Cara Merencanakan Proyek untuk UKM

Ketika ide kreatif Anda sudah siap untuk direalisasikan, sekarang saatnya Anda membuat planning atau perencanaan dari proyek /pekerjaan yang akan anda laksanakan. Pelaksanaan dari sebuah ide kreatif sangat tergantung pada seberapa bagus kita merencanakan pelaksanaan tersebut. Cara merencanakan proyek atau kegiatan sama halnya seperti saat kita merencanakan sebuah perjalanan. Anda harus mengetahui di mana anda berada, kemana anda akan menuju, dan memikirkan bagaimana caranya anda sampai ke tujuan dengan selamat. Anda juga harus tahu setelah perjalanan berakhir, bgaimana kelanjutan dari kegiatan anda selanjutnya.

Mulai Merencanakan Proyek untuk UKM

Cara merencanakan proyek UKM, rencana harus matang dahulu barulah diimplementasikan dalam pelaksanaan. bisasanya dilakukan dengan mengumpulkan seluruh tim untuk membuat sebuah rencana yang matang dengan meliputi berbagai aspek.

Apakah kita sedang merencanakan karier kita, sebuah ujian, atau sebuah proyek riset, kita harus memulainya dengan menentukan terlebih dahulu apa tujuan akhir yang ingin didapat. setelah itu baru dipikirkan tahapan-tahapan untuk mencapainya

tahapan tahapan dalam cara merencanakan proyek UKM adalah:

  1. Putuskan tujuan kita ke mana (apa tujuan akhir dari proyek kita)
  2. Putuskan bagaimana cara kita mencapai tujuan tersebut dengan mempertimbangkan sumber daya yang ada.
  3. tuliskan sumber daya apa saja yang kita butuhkan untuk menunjang keberhasilan rencana kita. Misal SDM, dana, teknologi, sponsorship dan sebagainya
  4. Buatlahtahapan-tahapan pelaksanaan secara realistis mulai dari persiapan sampai evaluasi pelaporan.
  5. berikan tenggat waktu atas setiap tahapan pelaksanaan yang kita rencanakan.
  6. Buatlah sistem pelaporan atas setiap kemajuan dari rencana kita.
  7. Pada tahap akhir, lakukan evaluasi atas hasil kerja kita. Apa yang perlu ditambahkan, mana yang perlu direvisi, dan sebagainya.

Setelah perencanaan selesai dibuat, saatnya kita me-manage waktu dengan membuat schedule/ jadwal pelaksanaan. Dengan begitu, saat pelaksanaan proyek, kitalah yang mengontrol waktu dan bukanlah waktu yang mengotrol kita. Keuntungan mengontrol waktu secara formal dalam bentuk sebuah teknik adalah membuat kita lebih sadar bagaimana kita menggunakan waktu yang tersedia secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY