Panduan Lengkap Cara Beriklan di Facebook Ads Bagi Pemula

Cara Beriklan di Facebook – Facebook Advertising (Ads), sesuai namanya fitur ini difungsikan sebagai fasilitas bagi pengusaha untuk mempromosikan produk bisnis melalui media sosial Facebook. Sama seperti Google Ads, Anda juga bisa memilih sendiri siapa target audiens yang akan dibidik saat beriklan di Facebook Ads.

Bedanya, jangkauan iklan yang tampil pada Google Ads akan lebih luas media platformnya di mana bisa muncul di situs web manapun, sedangkan Facebook Ads hanya tampil di platform Facebook saja.

Baca Juga : Lima Poin dalam Analisis Facebook Fanpage, Agar Digital Marketing Jadi Lebih Efektif

Meskipun begitu, hingga saat ini penggunaan Facebook sebagai media untuk memperkenal dan memasarkan sebuah produk masih jadi pilihan mayoritas marketer. Facebook dinilai lebih efektif untuk menggaet pasar dan pelangan potensial bagi sebuah bisnis.

Pada tahun 2018 saja, hasil data riset We Are Social mengungkapkan bahwa pengguna aktif dari Facebook mencapai hingga 2,17 miliar lebih per bulannya. Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi para pebisnis untuk menarik calon konsumen potensial dan memaksimalkannya melalui Facebook Ads.

Sebelum Memulai Facebook Ads, Pastikan Hal Berikut :

Agar bisa menggunakan layanan Facebook Ads, pertama pastikan bahwa Anda sudah membuat fanpage atau akun bisnis. Jangan mencampurkannya dengan akun personal, karena itu dapat berdampak pada kredibilitas bisnis yang dijalankan.

Anda juga tidak bisa menggunakan fitur iklan dari Facebook, jika menggunakan akun personal. Maka buatlah fanpage, agar bisa mempromosikan produk bisnis Anda. Apabila fanpage telah terbentuk, kemudian siapkan konten.

Meski berbayar, bukan berarti Anda tidak memperhatikan kualitas konten. Facebook Ads di sini hanya sebagi media untuk mendistribusikan konten ke target audien yang spesifik. Jadi konten yang akan di share tetap harus berkualitas tinggi.

Konten menjadi salah satu kunci utama dari keberhasilan sebuah iklan. Maka dari itu buatlah konten yang menarik dan informatif sehingga bisa menarik perhatian audiens bisnis Anda.

Fokus pada pembuatan konten yang bisa mendorong interaksi, seperti komentar dan share agar dianggap sebagai konten yang memiliki high value. Karena Facebook akan mengutamakan posting-an yang memiliki banyak engagement.

Selanjutnya Anda akan diberikan pilihan target audiens. Anda bisa menentukannya  berdasarkan referensi minat, umur, usia, gender, atau bahkan kelas ekonomi. Hal ini akan membantu Anda untuk memaksimalkan iklan ke target audiens yang lebih spesifik.

Yang tak kalah penting adalah anggaran iklan. Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa layanan Facebook Ads ini berbayar. Jadi Anda harus menyiapkan sejumlah dana untuk bisa menggunakan fitur ini.

Terakhir, pilih jenis iklan yang ingin Anda gunakan. Perlu diketahui, Facebook menyediakan beberapa jenis iklan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengiklan. Untuk lebih jelas-nya, simak ulasan berikut ini.

Pilih Jenis Iklan Facebook yang Ingin Anda Gunakan

Nah bagi Anda yang masih bingung dan belum mengetahui jenis iklan yang ditawarkan oleh Facebook, bisa menyimak ulasan berikut ini. Setiap jenis iklan memiliki peranan dan fungsinya masing-masing. Sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengiklan.

Page Post Engagement

Fungsi utama dari jenis iklan ini adalah untuk menaikan reputasi atau engagement postingan terkait produk bisnis Anda. Konten yang digunakan dapat berupa teks, video, link website, ataupun penawaran yang telah dibuat sebelumnya.

Page Post Engagement ini memungkin pengiklan untuk menyebarluaskan posting-an ke khalayak pengguna Facebook yang lebih luas. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan engagement (likes, share, atau comment) melimpah pun akan semakin besar.

Page Likes

Sesuai namanya, iklan ini ditujukan untuk memaksimalkan jumlah like Fanpage Bisnis Anda. Tetunya dengan banyaknya pengguna Facebook yang menyukai akun bisnis, maka semakin banyak pula orang yang suka dan percaya dengan bisnis Anda. Hal ini juga dapat meminimalisir keraguan calon pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Bahkan jumlah likes fantastis bakal membantu Fanpage yang Anda kelola muncul di news feed tanpa harus bayar. Bagaimana caranya? Saat seseorang likes Fanpage bisnis Anda, maka secara otomatis aktivitas tersebut akan muncul di news feed teman-temannya. Dengan begitu, Anda telah menghemat biaya promosi bukan, karena gratis.

Click to Website

Mekanisme dari click to website ini hampir sama dengan Page Post Engagement Ads, namun lebih fokus mengarahkan target audiens untuk click ke website. Ada tombol call to action yang akan mengajak audiens membuka halaman website yang dimaksud. Semakin bagus gambar dan konten, peluang audiens untuk membuka semakin besar.

Website Conversions

Website conversion ini bisa dibilang selangkah lebih maju dari click to website. Di mana audiens diajak langsung untuk melakukan transaksi di website. Jadi tidak hanya mengunjungi website saja, tapi ada action disana. Tinggal infokan apa yang Anda inginkan, apakah checkout, leads, atau registration.

Event Responses

Jenis iklan yang satu ini ditujukan untuk mempromosikan sebuah event, misalnya acara pameran UKM atau bazar, dan lain-lain. Saat menggunakannya, pastikan membuat konten yang menarik, lalu promosikan ke market yang lebih spesifik.

App Install/App Engagement

Jika bisnis Anda telah dilengkapi dengan aplikasi mobile, untuk mempromosikannya bisa menggunakan layanan ini. App Instal/App Engagement akan mengajak lebih banyak audiens untuk mengunduh aplikasi bisnis Anda.

Cara Beriklan di Facebook Ads untuk Pemula

Tidak hanya mengetahui cara beriklan di Facebook, namun Anda juga harus menjadikannya sebagai skill dalam berbinis. Dengan begitu Anda bisa lebih memaksimalkan iklan yang dijalankan. Berikut tutorial lengkap cara beriklan di Facebook :

Login Facebook Ads

Untuk masuk ke halaman Facebook Ads, Anda bisa menuju ke menu sebelah kanan pojok atas profil Facebook. Kemudian klik ikon panah yang menghadap ke bawah dan pilih ‘Create Ads‘. Secara otomatis Anda akan masuk ke halaman Facebook Ads Manger.

Melakukan Pengaturan Facebook Ads

Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman form berisi pengaturan Facebook Ads. Isi semua data yang diperlukan dan ikuti setiap langkah yang disarankan.

Pada tahapan inilah, setting iklan dilakukan. Mulai dari pilih jenis iklan, nama campaign, menentukan target audiens, setting budget hingga mengatur jadwal tampilan iklan.

Baca Juga : Manfaat Facebook Fanpage Bagi Bisnis UKM

Apabila semua data telah terisi, kemudian klik Continue. Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya dan klik Creat New Ads. Lalu ikuti langkah berikut ini untuk mengatur konten yang akan diiklankan:

  • Pilih Fanpage bisnis Anda
  • Tentukan format iklan yang akan digunakan. Apakah dalam bentuk gambar, video, atau slideshow
  • Jangan lupa untuk mengisi halaman deskripsi iklan. Buatlah semenarik mungkin dan informatif
  • Klik Confirm

Mengatur Tagihan Facebook Ads

Apabila semua data yang diperlukan pada Facebook Ads telah terisi, selanjutnya Anda akan diarahkan masuk ke halaman “Payment” dan bisa memilih metode pembayaran sesuai yang diinginkan. Pembayaran bisa dilakukan via kartu kredit atau debit.

Setelah itu, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah selanjutnya dalam melakukan proses pembayaran. Sampai tahap ini, Anda sudah berhasil membuat iklan di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here