Ide Bisnis Ramadhan Menguntungkan Bagi Mahasiswa

Momen bulan Ramadhan tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh kalangan pengusaha saja, mahasiswa pun bisa menjalankan usaha sampingan untuk menambah uang jajannya. Mengajak teman sekampus untuk menjadi partner bisnis, bisa menjadi solusi tepat jika terkendala dengan modal.

Sebagai pelajar, tugas utama mahasiswa memang kuliah. Namun belajar untuk membangun dan menjalankan ide bisnis Ramadhan kecil-kecilan juga tidak ada salahnya untuk dicoba. Hitung-hitung buat belajar jadi pengusaha.

Toh tidak semua lulusan mahasiswa mau jadi karyawan atau pegawai negeri usai menjalankan study, bukan?

Baca Juga : Niat Usaha di Bulan Ramadhan? Ini Ide Usaha Kreatif di Bulan Puasa

Terlebih jika Anda merupakan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis, menjalankan bisnis kecil-kecilan bisa jadi pilihan tepat. Anda bisa menerapkan teori-teori bisnis yang telah dipelajari selama kuliah.

Hal ini juga bisa menjadi keuntungan tersendiri, setidaknya Anda telah mengetahui dasar-dasar untuk menjadi pengusaha. Mulai dari perencanaan modal dan target pasar. Dengan begitu, kerugian dalam menjalankan usaha bisa Anda minimalisir.

Tiga Ide Bisnis Ramadhan Menguntungkan bagi Mahasiswa

Ramadhan merupakan salah satu momen bisnis musiman yang paling banyak ditunggu oleh para pengusaha. Meningkatnya permintaan pada bidang usaha kuliner dan fashion, selama bulan bulan Ramadhan dan menjelang lebaran membuat pebisnis berlomba-lomba untuk meraih keuntungan berlipat.

Tak terkecuali, Anda yang seorang mahasiswa. Bisnis kecil-kecil yang tidak membutuhkan modal besar bisa menjadi pilihan. Anda juga bisa menargetkan teman atau mahasiswa sekampus sebagai target market dari bisnis yang akan dijalankan.

Lalu apa bisnis yang cocok dijalankan oleh seorang mahasiswa selama bulan Ramadhan? Berikut ulasan lengkapnya.

Katering Makanan Sahur

Banyak mahasiswa yang malas bangun lebih pagi untuk menyiapkan makanan sahur. Inilah peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Cobalah untuk menawarkan jasa katering menu sahur kepada teman sekampus.

Berikan pilihan menu yang variatif dan lengkap, mulai dari lauk-pauk, sayur, buah-buahan, dan tambahkan susu untuk melengkapi menu sahur. Anda juga bisa menyediakan jasa pesan antar, untuk memudahkan dan menjaring banyak pelanggan.

Pilih menu sahur yang simple dan mudah untuk dimasak. Dan tentunya sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam memasak. Untuk langkah awal, buatlah rencana menu makan sahur yang akan ditawarkan. Setelah itu, catat bahan-bahan yang diperlukan dan buatlah perencanaan modalnya.

Agar ide bisnis Ramadhan ini bisa berjalan dengan lancar, diperlukan kedisiplinan dan tanggung jawab yang tinggi. Anda harus bangun sahur lebih awal. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, siapkan semua bahan pada malam sebelumnya. Seperti bawang dan sayur yang sudah dipotong-potong, sehingga bisa langsung masak pada hari-H.

Jual Menu Takjil

Jual menu takjil bisa menjadi ide bisnis Ramadhan yang menguntungkan bagi mahasiswa. Untuk memulai bisnis ini, Anda hanya memerlukan modal ratusan ribu untuk membuka usaha menu takjil.

Anda bisa menjual aneka es buah, gorengan, kolak, kue basah, dan sebagainya. Pilihlah jenis makanan yang manis, karena kebanyakan orang yang berpuasa akan memilih makanan dengan rasa manis.

Menu takjil bisa Anda buat sendiri atau mengambil dari supplier, yang biasa menyediakan jajanan pasar. Bekerjasama dengan produsen kue basah atau jajanan pasar, bisa jadi pilihan tepat untuk mahasiswa. Nanti keuntungan didapat dari selisih harga jual.

Lebih baik lagi bisa jual dengan sistem balik. Artinya, kalau ada yang sisa, bisa dikembalikan ke produsen tanpa harus beli. Dengan begitu, tak ada risiko rugi karena kue tidak laku.

Dropshipper Busana Muslim dan Perlengkapan Shalat

Ide bisnis Ramadhan yang ketiga adalah menjadi dropshipper. Mahasiswa yang terkendala dengan masalah modal bisa mencoba bisnis yang satu ini, karena modal yang dibutuhkan tidaklah besar bahkan bisa dibilang modal dengkul saja.

Sebagai dropshipper, tugas Anda hanya mempromosikan bisnis orang lain melalui platform online. Seperti aplikasi chat (Whatsapp, Line) atau marketplace (Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak). Tidak perlu menyediakan modal besar, selama ada koneksi internet bisnis ini bisa mulai dijalankan.

Anda pun tidak harus menyediakan atau menyetok barang, jika ada transaksi pesanan akan dikirim langsung oleh pihak seller. Keuntungan yang didapat dari bisnis droshipper ini didapat dari selisih harga yang ditawarkan pada pembeli dengan harga yang didapat dari penjual.

Salah satu bisnis dropship yang potensial saat bulan puasa adalah menjadi dropshipper busana muslim dan perlengkapan ibadah. Menjelang akhir bulan Ramadhan, ada momen yang paling ditunggu oleh semua umat muslim yaitu hari raya lebaran.

Baca Juga : Peluang Bisnis Saat Ramadhan Hingga Lebaran

Pada hari tersebut, banyak orang yang ingin menggunakan pakaian dan perlengkapan shalat baru untuk tampil lebih fresh. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual baju lebaran dan perlengkapan sholat. Pastikan produk tersebut adalah fashion yang sedang tren di kalangan target pasar Anda.

Target pasar dari ide bisnis Ramadhan yang satu ini terbilang luas. Karena dipasarkan secara online, calon pelanggan Anda tidak hanya terpaku pada teman kampus saja, berbagai kalangan masyarakat bisa jadi target market Anda.

Itulah tiga ide bisnis Ramadhan menguntungkan yang cocok dijalankan oleh seorang mahasiswa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here