Cara Menarik Pelanggan : Mana yang Lebih Efektif Promo Diskon atau Cashback?

Cara menarik pelanggan melalui platform online itu tidaklah mudah, terutama bagi pemula. Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, agar investasi yang dikeluarkan tidak sia-sia. Seperti waktu, tenaga, pikiran, hingga materi untuk membiayai promosi tersebut.

Banyak hal yang harus Anda persiapkan. Mulai dari menyiapkan konsep promosi, strategi marketing, target market, hingga mengatur budgeting (anggaran). Jika segala sesuatunya telah disiapkan dengan matang, maka promosi yang dilakukan pun akan lebih efektif.

Baca Juga : Teknik Closing Efektif dalam Transaksi Bisnis Online

Sebuah promosi yang dilakukan dengan benar, tentunya akan mampu memikat calon pelanggan potensial maupun mengikat pelanggan Anda agar lebih setia.

Cara Menarik Konsumen pada Bisnis Online

Sekilas bisnis online ini tampak lebih mudah untuk dikelola dan dijalankan. Namun dibalik itu ada tantangan tersendiri bagi para pelakunya dimana dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memikat pelangganya.

Seiring berjalannya waktu, para pelaku online ini mulai bermunculan dengan berbagai jenis produk dan jasa yang ditawarkan. Sehingga membuat persaingan semakin ketat.

Agar bisa mengungguli persaingan dan mendapatkan pelanggan online lebih banyak, Anda harus pandai mengelola bisnis dan menerapkan strategi marketing yang tepat untuk dapat berkembang atau setidaknya bertahan.

Ada banyak cara menarik konsumen online dan meyakinkan mereka untuk membeli produk bisnis yang ditawarkan. Diantaranya bisa menggunakan testimoni, foto produk yang menarik, endorsement, hingga penawaran harga spesial.

Namun yang dinilai paling efektif untuk memikat para pembeli online adalah penawaran harga spesial, bisa berupa diskon atau cashback. Bagaikan magnet, penerapan promosi ini mampu menarik minat pembeli dalam skala yang lebih besar, karena bisa menjadi ajang penghematan.

Diskon dan cashback memang sudah tidak asing lagi di telinga para pelaku usaha. Kedua istilah tersebut merupakan strategi pemasaran paling efektif untuk menarik minat para pembeli dengan cara menurunkan harga.

Konsep diskon dan cashback memang sama, tetapi keduanya tetap memiliki perbedaan. Terutama dalam mekanisme penerapan promosi tersebut. Diskon adalah potongan harga di muka yang dikemas dengan bentuk persentase dari harga jual.

Sedangkan cashback adalah penawaran harga spesial dimana pembeli akan mendapatkan potongan harga dalam bentuk pengembalian uang. Berbeda dengan diskon, potongan harga dari cashback ini akan berlaku setelah pembeli membayar sejumlah transaksi dengan harga normal.

Bisanya uang akan dikembalikan, apabila transaksi telah dinyatakan selesai. Potongan harganya pun tidak benar-benar pengembalian uang tunai langsung ke tangan pembeli. Pihak penjual biasanya memberikan cashback ke dalam bentuk deposit atau uang virtual.

Lalu Mana yang Lebih Efektif, Diskon atau Casback?

Apabila dilihat dari sisi mata pelanggan, tentunya promo diskon lebih menarik dibanding cashback. Karena potongan harga langsung diberikan di muka, pada waktu itu juga.

Beda halnya dengan cashback, potongan harga yang diberikan ada jeda waktunya. Pengembalian dananya pun dalam bentuk deposit atau uang virtual. Sehingga untuk mendapatkannya harus melakukan pencairan dana terlebih dahulu, dengan cara mentransfer ke rekening pribadi yang dimilikinya. Tentunya hal ini, akan lebih merepotkan bagi pembeli.

Namun sebaliknya, bagi pemilik bisnis online promo cashback ini sangat menguntungkan karena bisa membentuk consumer loyalty. Besar kemungkinan, konsumen akan kembali berbelanja di online shop Anda untuk bertransaksi dengan menggunakan saldo cashback yang mereka dapatkan.

Baca Juga : Mengungkap Cara Menarik Konsumen Ke Toko Online

Apapun jenis promosi yang akan digunakan, baik itu diskon ataupun cashback memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya memiliki potensi besar untuk menggaet pelanggan potensial, karena dinilai bisa menghemat pengeluaran mereka.

Pastikan saat akan menggunakan promosi ini, Anda telah membuat perencanaan yang matang. Sekilas memang terlihat simple, tinggal menurukan harga saja. Namun tidak semudah itu, banyak hal yang harus Anda perhitungkan terutama yang berkaitan dengan dana.

Perlu diketahui, promo diskon dan cashback ini nantinya akan memotong margin penjualan bisnis Anda. Maka dari itu penting bagi Anda untuk merumuskan strategi yang tepat, karena jika salah langkah bukan hal tidak mungkin bisnis yang dijalankan akan mengalami kerugian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here