ini situs yang fokus menjual produk perkakas baik untuk pengguna pribadi maupun untuk keperluan industri kecil menengah.

KlikMRO.com

E-commerce B2B perkakas lainnya adalah klikMRO yang didirikan oleh PT aMaRO Online Indonesia (KlikMRO) salah satu anak usaha e-commerce dari Kawan Lama Grup. Situs ini secara khusus menyasar konsumen korporasi yang membutuhkan produk pendukung proses pemeliharan, perbaikan dan opersional (MRO) serta meningkatkan produktivitas perusahaan industri.

Marketplace yang menyasar bisnis B2B ini memberikan layanan seperti approval level, yaitu memudahkan proses approval produk bagi buyer dan manajemen dalam satu proses untuk menunjang transaksi jual beli antar perusahaan. Sistemnya transparansi, di mana proses pemesanan, pembelian dan pengiriman barang mudah dipantau karena akan dikirimkan email notifikasi kepada pihak yang berkewajiban menerima laporan produk beserta harga yang sudah temasuk pajak.

Selain itu, teradapat beberapa layanan yang menjadi nilai tambah pada e-commerce penyedia alat industri ini, seperti adanya monitoring pesanan, fitur perbandingan yang tersedia dalam satu dashboard terpusat dan juga layanan Bluk Order, yang berguna bagi perusahaan yang ingin mengorder ulang produk yang sudah dibeli. Selanjutnya adalah kemudahan dalam memanfaatkan layanan E-Quotation, E-invoice, dan E-faktur untuk pembeli yang ingin mendapatkan surat penawaran, surat penagihan maupun faktur pajak saat melakukan transaksi.

Sampai saat ini, KlikMRO terus melengkapi produk-produknya kini sudah tersedia 100 ribu produk dari 180 merek yang bisa dipilih oleh pelanggan. Semua produk tersebut tergabung ke dalam 13 kategori barang kebutuhan industri pilihan. Produk-produk yang ditawarkan dihadirkan dari beberapa pabrikan atau distributor lokal yang mengadirkan produk orisinil dari merek kalas dunia sepeerti Philips, Schneider, AEG, Bosch dan lainnya.

Selain itu KlikMRO juga memberikan fitur Service untuk klien dalam hal instalasi dengan kompleksitas yang minim. Jadi nantinya instalasi akan dilakukan oleh tim KlikMRO yang telah berpengalaman di bidangnya. Di dalam fitur yang sama, teradapat juga layanan konsultasi oleh Tim KlikMRO yang bertugas memberikan masukan kepada buyer terkait masa pakai produk, cara merawat dan lainnya. Untuk metode pembayaran, KlikMRO menyediakan berbagai pilihan metode seperti kartu debit, bank transfer dan e-wallet dan juga kartu kredit.

Ralali.com

Ralali merupakan situs e-commerce yang menyediakan peralatan industri serta perlengkapan (MRO) maintainance, repair and operational yang sudah diluncurkan sejak 2013 lalu. Founder sekaligus CEO dari Ralali.com, Josep Aditya menjelaskan tujuan didirikannya platform ini sebagai penyedia informasi online terkait perlengkapan industri yang mencakup harga petunjuk teknis dan dukungan pasca penjualan.

Saat ini, Ralali memiliki lebih dari 60 brand dengan 15 kategori produk seperti peralatan mesin, peralatan ukur, peralatan keamanan hingga peralatan kesehatan. Selain memperlengkap produk-produk yang dimilikinya, Ralali juga memberikan beberapa fitur yang akan meningkatkan kenyamanan serta keamanan konsumen saat berbelanja di situs mereka. Fitur yang disediakan antara lain adalah Order and pickup yang memungkinkan pelanggan memesan barang melalui website dan membayarnya di toko offline.

Selain itu, Ralali.com juga menyediakan fitur Buat Permintaan, di mana fitur ini berguna untuk mengatasi kendala pengadaan barang bagi setiap kebutuhan bisnis pengguna. Cara menggunakan fitur ini pun sangat mudah, pengguna yang sudah terdaftar bisa mengisi form “Buat Permintaan” atau Create Buying Request” yang berada di pojok atas halaman utama. Pada form tersebut pelanggan di minta untuk mengisikan alat apa yang sedang dicari, deskripsi, jumlah pesanan, jangka waktu penyediaan, serta informasi kontak yang bisa dihubungi.

Dengan adanya fitur tersebut tidak hanya membantu pelaku usaha di skala industri, tapi juga usaha kecil menengah (UKM). Sebagai platform yang dapat menjembatani produsen dengan distributor agen atau reseller, Ralali juga memfokuskan diri untuk membantu UKM mendapatkan penyuplai untuk bisnis mereka.

Sejak pertama kali berdiri hingga saat ini, situs ini berkembang sangat pesat. Lebih dari 2.000 vendor telah bergabung di Ralali.com, dengan menawarkan 75.000 produk industri untuk pelanggannya. Selain itu, Marketplace B2B terbesar di Indonesia ini juga mengklaim situsnya dikunjungi oleh 100.000 pengguna internet setiap bulannya.

