Cara Merawat Mesin Bakso Agar Tak Cepat Rusak

Membeli mesin bakso tidaklah murah bukan? Sekali membeli bisa menghabiskan uang hingga puluh jutaan sehingga sayang jika mesin sampai rusak. Agar tak mudah rusak maka kita harus rajin memeliharanya, berikut ini cara merawat mesin bakso.

Merawat mesin bakso bukan hanya untuk mencegah kerusakan namun juga untuk memperlama umur mesin semakin sering dirawat semakin awet mesinnya. Selain itu mesin bakso yang dirawat juga lebih higienis bayangkan jika mesin jarang dirawat atau dibersihkan. Memang merawat mesin bakso tidaklah simple karena mesin bakso memiliki onderdil mesin yang rumit dan tak semuanya bisa bongkar pasang. Sehingga memang butuh keahlian. Namun merawat mesin bakso tidaklah serumit yang banyak dikira orang. Karena merawat mesin bakso sama dengan merawat mesin makanan lainnya.

Selain itu tak sedikt orang juga yang meremehkan kebersihan dari mesin bakso sehingga setelah melakukan penggilingan daging atau pencetakan bakso karena terlalu lelah membuat bakso akhirnya membersihkan mesin ditunda. ehingga banyak sisa bahan bakso yang menggumpal di mesin sehingga mesin pun menjadi kotor dan menggumpal. Dan ketika akan digunakan mesin sulit berkerja

Sehingga memang dibutuhkan keterampilan khusus untuk merawat mesin bakso. Berikut akan dibahas bagaimana cara mudah merawat mesin bakso

  1. Setelah menggunakan mesin bakso, disarankan agar langsung merendam atau menyiramnya dengan menggunakan air hangat. Kemudian ditetesi oleh air jeruk lemon agar noda yang menempel pada mesin mudah hilang. Air jeruk memang digunakan untuk meluruhkan noda bekas adonan bakso apalagi yang mengandung lemak.
  2. Setelah itu tambahkan air cuka atau perasan lemon kembali agar noda tidak menempel.
  3. Jika di bagian onderdil mesin terjadi perubahan warna hingga menjadi kecokelatan sebaiknya diberi air mendidih dan ditambahkan dengan satu sendok teh, garam dan soda untuk mengangkat noda yang membuat warna berubah.
  4. Kemudian sat mencuci bagian mesin yang terkena noda adonan bakso lebih baik menggunakan sikat berbulu lembut dan air sabun untuk menghilangkan nodanya.
  5. Kemudian bilas peralatan mesin dengan menggunakan air. Setelah itu keringkan menggunakan lap pada bagian-bagian peralatan mesin yang masih basah kemudian lap hingga kering. Dan jemur mesin tersebut dengan cara diangin-anginkan agar lebih cepat kering.
  6. Setelah itu simpanlah mesin bakso di tempat yang aman jauh dari jangkauan hewan seperti kecoa, tikus atau hewan lainnya. Kemudian tutup kain pada bagian atasnya untuk mengjindari kotoran yang masuk ke dalam mesin penggiling.

Cara Merawat Mesin Bakso Agar Terlihat Baru

Selain itu agar mesin tetap terlihat baru maka ada teknik khusunya untuk mempoles stainless bahan mesin bakso. Karena tak sedikit pula banyak orang menyangka mesin yang terbuat dari bahan stainless steel adalah mesin yang awet dan tahan karat karena mesin memiliki lapisan anti karat dalam skala atomik.

Artikel terkait : Kursus membuat bakso 

Namun minyak yang digunakan saat proses penggunaan mesin stainless steel bisa mempercepat proses kerusakan. Sehingga harus ada teknik khusus untuk merawatnya. Sehingga bahan stainlessteel harus dipoles dengan cairan tertentu agar kembali bersih dan kinclong  seperti baru. Jika tak ada cairan pembersih Anda bisa menggunakan air hangat dan handuk hangat. Namun cara ini tidak boleh digunakan jika bahan mesin bakso Anda adalah baja karena justru akan membuatnya berkarat.

Setelah dipoles dengan air hangat Anda bisa langsung mengeringkannya dengan handuk tangan. Atau bisa juga dengan bahan seperti plas chamois atau sering disebut dengan kanebo yang bisa menyerap kandungan air dengan cepat.

Selain itu Anda juga bisa membersihkannya dengan cara membersihkan denga cairan yang berbasis minyak yang dicampur dengan air hangat. Kemudian celupkan handuk kepada cairan tersebut dan oleskan pada mesin. Cara ini digunakan untuk menghindari perubahan warna pada mesin.

Tak hanya bekas adonan yang membuat mesin terlihat kusam namun juga noda sidik jari karena rata-rata noda pada sidik jari bisa merusak penampilan mesin. Untuk menghilangkannya Anda cukup membersihkannya dengan cairan pembersih kaca. Caranya dengan membersihkan terlebih dahula material staniless dengan air hangat dan kain lembut. Kemudian keringkan dengan handuk.

Cara diatas sebaiknya dilakukan secara rutin jangan sehingga kebersihan mesin khususnya mesin makanan tetap terjaga. Dengan begitu bakteri-bakteri sisa adonan yang menempel pada mesin bisa dengan mudah hilang dan menjadikan mesin lebih higienis.

Selain itu jangan simpan mesin di tempat yang kelembapannya tinggi karena meski mesin sudah dibersihkan kemungkinan berkarat masih tinggi. Tentu saja Anda tak mau itu terjadi bukan? Makanya Anda harus merawatnya secara rutin selain itu jangan lupa membaca buku petunjuk penggunaan mesin sehingga penggunaan dan perawatan produk bisa lebih maksimal.

SHARE
20 tahun menjadi suplier mesin-mesin makanan dan kemasan berkualitas dengan harga terjangkau untuk segment UKM. Dapatkan mesin dan kemasan untuk Usaha Makanan Anda. Pemesanan dan konsultasi : Hunting: 021 623 20 700 Email: jakarta@wiratech.co.id

LEAVE A REPLY