Es Krim Batok Keuntungannya Gak Pernah Mentok

0
190

Jika pada umumnya es krim menggunakan stik, cone atau cup es krim, kini ada kreasi baru untuk menikmati es krim, yaitu dengan batok kelapa. Sajian ini bisa jadi peluang usaha yang cukup potensial karena mengingat di Indonesia masih jarang sekali ditemukan. Di Jakarta sendiri es krim ini hanya ada di beberapa kedai es krim di dalam mall. Oleh karena itu, kita akan bahas tentang peluang usaha ini dan GoUKM juga akan bagi-bagi tips memulainya.

Sebelum itu kita bahas terlebih dahulu sejarah es krim batok kelapa. kenapa es krim ini masih jarang di Indonesia? Apa es krim batok kelapa bukan makanan khas di Indonesia? Sebenarnya dessert dingin ini pertama kali terkenal di Thaliand dengan nama coconut ice cream. Tidak berbeda dengan Thailand es cara penyajiannya, hard ice cream dengan berbagai varian rasa disajikan di atas batok kelapa yang masih ada dagingnya. Dan yang membuatnya tambah manis di bagian atas es krim ditambahkan toping-toping seperti strawberry, coco, nata de coco dan lainnya. Berkat Instagram, banyak kedai es krim yang mulai menawarkan menu serupa sehingga terkenal lah es krim batok kelapa di Indonesia.

Jadi bila Anda yang ingin mencobanya tidak perlu jauh-jauh ke Thailand, Anda bisa mengunjungi kafe atau kedai es krim di tanah air yang menawarkan menu manis ini, salah satunya di café Kedai Gentong di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Cara penyajiannya yang unik menjadi daya tarik para pencinta es krim. Daging kelapanya yang masih utuh dan tidak dikeruk, dapat Anda nikmati setelah memakan es krimnya.

Peluang Usaha Es Krim Batok Kelapa

Seperti yang sudah kami katakan, usaha ini masih terbilang jarang untuk itu peluangnya sangat besar. Anda bisa mulai dengan membuka toko es krim di rumah atau kedai es krim. Dan jika dilihat dari peminatnya, tidak usah diragukan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai sajian manis ini. Itu berarti peluang memasarkannya jauh lebih mudah. Anda tinggal membuat rasa es krim yang lezat, kemasan/penyajian yang menarik dan merek yang menggoda. Lambat laun es krim batok kelapa Anda akan dikenal dan disukai oleh konsumen.

Baca Artikel Terkait : Membuat Es krim dengan Mesin Es Krim 

Membuat Es Krim Batok Kelapa

Ada berbagai macam varian rasa yang bisa Anda jadikan menu andalan misalnya coklat, vanilla, green tea dan sebagainya. Nah, kali ini kita akan sama-sama belajar membuat es krim kopyor batok kelapa. Sebelum itu, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

  • Susu segar 500 ml
  • Air kelapa muda 100 ml
  • Gula 100 gram ( haluskan )
  • Tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air 1 sendok makan
  • 3 butir kuning telur ayam
  • Kopyor atau daging kelapa muda 250 gram boleh diserut atau dihaluskan
  • Krim kental 100 ml
  • Toping sesuai selera (bisa buah, biscuit, atau permen)
  • Setengah batok kelapa yang sudah dikupas kulit luarnya

Setelah bahan di atas lengkap sediakan alat-alat pembuat es krim seperti mixer, panci, spatula, sendok dan lain-lain. Lalu kita bisa lanjut ke proses pembuatannya. Langkah pertama campurkan air kelapa muda dengan susu hingga tercampur rata. Lalu rebus adonan ke dalam panci dengan menggunakan api kecil sambil terus diaduk. Bila sudah tercampur kemudian masukkan tepung maizena dan gula ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan ambil sedikit adonan lalu campur dengan kuning telur yang sebelumnya sudah disiapkan.

Jika adonan dan kuning telur sudah tercampur dengan rata, masukkan kembali adonan ini ke dalam adonan sisanya dan masak kembali hingga mendidih. Selanjutnya angkat adonan dan biarkan dingin. Setelah itu masukkan kopyor atau daging kelapa muda, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Baca Juga : Membuat Es Krim Cone dengan Mesin Es Krim

Bila adonan sudah tercampur dengan rata, masukkan adonan ke dalam sebuah wadah lalu letakkan di lemari pendingin kira-kira 1 hingga 1 1/2 jam hingga es kirm set. Resep Ice Cream Batok Kelapa Praktis siap disajikan dengan tambahan buah-buahan atau biscuit sebagai pemanis tampilan agar menggugah selera Anda.

Strategi Pemasaran dan Promosi

Bila Anda sudah mengetahui cara pembuatannya maka selanjutnya susunlah strategi pemasaran yang efektif sehingga nantinya bisnis bisa berjalan secara dinamis serta bisa terkontrol. Berikut ini lah strategi pemasaran yang umumnya diterapkan oleh para pengusaha dalam memasarkan produk milik mereka.

Kenali pelanggan

Hal pertama yang harus Anda rencanakan adlah kenali target pasar yang Anda bidik, lakukan indentifikasi bisa melalui survey atau pengamatan. Mengapa hal ini perlu? Karena ketepatan identifikasi target pemasaran nantinya mampu meminimalisir pengeluaran serta waktu Anda dalam hal promosi produk.

Memilih lokasi yang strategis

Setelah menentukan target pasar dan mengenalinya langkah selajutnya adalah menentukan lokasi yang strategis. Melakukan survei target pasar juga dapat membantu Anda untuk memutuskan tempat pilihan yang akan dijadikan kios es krim batok kelapa. Karena di sini target pasar adalah keluarga maka pilihlah lokasi yang paling banyak dikunjungi oleh keluarga, seperti misalnya di daerah tempat rekreasi, taman atau lingkungan perumahan.

Melakukan promosi yang efektif

Baiknya lakukanlah promosi produk kepada konsumen secara kreatif. Sedapat mungkin promosi harus konsisten dan dilakukan secara massif agar konsumen tidak cepat melupakan produk Anda. Anda bisa menirukan kompetitor bila cara promosinya terkesan unik dan dapat menarik konsumen. Namun yang penting jangan 100% meniru gaya promosi mereka. Anda bisa kreasikan dengan gaya beriklan Anda sendiri, jadi agar tidak berkesan produk Anda sama dengan kompetitor. Selain itu, lakukan lah promosi dari mulut ke mulut. Cara ini bisa dibilang lebih efektif dari pada promosi dengan menggunakan media flayer atau iklan berbaris karena setelah konsumen membaca mungkin akan langsung dilupkan. Tapi dengan promosi dari mulut ke mulut apa lagi ditambah dengan testimoni konsumen yang pernah mencoba produk pasti dapat membuat orang lain lebih penasaran untuk mencoba.

Memberikan pelayanan yang baik

Anda pasti sering mendengar istilah konsumen adalah raja. Sebagai raja dalam arti konsumen harus diberi pelayanan yang baik, service yang baik, lebih penting lagi membeli barang yang benar-benar sesuai kualitas. Maka ini yang perlu diperhatikan oleh semua pebisnis. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik, tentunya akan menumbuhkan loyalitas konsumen sehingga konsumen akan melakukan transaksi lainnya bahkan merekomendasikan usaha Anda ke orang-orang terdekatnya.

LEAVE A REPLY