6 Ide Bisnis Bidang Usaha Jasa Pariwisata yang Cocok Bagi UKM

Usaha jasa pariwisata merupakan salah satu peluang bisnis potensial di Indonesia. Keindahan alam yang luar bisa disertai keragaman dan keunikan budayanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia karena negara ini memiliki banyak sekali tempat-tempat indah dan menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga: Ide Bisnis Online, Inspirasi Usaha Bagi Karyawan yang Bosan Kerja

Dari tahun ke tahun, minat wisatawan untuk berlibur ke daerah-daerah yang ada di Indonesia kian meningkat. Hal tersebut bisa terlihat dari adanya pembangunan sarana dan prasarana kepariwisataan seperti pembangunan bandara.

Hal inilah yang membuat industri pariwisata menjadi salah satu bisnis potensial yang bisa dijalankan di Indonesia. Ada banyak jenis usaha jasa pariwisata yang bisa Anda jalankan. Yuk simak pejelasannya.

Enam Peluang Bisnis Potensial pada Bidang Usaha Jasa Pariwisata di Indonesia

Berikut adalah beberapa peluang usaha jasa pariwisata yang bisa dimanfaatkan oleh para UKM:

Bisnis Penginapan atau Homestay

Menyediakan jasa penyewaan tempat tinggal untuk para wisatawan yang berkunjung. Tempat tinggal tersebut tidak harus semewah hotel.

Selama tempat penginapan tersebut menyediakan tempat yang nyaman untuk ditinggali, air bersih, aman dan tentunya biaya penginapan yang terjangkau, otomatis dapat dipastikan banyak wisatawan yang akan memesan tempat tersebut.

Bisnis Kuliner

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah, tidak mencicipi kuliner khas yang menjadi kebanggaan daerah tersebut.

Pada awalnya, makanan hanya dijadikan salah satu pelengkap dalam agenda berwisata. Tapi sekarang, hal ini telah menjadi suatu trend dan menjadi salah satu daya tarik wisata di suatu daerah. Kegiatan ini dikenal dengan istilah wisata kuliner.

Indonesia tak hanya dikenal memiliki kebudayaan yang beraneka ragam. Tetapi juga memiliki masakan khas yang berbeda antar daerahnya. Disinilah Anda bisa menjadi penghidang aneka menu nusantara yang siap menggoyang lidah para wisatawan. Menjanjikan bukan?

Bisnis Penyewaan Kendaraan

Bisnis sewa kendaraan baik itu kendaraan roda empat dan roda dua, boat, perahu sepertinya sangat masuk akal di daerah yang dekat dengan tempat wisata. Kita bisa memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk berpindah dari tempat wisata yang satu ke tempat yang lain. Ini adalah peluang besar.

Bisnis Jasa Penerjemah dan Tour Guide

Komunikasi adalah salah satu cara para wisatawan untuk bisa bersosialisasi dengan masyarakat lokal. Disinilah peran seorang penerjemah sangat dibutuhkan untuk menjadi perantara yang dapat menerjemahkan maksud dari warga daerah tersebut maupun wisatawan sehingga proses komunikasi dapat berjalan dengan baik.

Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri, terutama bagi Anda yang mahir dan mengusai beberapa bahasa asing. Salah satunya bahasa inggris sebagai bahasa internasional.

Anda bisa bekerjasama dengan penyedia jasa tour & travel untuk menjalankan usaha yang satu ini. Anda bisa menjadi salah satu staff tour guide yang menunjukkan kepada para wisatawan tempat wisata pada daerah tersebut dan juga menceritakan mengenai gambaran singkat pada daerah yang dikunjungi.

Bisnis Penyewaan Perlengkapan

Perlengkapan yang biasanya banyak disewakan adalah perlengkapan untuk menyelam, snorkling dan juga berbagai perlengkapan lainnya sesuai dengan tempat wisata masing-masing. Biasanya pada musim liburan, perlengkapan tersebut banyak disewa untuk menunjang aktivitas dalam menikmati wisata alam yang disediakan.

Baca Juga: Belum Punya Modal untuk Berbisnis? Simak 5 Cara untuk Dapatkan Modal Usaha Ini

Bisnis Parkir

Walaupun terkesan kurang berkelas tetapi bisnis penyedia tempat parkir adalah bisnis yang menjanjikan. Pada sebuah area wisata yang sudah cukup populer dan terkenal, tidak heran jika pada hari-hari tertentu kapasitas pengunjung yang membludak membuat lokasi parkir milik pengelola menjadi tidak mencukupi.

Hal ini tentu bisa menjadi peluang usaha potensial bagi Anda dengan menyediakan lahan parkir tambahan di sekitar tempat wisata terdekat.

Itu dia jenis-jenis usaha jasa pariwisata cukup potensial yang bisa dijalankan oleh para pebisnis UKM di sekitar tempat wisata. Menarik bukan? Peluang usaha akan selalu ada jika Anda dapat melihat potensi tersebut dengan jeli. Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY