Bagaimana Jadi Tenant di Mall? Simak Cara dan Tips Menyewa lapak Usaha di Mall

0
34
Cara Jadi Tenant di Mall

Meski sekarang belanja online menjamur di Indonesia bukan berarti belanja mall ditinggalkan. Karena masih banyak orang yang hobi berbelanja di mall karena lebih puas mendapatkan barang yang diinginkan. Hal tersebut menjadi kesempatan Anda menjadi tenant di mall untuk usaha. Lalu bagaimana cara jadi tenant di mall?

Sebelum Anda masuk ke dalam tips cara jadi tenant di mall ada baiknya Anda mengetahui apa itu tenant dan apa manfaatnya. Tenant sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berati penyewa. Tenant tak mesti di mall bisa di kios pasar tradisional. Namun menjadi tenant di mall pastinya memiliki daya tarik sendiri karena mall merupakan tempat pusat perbelanjaan yang akan diminati oleh semua kalangan. Baik kalangan ke bawah, menengah hingga ke atas. Baik anak-anak, muda maupun tua.

Berjualan di mall tetap menjadi salah satu pilihan yang menarik. Karena gaya hidup modern membuat mal tetap menjadi tempat utama untuk berbelanja. Si Calon Pembeli bisa langsung berkumpul sekian banyak dengan tujuan yang berbeda. Meski tak dipungkiri sedikit pula yang hanya sekedar cuci mata atau menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan. Tapi tak sedikit juga yang awalnya tak berniat berbelanja justru akan memborong barang karena melihat diskon yang cukup besar.

Menjadi Tenant di Mall Mengapa Tidak? Lebih Ramai Pastinya Lebih Menguntungkan

Memiliki sebuah toko di mall sepertinya lebih menarik dibandingkan jika kita hanya memiliki toko online. Apalagi kalangan menengah ke atas saat ini sedang meningkat tajam dan rata-rata mereka memang lebih menyukai untuk berbelanja di mall dibandingkan berbelanja online.

Alasannya yang paling utama karena dengan belanja di mall bisa menyentuh barang sebelum membeli jadi ada rasa kepuasan tersendiri tidak harap-harap cemas barang seperti apa yang telah dibeli seperti jika membeli via online. Memang jika berdagang di mall lebih mahal karena memang uang sewanya yang tentunya tidak murah dibandingkan jika membuka toko di pasar tradisional, di ruko  apalagi di garasi rumah.

Dan tentunya barang yang Anda jual di mall lebih berkelas dan harganya lebih tinggi dibandingkan jika harga online. Anda harus melewati perang harga dengan para kompetitor belum lagi jika konsumen hanya sebatas bertanya tak jadi membeli.

Lokasi Menentukan Prestasi adalah Salah Satu Cara Jadi Tenant di Mall

Jika ada yang mengatakan bahwa posisi menunjukkan suatu prestasi itu benar adanya. Karena salah satu cara sukses berdagang ada lokasi usaha. Makanya sebelum Anda membuka usaha, Anda harus benar-benar menyurvei lokasi untuk usaha Anda.

Pilihlah lokasi yang strategis  karena posisi yang strategis peluang dilirik oleh pembeli lebih besar dibandingkan jika memilih usaha di tempat yang terpencil. Makanya tak heran jika banyak pedagang yang berebut untuk mendapatkan tempat usaha yang strategis agar barang jualannya terjual.

Namun tak semua pedagang bisa mendapatkan tempat strategis selain karena terkendala oleh lokasi yang tak memenuhi kuota juga terkendala oleh biaya. Apalagi bagi pedagang yang baru, jangankan membeli, menyewa kios saja sulit sekali. Biasanya semakin strategis suatu lokasi maka semakin mahal uang sewa atau beli suatu kios baik di mall maupun di pasar tradisional.

Apabila Anda tergolong penjual yang baru atau baru saja menekuni dunia usaha tak ada salahnya jika Anda menginginkan tempat yang strategis. Dan meskipun modal cukup usahakan jangan beli kios terlebih dahulu namun sewa kios saja. Karena jika ternyata tempat yang Anda punya tidak strategis maka Anda akan kecewa.

Namun bagaimana jika lokasi sudah terlanjur salah posisi?

Jika sudah terlanjur salah Anda bisa mempertimbangkan apakah Anda tetap dengan lokasi yang sekarang namun Anda harus berusaha untuk mempromosikan barang jualan Anda agar laku di pasaran. Atau Anda pindah untuk mencari lokasi yang baru.

Namun untuk mencari lokasi yang baru tentunya tidak mudah butuh waktu apalagi jika harus menunggu dana untuk menjual kios Anda terlebih dahulu. Jika sudah terlanjur terjadi sambil menunggu kios laku Anda bisa mempromosikan produk Anda dahulu misalnya dengan media sosial atau promo-promo yang menarik lainnya.

Tak Selalu Menguntungkan, Menjadi Tenant di Mall pun Terkadang Merugikan

Menjadi tenant ternyata tak selalu menguntungkan bahkan beberapa pelaku usaha yang mencoba peruntungan di mall justru rugi total karena pendapatan hanya bisa untuk membayar sewa saja lalu apa saja kerugiannya ?

  • Harga Sewa Tempat yang Terlalu Mahal
  • Karena di Mall yang tempatnya ramai sehingga harus menggaji karyawan dan itu upayanya lebih mahal dibandingkan jika membayar karyawan untuk menjaga toko di ruko atau pasar tradisional.
  • Dampak krisis ekonomi global mengakibatkan daya beli masyarakat menjadi menurun sehingga mall menjadi sepi.
  • Persaingan di mall sendiri ketat karena hampir semua produk ada di sana.
  • Persaingan di Mall sangat ketat apalagi di kota-kota besar di Indonesia. Misalnya kita sudah merasa bangga menyewa kios di mall. Namun saat melihat kenyataan bahwa di hadapan mall yang kios yang kita sewakan ternyata lebih besar membuat para customer  lebih menyukai jika berbelanja di ruko sebelah.
  • Harus mengatur stok barang dan itu sangat merepotkan jika mall terletak jauh dari lokasi pengambilan barang,
  • Meski Anda menderita kerugian Anda tak bisa langsung menutup usaha Anda begitu saja berbeda jika usaha itu Anda lakukan di toko karena Anda harus bertahan setidaknya 1-2 tahun jika tidak Anda akan diberikan denda dan itu tidak sedikit jumlahnya.

Bagaimana Cara Menegosiasi Harga Sewa Kios Mall yang Mahal?

  • Biasanya dilakukan dengan pemilik toko secara personal. Untuk harga sewa dan waktu penyewaan sangat negotiable tergantung dari pendekatan dengan pemilik toko. Mengenai informasi tentang pemilik toko dan toko mana saja yang bisa disewakan bisa ditanyakan langsung kepada pengelola mal.
  • Sementara penyewa akan dikenakan biaya sewa yang dibayarkan kepada pemilik toko dan service charge yang bisa dibayarkan kepada pengelola mal. Untuk kurun waktu yang umum adalah setahun sewa. Namun jika beruntung meskipun kontrak enam bulan atau setahun kadang pemilik toko bisa mengizinkan pembayaran dilakukan secara bulanan.
  • Agar Anda mendapatkan harga sewa yang murah karena modal Anda yang sangat minim sebaiknya Anda menawar harga kepada pemiliknya. Bisa juga Anda meminta membayar uang sewa setengah tahun dulu setelah itu sisanya dibayarkan enam bulan lagi.
  • Jika Anda masih berat Anda juga bisa meminta untuk sewa tiga bulan terlebih dahulu setelah tiga bulan kemudian baru jalan. Agar si pemilik kios yakni bahwa Anda akan bayar, maka buat surat tertulis dan disertai dengan selembar materai.

Memanfaatkan Mall yang Sepi Pengunjung untuk Mendapatkan Kios yang Gratis

Bagi kota besar seperti Jakarta bukan hal yang baru jika banyak mall yang posisinya berdekatan. Persaingan pun sangat terasa adanya. Bagi para pengunjung tak mungkin mengunjungi semuanya bukan? Sehingga mall akan takut jika pengunjungnya sepi karena mereka akan terancam tutup.

Mall-mall seperti itu biasanya akan memberikan uang sewa yang murah bahkan gratis bagi para tenant mall agar mall mereka tetap bisa bertahan. Hal tersebut mereka lakukan agar memancing para pengunjung untuk datang karena semakin sepi kios maka pengunjung tak akan datang untuk membeli begitu juga dengan sebaliknya.

Meski gratis, namun para tenant tetap disuruh untuk membayar listrik, air, keamanan dan kebersihan. Biaya tersebut tak akan sebanding jika untuk membayar uang sewa. Tak hanya itu biasanya kios yang diberikan letaknya kurang strategis meski begitu Anda tak perlu khawatir karena Anda tetap bisa untuk mengembangkan usaha Anda. Karena sekarang banyak media promosi yang gratis misalnya online untuk memancing para pembeli datang ke kios Anda.

Berikut Mall-mall dengan Harga Sewa Kios di Mall yang Terjangkau  

Thamrin City  

Cara Jadi Tenant di Mall

Merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang terbesar di Jakarta Pusat dengan lebih dari 1000 tenant dan 10 anchor tenant, Mall yang terletak di jalan Thamrin Boulevard ini memang lebih fokus ke dalam jual beli batik namun juga ada kios-kios yang menjual alat elektronik, alat rumah tangga, busana keluarga, kerajinan ,bursa mobil Indonesia hingga kuliner Indonesia.

Blok M

Cara Jadi Tenant di Mall

Letaknya yang dekat terminal membuat Blok M menjadi ramai. Tempat tersebut sangat cocok untuk dijadikan tempat usaha bagi pemula yang ingin menjadi tenant di mall. Di sana Anda bisa mulai buka usaha Anda mulai dari kuliner, pakaian, kuliner

Tamini Square

Salah satu pusat perbelanjaan yang terjangkau bagi Anda tenant yang belum memiliki banyak modal adalah Tamini Square. Pusat perbelanjaan yang letaknya tak jauh dari Tami Mini Indonesia Indah ini merupakan pusat perbelanjaan yang terfavorit di Jakarta timur.

Tamini Square terdiri dari 5 lantai dan memiliki tenant-tenant yang sudah ternama seperti  Carrefour, Ramayana, Mc Donald, Pizza Hut dan lain-lain. Anda juga bisa menjadi salah satu tenant-nya. Untuk harga sewa kios di Tamini Square Anda salah satunya di Lantai UG dengan ukuran 6,9m2 Anda bisa menyewakan dengan harga sewa Rp 30juta per tahunnya dan masih bisa di negosiasi.

Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara

Jika mendengar Kelapa Gading pasti Anda mengingat perumahan elite di Jakarta Utara tersebut. Mall yang memang terletak di daerah perumahan elite tersebut memiliki lahan sekuas 147.000 m2. Untuk harga sewanya sebesar US$ 30/m2/month. Dengan menyewa mall yang beroperasi sejak tanggal 24 Maret 1990 Anda bisa mulai berdagang produk Anda mulai dari kuliner, elektronik, optik hingga butik dan salon.

Mangga Dua Square 

Meski jumlah pengunjungnya Mangga Dua Square merosot tajam sejak kerusuhan di tahun 1998 namun Mangga Dua tetap berdiri tegak hingga sekarang. Dulu Mangga Dua bisa dibilang sebagai surga belanja di ibu kota Jakarta.

Namun kini Mangga Dua terlihat sepi, meski begitu beberapa pelanggan tetap  setia berbelanja di mall yang terletak di daerah Gunung Sahari. Dengan sepinya pengunjung membuat harga sewa kios melonjak tajam membuat kesempatan bagi para tenant yang ingin berjualan di mall. Bagi Anda yang mau mencoba jangan pernah takut tak laku karena sepinya pengunjung. karena namanya sudah terkenal hingga mancanegara. Bahkan penyanyi terkenal semacam Beyonce pernah konser di sana. Jadi jangan ragu untuk menjadi tenant di sana. Selamat Mencoba!

LEAVE A REPLY