Ide Usaha Online, Inspirasi Bagi yang Bosan Kerja dan Coba Mulai Usaha

Bicara soal ide bisnis online, tidak lepas dari potensi dari cuan bisnis online dan sedang menjadi primadona, tidak hanya orang dewasa saja yang menjalankannya, remaja, bahkan anak-anak juga sudah banyak yang terjun ke bisnis digital ini. Mudah dijalankan dan tidak memerlukan modal yang besar jadi alasan banyak orang mengapa memilih untuk berbisnis model ini. Selain itu, jangkauannya yang luas juga menjanjikan menghadirkan banyak konsumen. Maka tak heran banyak orang yang tergiur bisnis secara online.

Artikel Terkait : Ide Usaha Kreatif 

Apa saja sih bisnis online yang bisa kita jalankan? Banyak sekali, tergantung apa minat dan keahlian Anda. Kalau Anda masih bingung mau bisnis apa ini beberapa ide usaha online yang siapa tau kalau Anda jalankan bisa membawa Anda ke puncak kesuksesan.

Ide-Ide Usaha Online

Bisnis Tawarkan Jasa Tukang

Bisnis penawaran jasa tukang juga bisa loh melalui online. Kalau sebelumnya cara promosikan bisnis ini dengan selembaran atau poster yang ditempel di tiang-tiang pinggir jalan, kini dengan bantuan internet cara pemasaran ini jauh lebih mudah. Cukup buat akun media sosial atau website, kurang lebih ratusan orang bisa melihatnya dalam sehari. Bukan hanya lewat media sosial dan situs web saja, kini juga sudah tersedia marketplace jasa on demand yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis Anda, misalnya tukang.id, seekmi.com dan lainnya.

Bisnis Hewan Ternak Online

Bisnis hewan ternak adalah salah satu bisnis yang keuntungannya cukup menjanjikan. Apalagi mendekati hari raya Idul Adha, bisnis ini bagaikan kacang goreng. Namun saat hari biasa orang enggan berbisnis ini karena risikonya besar takut hewan ternaknya mati karena tidak bisa mengurus, belum lagi karena aroma yang ditinggalkan.

Nah, solusinya Anda bisa berternak secara online di marketplace, salah satunya di Angon. Bisnis rintisan yang baru didirikan Oktober 2016 ini adalah platform investasi peternakan yang memudahkan penggunaannya untuk dapat berternak online melalui aplikasi mobile tanpa harus memiliki lahan dan merawat hewannya. Selain Angon, ada beberapa startup serupa yang bisa Anda jadikan alternatif misalnya crowde, iwak.me, growpal, iGrow dan masih banyak lainnya.

Jasa Mencarikan Vendor Event

Event seperti family gathering, pesta ulang tahun, pernikahan, dan team building sering kali diadakan. acara-cara tersebut pasti membutuhkan jasa event organizer. Nah, inilah peluang Anda, Anda bisa menawarkan layanan yang dapat membantu EO atau event planner untuk menemukan vendor-vendor event melalui Internet. Tapi kalau Anda memiliki pengalaman sebagai EO sebaiknya tawarkanlah layanan Anda sendiri. Contohnya seperti marketplace Groovy atau Maimilu.

Bisnis Membuat Undangan Online dan Kartu Ucapan

Bagi Anda yang punya keahlian dalam hal desain, bisnis ini cocok untuk Anda jalankan. Berapa modal yang diperlukan memulainya? Tidak sampai menguras dompet Anda kok! Anda hanya perlu membeli printer, tinta dan bahan untuk membuat kartu ucapan. Sebagai permulaan, buatlah portofolio desain kartu dan promosikan melalui akun media sosial atau website Anda.

Jual Fashion Preloved Online

Bagi Anda yang hobi berbelanja sedangkan lemari pakaian Anda penuh dengan baju yang masih layak pakai? Coba saja jual di beberapa marketplace khusus untuk menjual barang-barang preloved atau secondhand seperti shopee, Carousell, Tinkerlust atau OLX. Selain bisa menjual pakaian atau baju pernah pakai, di marketplace ini Anda juga bisa menjual berbagai macam aksesoris baik dalam kondisi baru maupun tidak.

Menjadi Reseller atau Dropshiper

Bisnis jualan online lainnya adalah menjadi reseller atau dropshiper. Anda pasti sudah mengetahui sedikit mengenai model bisnis ini? Bila tidak, reseller adalah bisnis yang bisa dijalankan secara online dan juga bisa offline dengan menawarkan produk dari distributor atau agen. Sementara, dropshiper sama-sama menjual produk orang lain bedanya kebanyakan dilakoni secara online. Untuk bisnis online tidak memerlukan modal yang besar.

Pelatihan Online

Pelatihan online kini sangat dibutuhkan di tengah rutinitas yang semakin padat. Hal ini karena dengan belajar melalui online kita bisa menyimpan banyak waktu untuk mengerjakan aktivitas lainnya. Bisanya dalam kursus ini Anda tidak perlu menyediakan ruangan belajar, Anda bisa memanfaatkan forum online khusus untuk pemberian materi atau menggunakan video pengajaran. Sangat praktis bukan?

Artikel terkait : Pelatihan Wirausaha, Cara Membuat Diri Anda Jadi Pengusaha Muda Berkualitas

Selain itu, karena ini juga bentuknya adalah seperti kursus pada umumnya, maka panduan yang Anda berikan dibagi menjadi beberapa sesi di hari-hari yang berbeda. Bisa seminggu sekali tergantung berapa kali pertemuan yang ingin Anda lakukan. Untuk hal memasarkan bisnis pelatihan Anda, gunakanlah platform seperti wordpress, Teachable, Udemy, Guides.co, Youtube.com, dan Google Drive.

Layanan Konsultasi dengan Psikolog Online

Di tengah maraknya kasus orang yang mengakhiri hidupnya, jasa seperti bimbingan konseling sangat dibutuhkan. Adalah Riliv salah satu usaha rintisan yang menawarkan layanan konseling dengan psikolog yang dapat dilakukan secara online. Sejak diluncurkan pada Agustus 2015 aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 10 ribu pengguna. Untuk layanan konseling, Riliv menawarkan 3 paket, konsultasi komunitas, konsultasi chat, dan konsultasi voice call. Biaya yang dikenakan relatif untuk konsultasi komunitas diberikan gratis, sedangkan konsultasi berbayarnya dipatok Rp 79.900 hingga Rp 139.900. Bila Anda punya latar belakang psikologi mungkin juga bisa mendirikan bisnis online yang serupa dengan Riliv.

Bisnis Pulsa, Token Listrik dan Tiket perjalanan Online

Kini masyarakat lebih menginginkan yang praktis dan mudah didapatkan termasuk dalam membeli pulsa, membayar listrik dan mencari tiket perjalanan. Sekarang ini sudah banyak marketplace yang sudah menambahkan layanan pembelian tersebut, misalnya saja Bukalapak, Tokopedia, dan Traveloka. Nah, bagaimana kalau Anda berminat mulai bisnis ini? Sangat mudah! Anda bisa menjadi agen dari marketplace-marketplace tersebut.

Apa yang didapatkan dari agen? Untuk agen Bukalapak penjual dapat menjual produk bukalapak meliputi semua kategori termasuk e-voucher & tiket. Selain itu, agen juga akan diberikan komisi langsung untuk setiap transaksi produk fisik yang akan masuk langsung ke BukaDompet penjual, serta komisi mingguan untuk transaksi e-voucher dan tiket.

Jasa Pengembangan SEO

Google sebagai mesin pencari yang sering digunakan pengguna internet membuat bisnis layanan SEO (Search Engine Optimizastion) makin banyak dicari korporat. Jasa ini dibutuhkan untuk menghadirkan traffic tinggi pada website. Mekanisme kerja dari jasa SEO dengan melakukan optimalisasi website agar mudah ditemukan dalam mesin pencarian tersebut.

Di tengah perkembangan bisnis online yang kian berkembang ini tentu saja profesi ini sangat dibutuhkan. Keahlian yang dibutuhkan antara lain adalah riset kata kunci dan kompetitor, content marketing, optimasi struktur website, monitoring backlink, dan juga analisa dara dari google analytic.

Membuat Konten Digital

Saat ini dalam menjalankan bisnis berbasis online tentu membutuhkan content marketing. Hal ini karena mereka menggunakan media seperti website, blog, media sosial dan marketplace sebagai tempat pemasaran produk. Itu artinya content marketing diakui sebagai metode pemasaran online yang terbaik. maka dari itu, peluang usaha sebagai pembuat konten digital masih sangat terbuka. Bagi Anda yang paham dengan dunia marketing, pembuatan konten dan juga SEO sangat tepat bila ingin terjun ke bisnis ini.

Jasa Sosial Media Specialist

Dulunya perusahaan tidak membutuhkan profesi ini dan juga creator content digital. Namun semenjak kekuatan sosial media semakin memiliki peran dalam membentuk sebuah tren, maka makin banyak korporasi yang mulai fokus pada bidang ini dengan harapan bisa meraih perhatian consumer lebih banyak. Alhasil hampir setiap perusahaan kini memiliki staff khusus di bidang media sosial.

Anda pasti juga menyadari hal ini bukan? Untuk itu, menjadi sosial media specialist juga termasuk ke dalam bisnis online yang sedang tren sekarang. Apa itu berarti kita bekerja di sebuah perusahaan? Iya, namun di sini Anda bisa menjadi freelancer atau bila memungkinkan Anda juga bisa membentuk agensi. Jadi Anda bukan karyawan perusahaan melainkan klien mereka.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY