Ingin memperluas Pasar Usaha Anda? Ini dia Cara Mendirikan Waralaba Usaha Sendiri

Salah satu cara memperluas pasar bisnis Anda adalah dengan mengikuti cara mendirikan waralaba usaha sendiri. Mengapa demikian? Memang banyak cara pengusaha yang membuka sistem kemitraan ini tapi apakah Anda tahu ternyata membuka waralaba sendiri tidak hanya sekedar tentang membuka kerjasama, tetapi membuat sistem waralaba juga akan menghasilkan keuntungan.

Apakah Anda pernah melihat waralaba Nyoklat? Rasa coklatnya yang banyak diminati kalangan anak Selain menjalin kerjasama, produk Nyoklat ini mendirikan waralabanya yang memberikan pengaruh pada promosi produknya. Alhasil, sekarang produk minuman coklat ini telah memperluas usahanya hingga ke luar pulau Jawa.

Persiapan sebagai seorang Franchisor

Lalu, bagaimana cara memulai kerjasama waralaba ini? Sebagai seorang pemilik waralaba atau disebut dengan franchisor tentu harus memiliki persiapan yang matang. Berikut adalah hal penting yang harus diperhatikan seorang franchisor menurut franchise-expo.co.id.

Mengetahui cara mengevaluasi lokasi dan negosiasi sewa atau beli properti yang dibutuhkan

Hal ini dilakukan agar pembeli franchise bisa terjamin tujuan pasar penjualannya. Contoh untuk menjual makanan seperti mie ayam atau bakso. Pastinya pasar Anda adalah orang dewasa yang menyukai makanan ini. Nah, dimana Anda bisa memperjualkannya? Target ini sangat pas untuk orang kantoran atau tempat belajar seperti kampus. Pastikan pembeli franchise Anda sudah Anda beritahu tentang informasi tempat usaha yang bisa menarik perhatian pelanggan yang sesuai dengan tujuan pasar Anda.

Selain lokasi, pastikan Anda mengetahui harga properti yang Anda miliki misalnya sebuah gerobak. Anda harus memberitahu juga berapa harga pembuatan hingga sampai menjadi properti waralaba Anda. Mengapa demikian? Cara ini adalah untuk menghindari kesalahan komunikasi dan Anda telah memperjualkan waralaba Anda secara jujur dan benar adanya.

Memiliki Konsep Pengelolaan Outlet yang Bersih dan Higienis

Pastinya Anda ingin menjual makanan atau usaha lain yang terjamin kebersihannya bukan? Maka dari itu, perhatikan tempat waralaba Anda secara benar sebelum Anda menawarkan kerjasama dengan calon franchisee atau pembeli franchise.

Memiliki Sumber Bahan Baku yang Berkualitas dan Ekonomis

Tentunya untuk membuka usaha franchise seperti makanan dan minuman membutuhkan bahan baku yang banyak. Pastikan Anda memiliki bahan baku yang banyak tapi berkualitas. Mengapa? Karena banyak pasar yang memperjualkan bahan baku yang kualitasnya rendah. Ini sangat berpengaruh terhadap produk yang akan Anda jual. Maka dari itu, pastikan bahan baku Anda memiliki kualitas yang baik dan juga ekonomis.

Mengetahui Teknik Pelayanan dan Penyajian yang Berkualitas Tinggi

Layaknya seperti membuka sebuah restoran, pastinya Anda harus melayani pelanggan Anda dengan baik bukan? Maka dari itu, pelajari cara melayani serta penyajian produk Anda dengan baik agar calon franchisee Anda sudah mengerti tanpa melanggar SOP yang sudah Anda tetapkan.

Memiliki kemampuan menjadi seorang Trainer

Mengapa trainer? Karena seorang trainer adalah seseorang yang bisa mengedukasi orang lain dengan baik. Edukasi pun bukan hanya mengajarkan saja, tetapi juga memotivasinya untuk selalu menjadi penjual yang lebih baik.

Mempunyai keahlian untuk Monitoring dan Pengontrol Bisnis

Keahlian ini tentunya sangat penting untuk seorang franchisor yang ingin memulai waralaba bisnisnya sendiri. Karena dengan mengontrol dan monitoring, Anda bisa mengetahui berapa keuntungan atau pengeluaran yang Anda dapatkan di setiap outletnya. Anda juga harus membandingkan dengan kompetitor Anda agar Anda bisa menilai dari berbagai sisi bisnis.

Apakah Anda sudah mempunyai semua ciri ini? Memang pastinya membutuhkan proses. Karena tidak semua pemilik franchisor bisa langsung sukses kecuali memang ia sudah memperlajarinya terlebih dahulu. Pihak pemilik franchise  juga harus mempunyai peluang usaha yang memiliki ciri tertentu seperti bisa memberikan keuntungan bagi pembeli franchise, mudah diajarkan dan diaplikasikan, memiliki Standar Operasional Pelayanan (SOP), adanya dukungan berkesinambungan dan memiliki hak kekayaan intelektual yang sudah terdaftar sesuai dengan PP No.42 tahun 2007.

Memiliki Surat Ijin dari Pemerintah

Setelah memenuhi kualitas tersebut, pastikan juga pemiliki franchise atau franchisor memiliki surat ijin seperti surat ijin dari Menteri Perdangangan, BPOM, dan MUI. Hal ini sangat penting karena di Indonesia sendiri memiliki hukum perdagangan yang ketat. Anda bisa mendapatkan surat ijin tersebut secara bertahap dan pastikan Anda mempunyai dokuken lengkap sebelum mengajukan ijin tersebut.

Penawaran Calon Pembeli Franchise dengan Prospektus Waralaba

Anda sudah siap untuk mendirikan waralaba usaha sendiri? Apakah Anda sudah memenuhi kriteria dan persiapan diatas? Setelah proses persiapan, Anda bisa menawarkan prospectus penawaran waralaba kepada pihak franchisee atau pembeli franchise seperti berikut ini,

  • Data Identitas Franchisee,
  • Bukti Legalitas Bisnis yang dibuat franchise,
  • Sejarah Singkat tentang Bisnis Franchise Anda,
  • Penjelasan Struktur Organisasi Franchisor,
  • Melampiran laporan keuangan minimal laporan keuangan pada 2 bulan terakhir,
  • Melampirkan List Daftar Outlet Franchise yang sudah berjalan,
  • Memberikan penjelasan mengenai hak dan kewajiban franchisee serta franchisor.

Bagaimana? Mudah bukan mendirikan waralaba usaha sendiri? Selain memperluas pemasaran, tentunya penawaran kerjasama bisnis atau waralaba ini menguntungkan serta mengembangkan kepercayaan pasar. Pastikan pembeli franchise Anda memiliki niat yang sama dengan bisnis Anda agar dapat berjalan lancar kedepannya.


GoUKM Media Services menghadirkan GoUKM Training Center (GTC) lembaga pelatihan kursus, training, workshop hingga in-house training untuk memulai usaha, UKM dan korporasi. Berbagai Jenis program, Program kursus Kuliner, Non Kuliner, Program Keterampilan, Workshop, Franchise, Legalitas dan Digital. Dapatkan detail [ Program Pelatihan Workshop GoUKM Training Center ]

Pendaftaran dan Informasi :
GoUKM Training Center l
Jalan Gunung Sahari Xl No 76A Jakarta Pusat 10720
Atau Hubungi Salah Satu Kontak Berikut :
WhatsApp/Call  [ 081388319900 ] (Suci)
Form Online [ KLIK DISINI ]
E-Mail  [ goukmid@gmail.com ]

SHARE

LEAVE A REPLY