Cara Bisnis di Instagram: Menyulap Followers Menjadi Pelanggan Bisnis Anda

Ada banyak cara bisnis di Instagram yang biasa diterapkan atau digunakan para marketer dalam menjaring pelanggan potensialnya. Salah satunya adalah dengan menaikan jumlah followers pada akun bisnis.

Semakin banyak followers maka peluang untuk mendapatkan calon pelanggan akan semakin besar. Aktivitas follow akun yang dilakukan oleh followers tersebut menandakan ketertarikan mereka pada bidang atau produk bisnis yang ditawarkan.

Baca Juga : Cara Tingkatkan Penjualan di Instagram Melalui Penggunaan Hashtag

Pada digital marketing, apabila Anda telah berhasil menarik perhatian pengguna atau pengunjung suatu platform online maka peluang untuk membuat mereka menjadi calon konsumen potensial pun semakin besar.

Tugas Anda di sini adalah bagaimana caranya menkonversi followers tersebut agar menjadi pembeli. Ikuti tips cara bisnis di Instagram di bawah ini

Cara Mendorong Interest Followers Menjadi Pembeli

Banyaknya jumlah followers belum tentu dapat meningkatkan penjualan pada sebuah bisnis. Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami situasi seperti ini. Dari 1000 followers di Instagram hanya 100 orang yang melakukan transaksi dan membeli produk Anda.

Itu artinya, 90% dari followers akun bisnis Anda hanya sekedar window shopping atau kepo dengan produk bisnis yang Anda tawarkan. Pada situasi ini, Anda tidak hanya kehilangan penjualan dan pelanggan potensial saja.

Tenaga, waktu, dan uang yang telah Anda investasikan untuk mempromosikan produk bisnis juga menjadi sia-sia. Apabila dengan cara tersebut hanya sedikit followers yang menjadi pembeli, berarti Anda perlu effort lebih untuk menaikan interest mereka sehingga tertarik pada produk yang ditawarkan.

Berikut adalah sejumlah strategi yang bisa dilakukan untuk mengubah followers akun bisnis menjadi pelanggan Anda :

Buat Profil Menarik

Langkah pertama adalah buat bio pada profil akun bisnis semenarik mungkin. Anda bisa melengkapinya dengan deskripsi singkat seputar brand, kontak, dan call to action (CTA) menuju website atau toko online.

Selain itu pastikan juga akun bisnis tidak digembok. Sehingga calon pelanggan merasa lebih nyaman dan fleksibel dalam mengikuti akun Instagram bisnis Anda.

Tampilkan Foto Produk yang Berkualitas

Instagram merupakan platform sosial media yang lebih mengedepankan konten visual, maka dari itu penting bagi Anda untuk menampilkan foto produk yang berkualitas.

Pastikan foto yang diunggah ke Instagram memiliki kualitas HD (High Definition). Dengan begitu pelanggan bisa dengan jelas melihat detail produk dan warna produk mirip dengan aslinya. Anda bisa mengambil angle foto dari beberapa sudut berbeda untuk memperjelas detail produk.

Perlu diketahui bahwa foto produk ini menjadi salah satu faktor yang dapat mengubah pengikut akun bisnis Instagram Anda menjadi pembeli. Maka dari itu, buatlah foto produk yang berkualitas.

Buat Deskripsi Produk dengan Jelas

Selain menampilkan foto produk berkualitas, Anda juga perlu memperhatikan copywriting yang digunakan untuk menjelas produk tersebut. Buatlah deskripsi produk dengan jelas dan tentunya mudah dimengerti oleh pelanggan.

Anda bisa menambahkan informasi produk mulai dari bahan, ukuran, warna atau motif, dan sebagainya. Satu hal lagi yang sering dilupakan yaitu menambahkan kalimat singkat yang membuat calon pelanggan semakin tertarik untuk membeli.

Sebagai saran, poin yang bisa ditambahkan disini adalah tentang manfaat dari produk tersebut. Anda harus bisa meyakinkan followers bahwa produk yang ditawarkan merupakan salah satu produk yang mereka butuhkan.

Buat kalimat yang menjelaskan tentang hasil akhir yang akan mereka peroleh setelah membeli produk tersebut. Contohnya, Anda menjual produk legging muslimah dengan fitur kaos kaki wudhu. Maka manfaat yang ditawarkan :

– Praktis, tidak perlu pakai kaos kaki lagi

– Memudahkan saat berwudhu, tinggal dibuka bagian bawahnya

Hadirkan alasan ‘kenapa pembeli harus membeli produk ini dibanding produk lain?’, kemudian kemas kata-katanya semenarik dan sebaik mungkin.

Sediakan Varian Warna Produk

Selain warna basic, biasanya pelanggan juga mencari warna lainnya seperti warna-warna pastel. Untuk itu pastikan Anda menyediakan varian warna atau motif yang cukup.

Baca Juga : Cara Iklan di Instagram Stories Optimalkan Sebuah Bisnis

Terkadang keterbatasan varian warna ini bisa mempengaruhi interest calon pelanggan yang tadinya ingin membeli, namun karena tidak tersedia akhirnya mereka mengurungkan niatnya.

Buatlah Kondisi Urgensi

Strategi yang satu ini juga tidak kalah jitu, Anda bisa membuat kesan seolah-olah calon pelanggan akan dirugikan jika tidak membeli produk Anda saat itu juga. Misalnya dengan membuat promo flash sale, yang hanya berlaku pada hari itu saja. Harga akan kembali normal keesokan harinya.

Itu dia cara bisnis di Instagram dengan memanfaatkan interest followers akun bisnis untuk meningkatkan omset penjualan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here