Cara Mendapatkan Modal Usaha Bakso Bakar

Membuka usaha bakso bakar sepertinya menguntungkan. Meski bakso bakar terbilang makanan yang baru namun bakso bakar sama favoritnya dengan bakso rebus yang biasa kita jumpai. Namun memulai usaha ini tentunya tidak mudah bukan. Membutuhkan modal yang besar. Lalu bagaimana caranya mendapatkan modal usaha bakso bakar?

Berikut Tipsnya Mendapatkan Modal Usaha Bakso Bakar

Ikut Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM)

Bagi Anda yang tinggal di desa tak perlu cemas tak bisa mendapatkan modal usaha bakso bakar. Karena ada program PNPM Mandiri Perdesaan yang memang menyediakan dana langsung APBN dan APBD yang disalurkan langsung ke rekening kolektif desa di kecamatan.  Masyarakat boleh meminjam dana ini untuk modal usaha bergulir namun tak bisa individu namun bersifat kolektif, jadi usahanya dibangun atas nama kelompok.

Baca Artikel Terkait, Buat Bakso Mudah dengan Mesin Bakso

Kerjasama dengan Franchise Atau Waralaba

Salah satu cara untuk mendapatkan modal usaha bakso bakar adalah dengan berkerjasama dengan franchise atau waralaba bakso bakar. Dengan begitu Anda tak perlu repot memikirkan modal untuk membeli bahan, gerobak, peralatan hingga kemasan.

Mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Bagi Anda yang tak memiliki uang sama sekali pun tetap bisa mendapatkan modal usaha bakso bakar dengan cara mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR sendiri merupakan layanan kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh pemerintah melalui bank kepada UKM atau koperasi yang feasible tapi belum bankable. Adapun Bank yang melayani KUR yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mandiri, Bank Bukopin, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri (BSM).

Mengikuti Program Kewirausahaan

Saat ini beberapa kewirausahaan memang digencarkan oleh pemerintah misalnya saja Program Wirausaha Muda Mandiri yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh bank Mandiri. Program yang sejak tahun 2011 ini memang menyiapkan dana Bank Mandiri untuk meningkatkan & mengembangkan potensi kewirausahaan muda di Indonesia. Dengan Anda mengikuti program kewirausahaan selain anda mendapatkan modal usaha bakso bakar, Anda juga bisa dilatih dan mendapatkan koneksi pengusaha-pengusaha yang cukup banyak. Karena yang akan mengikuti dan melatih program ini kebanyakan adalah pengusaha.

Mendaftarkan ke Situs Online Sponsorship

Anda juga bisa memanfaatkan jaringan internet untuk mendapatkan modal usaha bakso bakar. Syaratnya buatlah konsep semenarik mungkin bukan hanya berjualan tapi harus ada kreatifitasnya.  Jika konsepnya sudah ketemu Anda bisa mendaftarkannya ke situs online Crowdtivate, KitaBisa, dan Wujudkan. Lewat situs sponsorship tersebut anda bisa hemat waktu dan biaya. Tapi jangan jadikan situs ini sebagai sumber modal tambahan saja. Karena bisa saja modal yang diharapkan tidak sesuai dengan yang didapatkan.

 

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY