Google Bisnisku Layanan Penunjang Promosi Bisnis UKM

Google bisnisku

Banyak cara yang digunakan pengusaha untuk mempromosikan bisnisnya, baik itu berbayar ataupun gratis. Tetapi promosi yang dilakukan dengan mengeluarkan biaya lebih besar lebih biasanya lebih efektif. Maka pelaku usaha yang bergerak dalam skala kecil menengah seperti UKM kerap sulit sekali melakukan promosi produknya. Apalagi ditambah minimnya pengetahuan dan teknologi informasi yang dimiliki oleh pelaku usaha tersebut. Hal ini lah yang menarik Google untuk memberikan solusi bagi pengusaha kecil menengah agar bisa melakukan promosi online secara gratis melalui layanan yang mereka buat, yaitu Google Bisnisku.

Layanan yang diluncurkan pada tahun lalu ini bermaksud untuk mendorong UKM di Indonesia agar melek teknologi. Karena menurut data yang dikumpulkan Google hanya 1 persen dari 55 juta UKM di Indonesia yang sudah menjalankan bisnis secara online. Padahal diperlukan berbagai strategi untuk memperluas pasar termasuk dengan mulai menjalar ke dunia online.

Google Bisnisku merupakan layanan yang terintegrasi dengan aplikasi mesin pencari Google, Google Maps, dan Google+. Jadi setiap usaha yang sudah terdaftar di Google Bisnisku akan otomatis muncul di tiga aplikasi tersebut.

Keuntungan UKM daftar Google Bisnisku

Dengan semakin tingginya jumlah pengguna internet, maka semakin memudahkan Anda untuk terhubung dengan konsumen. Nah, jika Anda bergabung dengan Google Bisnisku memudahkan konsumen atau pelanggan untuk mengetahui informasi seputar bisnis Anda secara online. Misalnya informasi mengenai di mana lokasi toko Anda, jam berapa toko buka, kontak yang bisa di hubungi serta petunjuk arah untuk ke toko Anda.

Seperti halnya fanpage, Google Bisnisku juga dapat menjadi platform untuk Anda dan konsumen berinteraksi dengan adanya kolom ulasan. Kolom ini akan terlihat jika konsumen atau pelanggan mencari nama toko Anda di mesin pencari Google. Di bagian box sebelah kanan akan terlihat informasi serta rating berdasarkan ulasan yang diberikan.

untitled

Cara Mendaftarkan usaha di Google Bisnisku

Untuk mendaftarkan usaha dalam direktori Bisnisku pun cukup mudah. Ini bertujuan agar pengusaha yang memiliki keterbatasan wawasan tentang teknologi  bisa dengan mudah melakukan pendaftaran. Anda cukup mengunjungi laman Google Bisnisku atau klik disini. Kemudian klik “Tampil di Google” pada bagian atas sebelah kanan laman, kemudian ikuti langkah-langkahnya dan isi informasi yang dibutuhkan.

Setelah selesai Anda akan diminta untuk verifikasi melalui kartu pos dengan proses sekitar 2-3 minggu saja. Ini berguna untuk meverifikasi keabsahaan bisnis, mulai dari nama hingga lokasi bisnis yang terdaftar. Setelah mendapatkan balasan maka lakukan langkah berikut ini.

– Masuklah ke laman Google dengan menggunakan akun yang sama pada saat melakukan verifikasi sebelumnya melalui kartu pos.

– Jangan gunakan kode verifikasi lamu, yang paling valid adalah verifikasi yang diminta terakhir. Meminta kode baru baik melalui kartu pos atau telepon akan membuat kode sebelumnya tidak valid.

– Jangan memasukkan kode yang salah lebih dari 5 kali. Jika melakukannya, Anda akan menerima pesan yang menunjukkan bahwa verifikasi gagal dan Anda tidak dapat lagi memverifikasi bisnis. Kemudian Anda perlu menghapus page tersebut dari akun Google Bisnisku dan memulai prosesnya lagi, yaitu membuat page baru.

Google Indonesia meyakini, bila pengusaha terus berusaha untuk memperkenalkan usahanya lewat platform online, maka besar kemungkinan pelanggan akan lebih cepat mengingat bsinis tersebut. Pasalnya, menurut data Association of Internet Service Providers (APJII) Indonesia pengguna internet sudah mencapai angka 40% dari jumlah populasi di Indonesia. Artinya lebih dari 100 miliar orang menggunakan internet dengan kegiatan yang berbeda-beda.

Persentase itu pun akan terus beranjak naik dari tahun ketahun sehingga pengusaha pun harus menyesuaikan diri dengan fenomena tersebut untuk meningkatkan target konsumen. Nah, jadi tunggu apa lagi, langsung daftarkan dan verifikasi usaha Anda di Google Bisnisku.

LEAVE A REPLY