Food Startup Indonesia 2018, Pengenalan Ekonomi Kreatif Kuliner untuk Pengusaha Makanan Indonesia

Anda seorang pengusaha makanan yang kesulitan mendapatkan pemasaran? Atau Anda bingung cara mendapatkan modal padahal sudah punya ide usahanya sendiri? Anda tidak perlu khawatir lagi. Setelah sukses di tahun 2016, kini Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menginisiasi Food Startup Indonesia 2018 sebagai solusi untuk usaha makanan Anda dilansir dari tribunnews.com.

Apa itu Food Startup Indonesia?

Food Startup Indonesia adalah salah satu program yang berawal sebuah exhibition Food-Startups pada November 2016 di Yogyakarta. Sebelumnya, program Food Startup Indonesia hanya memilih beberapa Food-Startups yang terbaik dari peserta yang ikut pada program tersebut. Program ini diikuti peserta Food-Startups kurang lebih sekitar 150 lebih dan menghasilkan 3 Food-Startups terbaik Indonesia.

Setelah itu, Food Startups Indonesia menyelenggarakan lagi di daerah lainnya dan sekarang FSI 2018 menjadi acara yang ketiga kalinya yang telah FSI selenggarakan.

Tujuan Food Startup Indonesia 2018

FSI 2018 ini diadakan sebagai cara untuk meningkatkan para pengusaha kuliner dengan menghubungkan startup kuliner kepada ekosistem ekonomi yang terbaru. Selain menghubungkan kepada sistem ekonomi terpadu, FSI juga bisa menjadi salah satu fasilitas untu meningkatkan akses permodalan nonperbankan.

Persyaratan Peserta FSI 2018

Anda mempunyai usaha kuliner yang berusia 1-3 tahun? Anda beruntung. Ini bisa menjadi syarat pertama Anda mengikuti ajang bergengsi dari Bekraf ini. Lalu apa lagi persyaratan mengikuti FSI 2018 lainnya, berikut syarat lolos mengikuti FSI 2018 menurut tribunnews.com.

Memiliki Kebutuhan Modal Awal atau Berkembang

Jika Anda mempunyai usaha kuliner yang sudah berusia 1-3 tahun, Anda tidak perlu khawatir lagi. Pastinya Anda sudah memenuhi syarat selanjutnya yaitu telah memenuhi kebutuhan modal usaha kuliner Anda.

Mempunyai Inovasi Bisnis Kuliner berbasis teknologi dan memiliki dampak sosial.

Anda tidak mempunya bisnis kuliner yang sudah mempunyai teknologi mutakhir seperti toko online atau lainnya, bisa dipastikan Anda akan lolos ke tahap selanjutnya yaitu Demoday FSI 2018. Pemilihan ini akan dilakukan oleh para kurator dan akan memilih 100 startup kuliner yang telah siap untuk tahap selanjutnya.

Demoday Food Startup Indonesia 2018

Setelah lolos menjadi peserta FSI 2018, Anda bisa mengikuti Demoday Food Startup Indonesia 2018 yang terdiri dari beberapa kegiatan yaitu FSI Expo pada tanggal 27 sampai 29 Juli 2018, Mentorship pada tanggal 30 sampai 31 Juli 2018, serta Final Pitching di awal Agustus 2018.

Dilansir dari khabarnasional.com, acara FSI 2018 akan juga dipenuhi dengan pihak swasta beserta testimony dari pemenang Top Three FSI 2017 yaitu Matchamu, Ladanglima, dan Chillibags.

Sebagai rangka mengembangkan subsektor kuliner di tahun 2018, Food Startup Indonesia 2018 diharapkan dapat membawa dan memudahkan para pelaku usaha kuliner dalam mengembangkan usahanya serta terhubung dengan lingkungan atau ekosistem yang sesuai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here