Monotaro.com

Di bawah perusahaan PT Sumisho E-commerce Indonesia (kini PT Monotaro Indonesia) Monotaro.id mulai diluncurkan pada Oktober 2016. Meskipun baru, sebenarnya perusahaan tersebut sudah memiliki pengalaman di bidang e-commerce cukup lama. Sebelumnya di bawah nama perusahaan Sumisho E-commerce ndonesia dibuka platform belanja online sukamart.com.

Situs penyedia penjualan kebutuhan secara online ini remsi ditutup per 27 Juni 2016 karena beralihnya kepemilikan saham utama dari PT Sumisho E-Commerce Indonesia kepada MonotaRo. dengan begitu, kepemilikan mayoritas ini membuat Office Sukamart harus melakukan perubahan status hukum perusahaan menjadi PT Monotaro Indonesia dengan branding baru Monotaro.

Paska beralihnya kepemilikan saham ini banyak perubahan yang terjadi dari situs toko online tersebut, seperti semakin banyaknya variasi produk untuk kebutuhan kantor dan industri yang bisa ditawarkan ke korporasi ataupun pengusaha kecil menengah. Produk-produknya meliputi safety, protection & healthcare, packing, tape, logistics & cleaning, cutting, abrasive & measurement tools, chemical, welding & painting, electrical material, control device, automotive maintenance products dan lain sebagainya. Total tersedia 60.000 lebih produk yang bisa dipilih oleh konsumen di dalam 10 kategori yang ada di halaman utama Monotaro.id.

Pada situsnya Monotaro.com juga memaparkan beberapa keuntungan untuk para konsumen yang berbelanja di e-commerce penyedia alat industri ini, seperti memberikan one stop shopping solution yang dapat memudahkan proses pemesanan serta pengiriman yang cepat, penerbitan faktur pajak yang lebih mudah, serta pilihan metode pembayaran yang beragam transfer bank, kartu kredit dan debit term.

Perkakasku.com

Melihat pasar e-commerce yang semakin merekah, membuat para peritel konvesional ikut mengembangkan bisnisnya ke bisnis online, salah satunya adalah perkakasku.com. Situs ini menyediakan berbagai produk perkakas mesin hingga suku cadang yang dibuka pada 2007 lalu. situs belanja online ini menghadirkan berbagai merek kelas international sebut saja Bosch, Darmel, Honda Power Product, Makita, Karcher, Stanley, Kenwood dan masih banyak  lainnya.

Tidak hanya menyasar customer individual, perkakasku juga menawarkan konsep bisnis B2B, sebagai penyedia peralatan industri untuk korporat. Sistem penjualan ini bertujuan agar produk yang dijual dapat menjangkau skala perusahaan tidak hanya end-user.

Pada situs ini terdapat layanan untuk pengguna salah satunya adalah pemintaan Quotation, yaitu fitur yang ditujukan untuk korporasi melakukan permintaan penawaran produk dalam volume yang banyak. Untuk cara melakukan Permintaan Penawaran dijelaskan cukup detail pada laman “Info Cara Quotation” yang ada pada bagian bawah di laman utama Perkakasku.com.

Sementara itu, untuk sistem pembayaran pengguna juga dipermudah dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia, seperti transfer antar bank, kartu kredit, pembayaran via mini market, mobile payment, electronic wallet, bahkan cicilan 0 persen dari beberapa bank yang menjadi mitra perkakasku.com.

Selain itu, Perkakasku.com juga bekerja sama dengan Kredivo, yang merupakan layanan kredit tanpa menggunakan kartu kredit dari Bank. Untuk menggunakan sistem pembayaran kredit Krevido, pengguna harus registrasi terlebih dahulu karena nantinya Anda akan otomatis diarahkan pada halaman Kredivo.

Indoteknik.com

Indoteknik adalah perintis layanan e-commerce untuk kategori produk alat teknik dan perkakas di Indonesia yang sudah berpengalaman sebagai distributor selama 10 tahun. Didukung dengan ratusan merek teknologi dan perkakas dengan jumlah barang yang lebih dari 10.000 ribu item, situs ini dipilih oleh individu maupun korporat sebagai penyedia produk perkakas dan teknologi.

Beberapa kelebihan ditawarakan dari situs toko online perkakas ini, salah satunya adalah Indoteknik.com menawarkan cicilan 0% untuk customer yang menggunakan cicilan Bank BCA dan Mandiri. Sementara untuk sistem pembayaran lainnya, tersedia Setoran Tunai, Transfer ATM (Automatic Teller Machine), Internet Banking, Phone Banking, Cek atau Giro dengan sistem pembayaran lunas atau cair sebelum pengiriman serta Cash on Delivery (COD) untuk pengiriman langsung Indoteknik.

Masih seputar pembayaran, Indoteknik memberikan sistem transaksi yang lebih fleksibel untuk korporat. Disediakan pembayaran tempo untuk perusahaan yang memenuhi kriteria tertentu. Keriteria tersebut adalah perusahaan yang lokasinya dekat dengan showroom Indoteknik, telah melakukan beberapa transaksi pembelian dalam jumlah tertentu dan termasuk ke dalam customer lama indoteknik.com.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY