Ingin Menarik Pelanggan Usaha Bakso? Teliti Cara Pengemasan Bakso yang Simple ini, Yuk!

Bagaimana cara pengemasan bakso yang menarik perhatian pelanggan? Tentunya mudah, tetapi sebelum itu, ada beberapa hal menurut bisnisukm.com yang harus dicantumkan dalam sebuah produk usaha terutama usaha makanan seperti berikut ini.

  • Nama Merk Bakso. Merk produk bakso Anda sangat berguna untuk memasarkan nama usaha Anda.
  • Komposisi Produk Bakso yang Lengkap. Banyak sekali pelanggan yang ingin tahu tentang kandungan sebuah produk terutama makanan. Apalagi dengan beredarnya rumor “bakso tikus” atau lainnya, pastikan Anda mencantumkan komposisi produk bakso Anda secara detail agar pelanggan percaya pada produk Anda.
  • Informasi Berat Bersih Produk Bakso. Berat bersih sangat berguna bagi para pelanggan untuk mengetahui seberapa banyak berat yang bisa untuk dikonsumsi. Ini juga sangat berguna untuk konsumen yang mempunyai usaha kuliner dengan bakso sebagai bahannya.
  • Nomor Legalitas Usaha (PIRT, Sertifikat Halal, dan lainnya). Legalitas usaha seperti Sertifikat Halal, P-IRT, BPOM dan lainnya merupakan hal penting untuk industri kuliner. Mengapa demikian? Karena ini adalah salah satu cara konsumen Anda bisa untuk percaya kepada pada produk Anda. Maka, pastikan semua uji makanan atau uji usaha telah Anda selesaikan dan jangan lupa untuk mencantumkannya di atas kemasan bakso Anda.
  • Tanggal Kadaluarsa dan Kode Produksi Bakso. Selain komposisi produk, legalitas, dan lainnya, tanggal kadaluarsa dan kode produksi juga merupakan hal penting bagi sebuah kemasan, apalagi kemasan bakso. Karena pelanggan perlu tahu kapan bakso tersebut diproduksi dan juga kapan bakso tersebut sudah tidak layak untuk dimakan lagi.

Daftar Juga: Kursus cara Membuat bakso dan bakso kemasan Di GOUKM Traning Center

Sudahkah poin-poin di atas ada di kemasan produk usaha bakso Anda? Jika sudah, Anda sudah memiliki kemasan yang sesuai dengan ketentuan dan layak untuk diperjualbelikan. Lalu, apalagi yang perlu diperhatikan dalam tahap pengemasan ini?

Pada tahap pengemasan atau pengepakkan, Anda harus memiliki tingkat perhatian yang tajam. Mengapa demikian? Karena proses tersebut membutuhkan ketelitian yang tinggi karena harus sesuai dengan volume kemasannya. Maka dari itu, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam tahap pengepakkan atau pengemasan bakso.

Memiliki Kemasan yang Simple, Eye Catching, dan Kreatif

Kemasan memang hal penting terutama dalm bisnis makanan seperti bakso ini. Kebanyakan kemasan bakso menggunakan kemasan plastik kedap udara tetapi dengan desain yang biasa saja. Walaupun komponen pentingnya sudah masuk ke dalam kemasan, kita juga perlu mengetahui bagaimana kemasan kita bisa dilirik oleh pelanggan.

Kemasan yang biasanya sering dilihat oleh pelanggan itu biasanya memiliki kriteria seperti:

  • Unik dan Kreatif. Biasanya kemasan yang menarik perhatian itu memiliki ciri khas yang berbeda dari pada kemasan kompetitor lainnya. Contoh ingin menjual apel, lalu dikemas dengan gambar apel dengan bentuk potongan seperti apel.
  • Perpaduan Font dan Warna yang Sesuai. Font dan warna juga sangat berpengaruh karena kita menyenenangi sesuatu yang enak untuk dipandang. Warna juga ternyata mempunyai bahasa tersendiri misalnya hijau berarti sehat. Pastikan Anda memadukan warna yang tepat untuk kemasan bakso Anda.
  • Relevan, sesuai dengan produk. Jangan sampai produk Anda menjual bakso lalu gambarnya adalah baju saja. Pastikan sesuai dengan tema produk Anda.
  • Kemasan Mudah Dibuka. Biasanya orang melihat juga dengan cara membuka kemasannya seperti apa. Contoh seperti makanan ringan biasanya yang sering diminati adalah kemasan yang mudah dibuka dan ditutup.
  • Judul Merk sampai Bahasanya Mudah Dibaca. Pastikan tulisan serta bahasa Anda menggunakan bahasa yang bersifat mengajak. Tidak perlu terlalu baku, yang penting dapat dipahami.

Sebelum Dikemas Pastikan Produk Anda dan Kemasan Bersih dan Siap untuk Digunakan

Karena tidak ada pelanggan yang ingin makanannya kotor bukan? Selalu sediakan kemasan yang benar-benar baru serta bakso yang benar-benar telah selesai atau baru jadi yang disediakan pada kemasan usaha Anda.

Baca Juga: 8 Macam Kemasan Makanan Bisnis UKM untuk Produk Lebih Aman dan Menarik

Pilihlah Kemasan Plastik atau Lainnya yang Kedap Udara

Mengapa harus kedap udara? Karena bakso memiliki wangi daging yang sangat khas sehingga butuh dikurangI dengan menggunakan kemasan kedap udara. Selain itu, kemasan kedap udara juga membuat bakso akan lebih tahan lama dibandingkan bakso pada kemasan biasa.

Pastikan Bakso Anda tidak Rusak di dalam Kemasan

Ketika Anda memasukkan ke dalam plastik, pastikan Anda memasukkannya sesuai dengan volume kemasan Anda. Jangan sampai overload atau berlebihan. Walaupun memang bagus jika diberi bonus lebih, tetapi belum tentu dengan produk makanan Anda.

Nah, sudah mulai mendapatkan cara pengemasan bakso yang benar? Semua ini bisa Anda pelajari pada kursus-kursus kuliner salah satunya kursus membuat bakso. Selain membuat bakso, Anda juga akan mempelajari tentang analisa usaha sampai ke rinciannya. Menarik bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here