Apa itu Kode SWIFT dan Kode Bank? Ini Daftar Kode Bank dan SWIFT Bank Seluruh Indonesia

Kode SWIFT dan kode bank

Kode bank dan Kode SWIFT adalah kode yang digunakan untuk melakukan transaksi transfer uang. Kode Bank adalah sebuah kode yang terdiri dari beberapa angka yang digunakan untuk mentransfer uang ke bank yang berbeda tetapi banknya masih sama-sama dalam negeri. Sementara kode SWIFT adalah adalah sebuah kode yang terdiri dari beberapa huruf yang diwajibkan untuk melakukan transaksi transfer uang dari luar ke dalam negeri dan sebaliknya.

Dengan adanya kedua kode transfer bank ini menjadi memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi baik itu hanya sekedar transfer uang maupun jual beli dari dalam maupun luar negeri. Dengan kode transfer bank membuat bank yang dituju teridentifikasi sehingga bisa melakukan transfer ke bank lainnya khusus dengan menggunakan ATM bersama maka Anda akan diminta untuk mengisi daftar kode bank pilihan Anda.

Apa Itu SWIFT dan Apa fungsinya dalam Transaksi Keuangan?

Kepanjangan dari SWIFT adalah Society for Worlwide Interbank Financial Telecommunication. SWIFT adalah asosiasi yang menghubungkan antara 9000 lembaga sekuritas dan juga nasabah korporasi yang kini tersebar di 209 Negara. Latar belakang adanya kode ini adalah untuk menyiasati kerumitan yang terjadi di dalam pertukaran informasi perbankan di duniia.

Baca juga : Gratis Transfer Antar Bank, Pakai Ini 

Bagi nasabah yang ingin membeli barang di luar negeri. Atau mentransfer uang kepada keluarga atau kerabatnya ke luar negeri tentunya tak bisa menggunakan bank lokal. Sehingga membutuhkan kode antar negara. Dengan kode ini maka Anda bisa melakukan transfer bank d,ama saka, kapan saja semudah mentransfer ke bank lokal.

Kode SWIFT biasanya juga dijadikan sebagai identitas sebuah bank di dalam berbagai identitas sebuah bank di dalam berbagai transaksi keuangan yang dilakukan secara internasional. Antara kode SWIFT satu dengan yang lain akan membantu identifikasi yang lebih mudah dan praktis bagi setiap pelaku bsinsi yang membutuhkan layanan perbankan.

SWIFT juga bisa mengurangi resiko operasional, menekan biaya yang besar serta mengoptimasi dan menstandarisasi transaksi keuangan yang terjadi. Hal ini tentu akan sangat membantu terjadinya sebuah kegiatan transaksi keuangan yang lebih efektif dan terjamin.

Apa Perbedaan Antara Kode Bank dengan Kode SWIFT?

Kode SWIFT

Masih banyak orang yang awam mengenai SWIFT kode bank. Mereka berpikir SWIFT kode bank itu sama dengan kode bank biasanya. Padahal SWIFT kode bank mulai dari jumlah karakter hingga fungsinya amatlah berbeda.

Kode bank yang hanya berfungsi untuk mentransfer uang antar bank yang berbeda di dalam negeri hanya terdiri dari tiga karakter yang semuanya adalah angka. Sementara Kode SWIFT karakternya bisa terdiri dari 8-11 aphanumerik yang unik dan panjangnya sesuai dengan standar internasional.

SWIFT code bank bukan hanya sebagai kode untuk transaksi keuangan. Namun juga sebagai pembawa pesan dan juga berbagai informasi lainnya yang akan dibutuhkan dalam transaksi keuangan tersebut.

Apakah Kode SWIFT Terjamin Aman?

Tak sedikit nasabah yang mempertanyakan apakah kdode SWIFT bank terjamin keamanannya. Tentunya Anda tak perlu khawatir karena kini teknologi perbankan memang sudah dirancang sedenikian rupa sehingga nasabah tak perlu khawatir akan data nasab. Akan terjamin keamanannya. Semua  data dan pertukaran informasi yang penting yang berada dalam lingkungan yang aman maka akan terjamin dari tindakan peyalahgunaan atau kejahatan uang.

Dimana Kantor Pusat Kode SWIFT Bank?

Meski nasabah korporasi sudah tersebar di 209 negara di dunia namun kantor pusat hanya ada di Belgia. Sementara kantor cabang ada di beberapa negara yang memang menjadi pusat utama dari kegiatan transaksi keuangan dunia.

Apakah Beda Kode SWIFT dengan Kode Bank?

Meski sama-sama kode yang digunakan untuk memudahkan nasabah bertransaksi ke bank. Namun antara kode SWIFT dan Kode Bank memiliki perbedaan. Kode Bank hanyalah kode yang bisa digunakan untuk mentransfer bank yang berbeda namun masih dalam negeri. Namun Kode SWIFT digunakan untuk mentransfer ke bank dari luar negeri ke dalam negeri atau sebaiknya.

Cara Membaca SWIFT Kode Bank

  • Kode SWIFT Bank terdiri dari 8 atau 11 karakter aphanumerik. Misalnya AAAA BB CC DDD
  • 4 Karakter pertama –kode bank yang hanya berisikan huruf
  • 2 karakter kedua – ISO 3166-1 Alpha-2 Kode negara dan hanya satu huruf
  • 2 karakter berikutnya – kode lokasi yang terdiri dari huruf dan angka (peserta pasif akan memiliki 1 dalam karakter kedua)
  • 3 karakter terakhir kode cabang, opsional (XXX untuk kantor utama) huruf dan angka.

Bisa Bertransaksi dengan Kartu Kredit Lewat Kode SWIFT?

Sama seperti kode bank lokal yang bisa melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit. Kode SWIFT juga bisa digunakan untuk membeli barang yang berada di luar negeri dengan menggunakan kartu kredit.

Apakah Kode SWIFT sama dengan BIC?

BIC atau Bank Identifier Code adalah nama lain dari Kode Bank SWIFT. Kode ini terdiri dari 8 atau 11 karakter aphanumerik yang unik dan panjangnya sesuai dengan standar internasional yang selanjutkan bisa digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasikan institusi keuangan yang terlibat dalam asosiasi SWIFT sehingga setiap bank akan memiliki kode SWIFT yang berbeda-beda dengan bank yang lainnya.

Apa Beda Kode SWIFT dengan Kode IBAN?

International Bank Account Number atau nomor akun untuk transaksi terima uang secara internasional namun tidak menggantikan nomor akun untuk bank Anda. Bisa dibilang IBAN adalah nomor rekening bank internasional yang merupakan sebuah sistem standar penomoran rekening bank. Untuk nomor rekening lokal Anda tetap tidak berubah jika untuk transfer inter lokal atau masih di daerah manapun di Indonesia.

Baca juga : Kurs hari ini, kalkulator valas  

Kode IBAN tadinya hanya digunakan bank-bank Eropa untutk emudahkan dalam bertransaksi antar negera. Dan ternyata lama kelamaan sudah diadopsi oleh Komite Eropa untuk standar Perbankan. Secara resmi IBAN masuk ke dalam turunan ISO 13616 dan saat ini Kode IBAN dikenal demnngan nama Kode Swift. Jadi Kode IBAN dan Kode SWIFT sebenanya sama.

Apakah Setiap Lembaga Perbankan Memiliki Kode SWIFT dan Kode Bank?

Setiap lembaga perbankan pasti mempunyai kode bank untuk memudahkan nasabah melakukan transaksi. Begitu juga dengan Kode SWIFT pasti dimiliki juga oleh Bank. Karena kode ini yang menjadi fasilitator untuk melakukan transaksi keuangan tingkat internasional. Misalnya saat akan melakukan transfer BCA maka yang digunakan adalah kode Bank BCA. Dan setiap bank berbeda antara bank satu dengan bank lainnya.

Kode SWIFT Bank Dimanfaatkan Blogger yang Menggunakan Google Adsense

Di Indonesia sendiri Kode SWIFT bank banyak digunakan oleh blogger yang menggunakan Google Adsense. Jadi metode penarikan uang di GA tak hanya lewat Cek dan Western Union (WU) tapi juga bisa langsung. Sehingga akan lebih mudah tak perlu lagi antri untuk mengeluarkan biaya transportasi.

Apa Itu Branch Code BCA dan Apa Fungsinya dalam Transaksi Keuangan

Selain kode bank dan Kode SWIFT Bank ada juga yang namanya Branch Code BCA. Fungsi dari Branch kode Bank ini sebagai kode yang biasanya di tempat tertentu akan meminta rincian rekening termasuk nama lengkap Anda. Nomor rekening dan 7 digit kode kliring (branch cliring code. Tentunya ini hanya diminta ketika akan melakukan transfer bank elektronik.

Branch Code BCA terdiri dari 7 digit kode kliring yang merupakan kombinasi dari 3 digit kode bank ditambah dengan 4 digit kode kliring cabang bank utam (branch). Sebagai contoh Go UKM akan memberikan Branch Clearing Code dan Swift Code Bank Central Asia Indonesia (BCA) seluruh Indonesia. Dan bila Anda belum menemukan bank Anda kemungkinan bank Anda adalah sub cabang sehingga Anda perlu menghubungi bagian Customer Service untuk mendapatkan Branch Code BCA.

Berikut beberapa daftar SWIFT Code BCA, SWIFT Code Bank Mandiri, SWIFT Code Bank Mandiri, SWIFT code BNI, dan SWIFT Kode Bank Lainnya

Jumlah kode SWIFT yang tersedia di Indonesia ada ratusan dan semua resmi terdaftar di Bank-Bank Indonesia

No Nama Bank Kode Swift
1 Bank ABN AMRO ABNAIDJA
2 Bank Haga HAGAIDJA
3 Bank Artha Graha ARTGIDJA
4 Bank Bangkok BKKBIDJA
5 Bank Bumiputera Indonesia BUMIIDJA
6 Bank Bumi Arta Indonesia BBAIIDJA
7 Bank Buana Indonesia BBIJIDJA
8 Bank Bukopin BBUKIDJA
9 Bank BNP Paribas Indonesia BNPAIDJA
10 Bank Central Asia (BCA) CENAIDJA
11 Bank Chinatrust Indonesia CTCBIDJA
12 Bank of China, Jakarta Branch BKCHIDJA
13 Bank Commonwealth BICNIDJA
14 Bank Danamon BDINIDJA
15 Bank Deutsche AG DEUTIDJA
16 Bank DBS Indonesia DBSBIDJA
17 Bank Ekspor Indonesia BEXIIDJA
18 Bank Ekonomi Raharja EKONIDJA
19 Bank Finconesia FINBIDJA
20 Bank HSBC HSBCIDJA
21 Bank Indonesia INDOIDJA
22 Bank Internasional Indonesia (BII) IBBKIDJA
23 Bank Kesawan AWANIDJA
24 Bank Lippo LIPBIDJA
25 Bank Mandiri BMRIIDJA
26 Bank Maybank Indocorp MBBEIDJA
27 Bank Mega MEGAIDJA
28 Bank Mizuho Indonesia MHCCIDJA
29 Bank NISP NISPIDJA
30 Bank Niaga BNIAIDJA
31 Bank Negara Indonesia (BNI) BNINIDJA
32 Bank OCBC Indonesia OCBCIDJA
33 Bank Permata BBBAIDJA
34 Bank Pan Indonesia PINBIDJA
35 Bank Rabobank International Indonesia RABOIDJA
36 Bank Resona Perdania BPIAIDJA
37 Bank Rakyat Indonesia (BRI) BRINIDJA
38 Bank Sumitomo Mitsui Indonesia SUNIIDJA
39 Bank Swadesi SWBAIDJA
40 Bank Syariah Mandiri BSMDIDJA
41 Bank Tabungan Negara (BTN) BTANIDJA
42 Bank UFJ Indonesia (formerly Bank Sanwa Indonesia) SAINIDJA
43 Bank UOB Indonesia UOBBIDJA
44 Bank Woori Indonesia HVBKIDJA

 

Berikut Kode Bank di Indonesia

Di Indonesia sendiri ada puluhan kode bank, baik itu bank negara bank swasta, bank syariah, bank daerah maupun bank luar negeri yang ada di Indonesia. Berbeda dengan kode SWIFT, kode bank menggunakan angka dan hanya tiga digit saja. Berikut kode bank terlengkap di Indonesia yang dikurasi seperti kode Bank BRI, Kode BCA,  Kode Bank Mandiri Syariah, Kode Bank Mandiri, Kode Bank BTN, Kode Bank BNI, Kode Bank BCA, Kode BRI, Kode BNI dan lainnya.

KODE BANK NEGARA, SWASTA, DAN SYARIAH KODE BANK
Kode BANK BCA 014
Kode BANK MANDIRI 008
Kode BANK BNI 009
Kode BANK BNI SYARIAH 009
Kode BANK BRI 002
Kode BANK SYARIAH MANDIRI 451
Kode BANK CIMB NIAGA 022
Kode BANK CIMB NIAGA SYARIAH 022
Kode BANK MUAMALAT 147
Kode BANK BRI SYARIAH 422
Kode BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) 200
Kode PERMATA BANK 013
Kode BANK DANAMON 011
Kode BANK BII MAYBANK 016
Kode BANK MEGA 426
Kode BANK SINARMAS 153
Kode BANK COMMONWEALTH 950
Kode BANK OCBC NISP 028
Kode BANK BUKOPIN 441
Kode BANK BCA SYARIAH 536
Kode BANK LIPPO 026
Kode CITIBANK 031
Kode BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL (BTPN) 213
Kode JENIUS 213
Kode INDOSAT DOMPETKU 789
Kode TELKOMSEL TCASH 911
KODE BANK DAERAH KODE BANK
BANK JABAR 110
BANK DKI 111
BPD DIY 112
BANK JATENG 113
BANK JATIM 114
BPD JAMBI 115
BPD ACEH 116
BANK SUMUT 117
BANK NAGARI 118
BANK RIAU 119
BANK SUMSEL 120
BANK LAMPUNG 121
BPD KALSEL 122
BPD KALIMANTAN BARAT 123
BPD KALTIM 124
BPD KALTENG 125
BPD SULSEL 126
BANK SULUT 127
BPD NTB 128
BPD BALI 129
BANK NTT 130
BANK MALUKU 131
BPD PAPUA 132
BANK BENGKULU 133
BPD SULAWESI TENGAH 134
BANK SULTRA 135
KODE BANK LAINNYA KODE BANK
BANK EKSPOR INDONESIA 003
BANK PANIN 019
BANK ARTA NIAGA KENCANA 020
BANK BUANA IND 023
AMERICAN EXPRESS BANK LTD 030
CITIBANK N.A. 031
JP. MORGAN CHASE BANK, N.A. 032
BANK OF AMERICA, N.A 033
ING INDONESIA BANK 034
BANK MULTICOR 036
BANK ARTHA GRAHA 037
BANK CREDIT AGRICOLE INDOSUEZ 039
THE BANGKOK BANK COMP. LTD 040
THE HONGKONG & SHANGHAI B.C. (BANK HSBC) 041
THE BANK OF TOKYO MITSUBISHI UFJ LTD 042
BANK SUMITOMO MITSUI INDONESIA 045
BANK DBS INDONESIA 046
BANK RESONA PERDANIA 047
BANK MIZUHO INDONESIA 048
STANDARD CHARTERED BANK 050
BANK ABN AMRO 052
BANK KEPPEL TATLEE BUANA 053
BANK CAPITAL INDONESIA 054
BANK BNP PARIBAS INDONESIA 057
BANK UOB INDONESIA 023
KOREA EXCHANGE BANK DANAMON 059
RABOBANK INTERNASIONAL INDONESIA 060
ANZ PANIN BANK 061
DEUTSCHE BANK AG. 067
BANK WOORI INDONESIA 068
BANK OF CHINA LIMITED 069
BANK BUMI ARTA 076
BANK EKONOMI 087
BANK ANTARDAERAH 088
BANK HAGA 089
BANK IFI 093
BANK CENTURY 095
BANK MAYAPADA 097
BANK NUSANTARA PARAHYANGAN 145
BANK SWADESI 146
BANK MESTIKA 151
BANK METRO EXPRESS 152
BANK MASPION 157
BANK HAGAKITA 159
BANK GANESHA 161
BANK WINDU KENTJANA 162
HALIM INDONESIA BANK 164
BANK HARMONI INTERNATIONAL 166
BANK QNB KESAWAN 167
BANK HIMPUNAN SAUDARA 1906 212
BANK SWAGUNA 405
BANK JASA JAKARTA 427
BANK BISNIS INTERNASIONAL 459
BANK SRI PARTHA 466
BANK JASA JAKARTA 472
BANK BINTANG MANUNGGAL 484
BANK MNC/BANK BUMIPUTERA 485
BANK YUDHA BHAKTI 490
BANK MITRANIAGA 491
BANK AGRO NIAGA 494
BANK INDOMONEX 498
BANK ROYAL INDONESIA 501
BANK ALFINDO 503
BANK SYARIAH MEGA 506
BANK INA PERDANA 513
BANK HARFA 517
PRIMA MASTER BANK 520
BANK PERSYARIKATAN INDONESIA 521
BANK AKITA 525
LIMAN INTERNATIONAL BANK 526
ANGLOMAS INTERNASIONAL BANK 531
BANK DIPO INTERNATIONAL 523
BANK KESEJAHTERAAN EKONOMI 535
BANK ARTOS IND 542
BANK PURBA DANARTA 547
BANK MULTI ARTA SENTOSA 548
BANK MAYORA 553
BANK INDEX SELINDO 555
BANK VICTORIA INTERNATIONAL 566
BANK EKSEKUTIF 558
CENTRATAMA NASIONAL BANK 559
BANK FAMA INTERNASIONAL 562
BANK SINAR HARAPAN BALI 564
BANK HARDA 567
BANK FINCONESIA 945
BANK MERINCORP 946
BANK MAYBANK INDOCORP 947
BANK OCBC – INDONESIA 948
BANK CHINA TRUST INDONESIA 949

 

SHARE

LEAVE A REPLY