Semarak e2Commerce Indonesia 2016 (Post Report)

e2commerce

Acara e2Commerce Indonesia yang berlangsung pada tanggal 2 November 2016 di hotel Mulia kemarin mendulang sukses. Pasalnya event tersebut berhasil menghadirkan 30 Exhibitors yang berasal dari 7 negara, 1200 Exhibition space, 932 Attendes dari 9 negara, lebih dari 127 Bussines Matching arranged daily, 9 supporting Organisations & 23 Media Partner, 34 pembicara dari 8 negara dan 265 delegasi dari 5 negara.

Ada pun pembicara yang hadir seperti, Stanisiaus MC Tandelin, Co-Founder &Chief Operation Officer Salestock, Varsha Ahuja Category Head Men’s Clothing Snapdeal, Donald Wihardja Partner &Founder Convergence Ventures, Syaiful Rachman Chief Operating Officer Poslog Indonesia, Andi S Boediman Managing Partner Ideosource,Ryan D’Souze Vice President Commercial, Asia Pasific DHL eCommerce,Andrew Senduk Group Chief Revenue Officer Orami.com. Antonny Liem Chief Executive Officer MCM Group&Merah Putih Incubator, Vishal Sharma Vice President,Operations ShopClues, Dian Kurniadi Founder Fintech Indonesia Association Anda Chief Operating Officer Jas Kapital, Hadi Kuncoro Chief Executive Officer aCommerce Indonesia, Fajrin Rasyid Co Founder & Chief Financial Officer Buka Lapak.

Sementara Industri yang hadiri di acara tersebut, paling banyak di bidang Logistic atau Transportation sebanyak 29%, Delivery atau Courier sebanyak 22%, 19% di bidang e-Commerce, Retailer 16%,Goverment atau institusi 2% sedangkan yang lainnya hanya 2%.

Sedangkan negara yang hadir pada acara tersebut paling banyak Indonesia sebesar 43%, Singapura 21%, Korea13%, India10%,Malaysia 4% dan lainnya. Sementara peserta paling banyak hadir yang memiliki jabatan sebagai Vice President atau direktur sebanyak 55%, C-Level 17% dan Manager 28%.

Kebanyakan dari peserta yang hadiri di acara tersebut ada tiga alasan, pertama karena ingin mendapatkan informasi mengenai pasar, kedua ingin mencari suplier baru dan ingin menjalin hubungan dengan sesama industri.

Bukan itu saja event yang berlangsung di senayan tersebut juga mampu memberikan motivasi kepada para peserta yang hadir pada acara tersebut. Seperti Mr Carloz Perez Fernandez, menurutnya melalu acara ini ia bisa mendapatkan wawasan baru terutama mengenai karakteristik pasar lokal yang memiliki keunikan sendiri.

Bussiness Development, Tokopedia, Mr Arthur Putrajaya pun mengatakan bahwa dia bisa menemukan tujuannya di acara ini yaitu bisa memperluas jaringan yang bisa memperkuat infrastruktur Tokopedia terutama di sektor logistik.

Ada juga yang sengaja datang ke acara ini dari Singapura, misalnya saja Mr Johni Yeow seorang bussiness Development-LWE Asia Singapura, dia mengatakan dia sengaja datang ke event e2commerce untuk melihat bagaimana perkembangan pasar lokal khususnya sektor logistik. Johni merasa senang karena bisa bertemu dengan pemain e-Commerce di acara pameran tersebut.

Selain itu pada acara ini juga Indonesia diprediksi akan menjadi leader e-Commerce dunia setelah China dan India.Pasar e-Commerce sendiri di Indonesia pada tahun 2020 nanti diprediksi akan mencapai USD130juta nantinya.

LEAVE A REPLY