Cara Memilih Sistem POS (Point of Sale) yang Tepat Untuk Usaha

cara memilih sistem pos

Point Of Sale (POS) adalah mesin kasir. Bagi Anda usaha ritel, menggunakan software POS (point of sale) sangat dibutuhkan. Tapi jangan sampai Anda salah memilih.  Maka dari itu Anda perlu pertimbangkan beberapa hal pada saat memutuskan untuk memberli POS untuk bisnis atau toko usaha Anda. Apa saja yang harus diperhatikan? Berikut 5 hal yang perlu dicermati sebelum memilih sistem  POS.

Cari aplikasi yang banyak direkomendasi oleh ritel lain

Lebih banyak retail yang menggunakan aplikasi POS, dapat dipastikan bahwa aplikasi tersebut mempunyai fitur dan kelebihan sehingga digunakan oleh ritel lainnya. Untuk itu lakukan lah survei ke retail-retail yang sudah cukup memiliki berpengalaman menggunakan sistem POS untuk melengkapi proses pembayaran. Mengapa harus ke retail karena sejauh ini banyak developer iseng yang mencantumkan retail-retail ternama yang padahal tidak menggunakan POS mereka. Jika si pengguna atau retail yang Anda tanya menggunakan lebih dari 3 tahun, dapat diasumsikan bahwa produk tersebut memiliki fitur yang memuaskan.

Ketahui profile developernya

Setelah melakukan survei ke retail, tidak salah jika Anda ingin mengetahui terlebih dahulu record developer yang membuat sistem POS tersebut. Jika developer yang bertanggung jawab tentunya meraka akan dengan sigap dan cepat bila terjadi kerusakan atau error pada software dan hardware POS.

Pahami fitur-fitur yang ditawarkan

Fitur-fitur pada software juga perlu Anda ketahui. Banyak developer yang menawarkan sistem pembayaran POS dengan berbagai paket dengan harga yang berbeda. Nah, Anda bisa menannyakan apa saja fitur yang didapatkan dari masing-masing paket. Memang pada kolom paket sudah tertera apa saja fitur yang akan didapatkan, namun tidak ada salahnya jika Anda bila Anda ingin mengetahui manfaat dari fitur-fitur tersebut. Terlebih lagi ada saja sebagian pelanggan yang kurang mengerti informasi yang diberikan, jadi tidak perlu ragu untuk bertanya lebih lanjut mengenai fitur-fitur yang ditawarkan.

Cocokan harga dengan budget

Seperti yang kami katakana sistem POS biasanya di sediakan dalam berbagai paket, nah bila Anda sudah mengetahui fitur-fitur apa yang disediakan jadi Anda bisa sesuaikan harganya dengan kebutuhan usaha Anda. Dengan membeli paket POS yang tepat tentunya akan mengoptimalkan pengeluaran bisnis Anda. Kebanyakan point of sales membutuhkan investasi yang tidak sedikit namun jika Anda menyesuaikan dengan kebutuhan dan fiturnya sangat mungkin ini akan menghemat pengeluaran.

Pertimbangkan prangkat lunak untuk melacak data

Pont of sale itu mencakup banyak software atau program yang Anda butuhkan untuk keperluan bisnis, misalnya program akunting, laporan iventori, laporan penjualan, laporan rugi/laba, hingga mencakup sistem kepuasan pelanggan dan program strategi bisnis Anda. Bahkan software POS yang sudah disertakan data base untuk data karyawan sehingga dapat memudahkan Anda membuat jadwal karyawan. Maka Anda harus pertimbangkan hal ini, semakin banyak manfaatnya maka akan lebih baik.

Mudah digunakan (user friendly)

Sebuah sistem POS yang membingungkan justru akan merugikan Anda nantinya. Meskipun Anda mengerti cara pengoperasiannya namun operatornya tentu bukan Anda sendiri. Akibatnya karena pengoperasian sistem POS yang rumit, dan karyawan Anda susah mempelajarinya akhirnya proses transaski akan berjalan lebih lama. Sehingga pilih lah tampilan yang lebih sederahana dan mudah dioperasikan.

Memberikan garansi

Developer yang serius memberikan pelayanan yang terbaik tentu akan memberikan Anda jaminan dengan menyertakan garansi minimal 1 tahun. Karena ada beberpaa produk yang hanya memberikan garansi selama beberapa bulan saja. Jadi dari pada ambil resiko lebih baik Anda tanyakan apakah ada garansi yang diberikan.

Dukungan teknis

Seharusnya developer memberikan layanan dukungan teknis untuk pengguna. Jadi sebelum Anda memilih layanan POS mana untuk kebutuhan retail Anda sebaiknya tanyalah apakah tersedia dukungan teknis bila POS mengalami permasalahan. Bila ada, Anda tidak usah khawatir karena bila terjadi masalah pada sistem POS Anda bisa melaporkannya dan dapat ditangani oleh bagian ahli teknisi dari pemilik layanan tersebut. Namun jika tidak ada, maka beralihlah ke produk POS lainnya.

Pertimbangkan hardware (perangkat lunak)

Selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah hardware atau perangkat lunak untuk melengkapi POS. Pada setiap pos pasti disertakan juga hardware seperti monitor, perangkat CPU Printer untuk mencetak struk, barcode scanner, cash drawer untuk penyimpan uang, struck EDC debit/credit card. Nah, di setiap hardwarenya sebaiknya mendukung satu sama lain dan pula tersedia koneksi input dan output yang lengkap seperti Memory Card, RS, USB, dll.

 

LEAVE A REPLY