Excelloka Goes to Medan, Mengisnpirasi Wanita Ikut Bangun Perekonomian Keluarga

Bertepatan dengan Hari Kartani yang jatuh pada 21 April lalu, Exellence.Asia mengadakan sebuah kegiatan khusus untuk perempuan yang bertajuk “Women Entrepreneurs”. Bertempat di EV Hive @Calpham Medan, acara ini mengadirkan pembicara yang yang sangat inspiratif, yaitu Alween Ong (Ketua TDA 3.0 Medan) dan Christine Lim (Fashion Designer), serta moderator Viktor Yanuar S (CEO dan CoFounder excellence.asia).

Diadakannya acara ini bertujuan untuk memberikan insiprasi menenai peran perempuan dalam membangun perekonomian keluarga hingga masyarakat sekitar. Melihat sejarah kebelakang sebelum adanya emansipasi perempuan, jangankan melihat perempuan bekerja. Saat itu perempuan bahkan tidak diperbolehkan untuk menutut ilmu. Diskriminasi terhadap perempuan masih sangat kental sampai akhirnya pahlawan wanita, Ibu R.A. Kartini berjuang mengangkat hak, derajat, dan martabat wanita.

Sekarang ini perempuan berhak mendapatkan pendidikan setinggi mungkin dan memperoleh kebebasan untuk mengejar karir sehingga dapat membatu perekonomian keluarga. Baik menjadi karyawan maupun memiliki bisnis kecil, menengah hingga besar. Di dalam agenda kegiatan yang diadakan, Exellence.Asia menekankan akan hal tersebut. Acara ini dipadati oleh para pelaku usaha di Medan dan juga komunitas Blogger Medan.

Workshop ini merupakan salah satu event yang tergabung di dalam program Excelloka yang diadakan oleh Exellence.Asia. Excelloka sendiri adalah pelatihan berkelanjutan untuk UMKM Indonesia. Hadirnya program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan berkulitas secara menyeluruh untuk meningkatkan UMKM.

Pelatihan dan juga workshop yang diadakan mulai dari pemasaran, penjualan, ​branding, pelayanan pelanggan, hukum, administrasi, keuangan, akuntansi, pajak, operasional, dan sumber daya manusia. Metode yang digunakan dalam EXCELLOKA adalah gabungan antara ​onlinetraining​ dan ​offline workshop.

Selama 8 bulan, EXCELLOKA akan membina lebih dari 1,500 UMKM di Indonesia agar dapat merasakan dimensi percepatan bisnis. Selain Jabodetabek, EXCELLOKA juga akan dilakukan di 10 kota pusat UMKM lain di Indonesia, yaitu ​Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Medan, Palembang, Padang, dan Makassar.

UMKM yang ingin mendaftar EXCELLOKA dapat dilakukan dengan cara ​online melalui www.excelloka.com. UMKM dapat mendaftar sekaligus melihat kurikulum EXCELLOKA. Tidak hanya itu, dalam program ini juga akan dilakukan Penilaian Kesehatan UMKM bekerja sama dengan ​School of Business and Management – Institut Teknologi Bandung. Peserta yang mengikuti EXCELLOKA nantinya akan dapat memperoleh hasil penilaian kesehatan bisnis yang sedang dijalankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here