Tingkatkan Bisnis Anda Melalui Google Bisnisku (Google My Business)

Google Bisnisku atau yang lebih dikenal dengan Google My Business merupakan salah satu platform yang dikeluarkan oleh Google. Google My Business terhubung dengan Google Plus guna memaksimalkan potensi bisnis yang Anda miliki.

Platform ini juga memiliki banyak fitur menarik yang bisa membuat bisnis Anda semakin go online. Selain itu, Google My Business merupakan fitur gratis, termasuk juga penelusuran pada maps-nya.

Baca Juga : Produk Google Untuk Tingkatkan Visibilitas UKM di Ranah Digital

Cukup dengan memverifikasi dan mengedit informasi bisnis, Anda dapat membantu pelanggan dalam membutuhkan produk yang mereka inginkan. Dilain sisi, dapat mempromosikan bisnis Anda agar semakin dikenal oleh masyarakat.

Fitur-fitur pada Google Bisnisku

Sama halnya dengan platform Google yang lain, Google My Business juga memiliki beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan. Berikut adalah fitur-fitur pada Google Bisnisku

Lokasi Fisik

Jika bisnis yang Anda miliki mempunyai lokasi fisik seperti toko atau kantor, fitur ini terhubung dengan Google Maps yang dapat menunjukan lokasi bisnis Anda. Artinya, hasil pencarian mengenai bisnis Anda akan langsung terhubung dengan alamat dan mendapatkan arahan langsung oleh Google Maps.

Area Layanan

Fitur ini bisa Anda manfaatkan, jika Anda memiliki layanan seperti pesan antar atau jasa yang bisa didatangkan ke lokasi pemesanan.

Merek

Agar memudahkan pencarian, bisnis yang Anda buat di Google My Business bisa dikategorikan. Apakah produk, tim olahraga, maupun band musik.

Cara Membuat Google My Business

  • Masuk Ke  https://www.google.com/business/
  • Di bagian pojok kanan atas, terdapat menu ‘masuk” atau “login
  • Klik menu tersebut, dan Anda pun sudah masuk ke Google My Business
  • Pilih kategori bisnis yang ingin Anda buat. Terdapat tiga pilihan yaitu etalase, area layanan dan merek. (Etalase : Restoran, toko eceran, dan hotel. Area Layanan : Tukang ledeng, pesan antar pizza, dan jasa taksi, Merek : Produk, tim olah raga, band musik, aksi sosial, dan lainnya)
  • Setelah memilih kategori dipilih, Anda akan diarahkan ke dalam peta. Masukan alamat lengkap serta lokasi detailnya
  • Isi semua data mulai dari nama bisnis, negara, alamat, kota, provinsi, kode pos, hingga nomor telepon.
  • Jika sudah lengkap, silakan klik lanjutkan
  • Jangan lupa untuk mengisi kelengkapan data seperi logo bisnis, website, foto produk, jam operasional dan informasi lain yang mendukung informasi pada Google My Business Anda.
  • Langkah terakhir adalah melakukan verifikasi dengan klik “verifit now” (verifikasi sekarang)
  • Selanjutnya Anda akan diberikan pertanyaan “how would you like to get your verification code?”, Anda dapat memilih menu “mail” atau “surat”
  • Pada menu optional contact name, silakan isi dengan nama lengkap Anda
  • Klik menu “send postcard
  • Nantinya, verifikasi ini akan berupa pengiriman surat yang dikirim dari Google Indonesia. Isi surat tersebut ialah kode verifikasi yang terdiri dari lima angka.

Manfaat Google Bisnisku untuk Bisnis UKM

Selain mempermudah bisnis Anda, Google My Business juga memiliki beberapa manfaat lainnya yaitu

Google Maps Mempromosikan Bisnis Anda

Tempat usaha Anda akan otomatis terdaftar di Google Maps secara global. Masyarakat yang ingin mencari tempat usaha Anda, akan langsung terhubung dan diberikan arahan melalui Google Maps.

Mengelola Jam Kerja Secara Online

Jika tempat usaha Anda terdaftar pada aplikasi Google My Business, Anda bisa mengatur jam kerja tempat usaha yang Anda jalankan secara online. Hal tersebut tentu sangat mempermudah pelanggan yang ingin datang ke tepat usaha Anda.

Mendapatkan Review Mengenai Bisnis Anda

Kelebihan lain yang didapatkan jika menggunakan Google My Business, Anda bisa mendapatkan review untuk meningkatkan kepopuleran tempat usaha Anda. Kepopuleran usaha bisa Anda dapatkan hanya dengan mendapatkan review dari pelanggan.

Semakin bagus review yang didapat, maka akan semakin mudah pula tempat usaha Anda ditemukan.

Meningkatkan Website Bisnis

Jika toko Anda mempunya website, maka Google My Business dapat meningkatkan posisi website Anda pada mesin pencarian Google. Website usaha Anda akan mendapatkan backlink langsung dari aplikasi Google My Business.

Baca Juga : Mendukung UKM Go Online, Inilah 5 Startup Pembuat Website dan Aplikasi Toko Online

Dapat Mengelola Informasi

Kelola informasi yang bisa dilihat pengguna ketika mencari tahu mengenai bisnis yang Anda jalankan. Biasanya pelanggan beranggapan bahwa bisnis yang terverifikasi dengan Google My Business lebih memiliki reputasi yang baik.

Ketika orang-orang menemukan bisnis Anda, pastikan bahwa mereka memiliki akses ke informasi lain seperti jam operasional, situs web, dan alamat bisnis.

Bisa Berinteraksi dengan Pelanggan

Sama halnya dengan media sosial, Google My Business juga memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan. Anda bisa menanggapi ulasan-ulasan yang diberikan pelanggan.

Memahami dan Memperluas Keberadaan Anda

Pahami bagaimana cara pelanggan menelusuri bisnis Anda dan dari mana pelanggan tersebut berasal. Anda bisa melihat informasi seperti jumlah orang yang langsung menelepon bisnis Anda dari nomor telepon yang ditampilkan pada hasil penelusuran dan maps.

Sangat mudah bukan? Apalagi, Google Bisnisku bisa diakses secara gratis. Buat bisnis Anda agar semakin go online dan lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Selamat mencoba.

SHARE

LEAVE A REPLY