Mengungkap Cara Menarik Konsumen Ke Toko Online Kita

Baik usaha offline dan online perlu ada strategi untuk menjaring konsumen. Jika Anda memiliki atau baru ingin memulai usaha berbasis online atau online store/toko online sebaiknya pelajari bagaiamana cara agar toko online ramai pengunjung. Sebelum itu ketahui pasar Anda untuk menentukan strategi bisnis yang tepat. Untuk mendapatkan perhatian konsumen Anda harus tahu bagaimana memuaskan pelanggan Anda.

Caranya dengan apa? Seperti yang kami katakan sebelumnya pelajari target pasar Anda terlebih dahulu seperti apa keinginan, kebutuhan calon pelanggan dan berikan pelayanan yang memuaskan. Bila ketiganya diterapkan maka ini bisa menjadi langkah yang efektif untuk mendapatkan perhatian konsumen yang berujung pada keputusan untuk melakukan transasksi. Berikut caranya untuk mendorong traffic usaha online Anda tanpa harus mengeluarkan pendaaan yang terlalu besar.

Buat kesan pertama spesial

“Kesan pertama adalah segalanya” pepatah ini juga berguna dalam dunia bisnis. Tapi untuk usaha online bukannya tidak ada fisik toko yang bisa dikunjungi oleh pelanggan sehingga, tidak mungkin Anda bisa berhadapan langsung dengan customer? Nah, Anda bisa berikan kesan pertama Anda pada tampilan website Anda. Desain website jelas sangat dibutuhkan untuk menambah kepercayaan pelanggan pada toko online Anda. Biayanya bagaimana? Biayanya tidak terlalu besar kurang lebih mulai dari kisaran 300-1 juta.

Baca Juga : Belajar SEO BLOG Hasilkan Jutaan Rupiah

Gunakan juga sosial media

Cara menarik konsumen adalah Sosial media Adalah salah satu platform yang bisa Anda manfaatkan untuk berpromosi dengan gratis. Kuncinya agar bisa menarik konsumennya adalah buat konten yang bagus dan menarik tujuannya untuk menambah jumlah like atau followers akun usaha Anda. Suatu saat followers atau likers itu nantinya pasti akan menjadi pelanggan Anda. Maka, selain memberikan konten yang menarik, berikan juga informasi mengenai produk Anda. Untuk hasil yang maksimal Anda juga bisa gunakan iklan berbayar pada media sosial agar target promosi lebih luas.

Lalu bagimana cara memaksimalkan media sosial untuk promosi? Selain membuat konten, Anda juga harus konsisten mempostingnya dengan teratur agar konsumen tidak melupakan produk Anda. Cara kedua adalah Libatkan followers dan likers, contohnya dengan menanyakan sesuatu, membalas komentar dan hal lainnya yang bisa menangkap perhatian mereka. Ketiga, gunakan media lainnya untuk mendorong traffic Anda salah satunya adalah, Pinterest. Dan yang keempat, gunakan content visual, ketika memposting gambar biasanya Anda akan mendapatkan 50% lebih banyak interaksi dengan orang lain.

Pemasaran melalui Email atau broadcast messenger

Cara menarik konsumen ini bisa dikatakan langkah yang paling mudah dan murah, di mana Anda tidak memerlukan biaya untuk membuat email dan aplikasi messenger. Yang Anda butuhkan adalah koneksi internet dan komputer untuk melakukan promosi. Sebuah survey menunjukkan bahwa 54% orang memiliki sikap yang lebih positif terhadap perusahaan-perusahaan yang mengirimkan mereka e-mail. Dan lebih dari 70% orang saat berbelanja ingat pada email atau pesan yang mereka terima. Apa saja email atau pesan yang bisa dikirimkan melalui email atau pesan broadcast?

Baca Juga : Modal Jempol, Orderan Melimpah 

Isi pesan menyangkut tentang produk baru Anda yang ingin diperkenalkan, penjualan dan promo, produk sejenis atau produk yang direkomendasikan setelah kostemer melakukan pembelian produk, berisi tentang promo atau diskon produk untuk mendorong kostemer yang sudah tidak aktif melakukan pembelian untuk mendorong mereka kembali mengunjungi website Anda dan melakukan pembelian, lalu mengirim beberapa tips yang terkait dengan produk yang Anda miliki.

Pelayanan diluar waktu kerja

Memberikan pelayanan di luar dari jam kantor juga bisa menjadi nilai lebih yang akan menarik konsumen. karena rata-rata pembeli adalah orang yang bekerja maka dengan memberikan layanan lebih dari 8 jam konsumen akan lebih nyaman melakukan pemesanan atau ingin bertanya terlebih dahulu. Cara menarik konsumen ini akan sangat terasa hasilnya jika dibarengi dengan pelayanan yang ramah dan cepat tanggap.

Berikan diskon dan promosi lainnya

Jurus jitu lainnya adalah berikan potongan harga atau diskon yang kompetitif. Semua orang pasti menyukai produk yang ditawarkan dengan harga yang murah ditambah lagi dnegan bonus. Bahkan Anda pun kami yakin juga menyukai itu. Jadi, terapkanlah pada produk Anda. Caranya Anda bisa memberikan kupon potongan harga untuk member baru atau member setia dan memberikan penawaran beli 2 gratis 1  untuk produk dengan harga yang sama.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY