Inspirasi dari Campina, Merek Es Krim Nasional yang Mendunia

Merek Es Krim

Anda pecinta es krim? Tentunya Anda kenal dengan merek es krim Campina bukan? Tahukah Kamu bahwa es krim yang telah mendunia tersebut ternyata berasal dari Kota Surabaya.

Memang merek es krim ini memang belum bisa menandingi pemain asing seperti Nestle atau Unilever. Tapi ternyata merk es krim lokal ini telah menjadi perusahaan es krim terbesar di Asia Tenggara.

Merek es krim campina juga telah menguasai 25% pangsa pasar es krim di Indonesia atau ada di posisi nomor dua setelah Unilever. Cukup hebat bukan si Campina ? Apalagi kini konsumsi es krim Indonesia semakin hari seiring meningkatnya jumlah konsumen tingkat menengah di Indonesia.

Menurut Euromonitor, pasar es krim Indonesia sangat besar mencapai angka 158 juta liter dan terbesar di Asia Tenggara. Hal ini memang didukung oleh  jumlah penduduk Indonesia yang besar. Dan diproyeksikan, hingga tahun 2018 pertumbuhan pasar es krim mencapai 240 juta liter atau rata-rata tumbuh 8,75%.

Baca Juga : Membuat Es Krim Cone dengan Mesin Es Krim

Tapi tahukah kalian Jika, suksesnya Merek Es Krim Campina ternyata tak diraih dengan mudah. 44 tahun lalu, tepatnya tanggal 22 Juli 1972, Bapak Darmo Hadipranoto beserta istri, mulai membuat es krim Campina di garasi rumahnya yang terletak di Jl. Gembong Sawah, Surabaya.

Kemudian dengan berkeliling Campina dijual dengan menggunakan freezer sederhana yang diletakan di sepeda hingga freezer Van. Tak lama kemudian merek es Campina pun mulai dikenal satu persatu warga Surabaya mulai mencarinya. Hingga tak ketinggalan Gubernur Jawa Timur, Bapak H.M.Noer yang mengunjungi tempat usaha  Campina pada tahun 1973.

Hingga semakin tahun Campina menjadi merek es krim yang mulai ada penggemar tersendiri. Terutama anak-anak. Prestasi Campina pun bisa dikatakan membanggakan misalnya adanya kerja sama antara Campina dengan Nickelodeon yang menjadikan satu-satunya pemegang lisensi produk es krim ‘Spongebob’ dan ‘Avatar’ di Asia Tenggara.

Selain memasuki segmen anak-anak, Campina juga memasuki segmen remaja dengan memproduksi es krim Concerto dan Tropicana. Sementara segmen dewasa dengan es krim Bazooka, Hula-Hula. Dan segmen keluarga dengan mengeluarkan Family pack dengan berbagai rasa dan ukuran. Untuk acara-acara special, ice cream cake yang akan melengkapi kemeriahan.

Agar tak tergerus zaman, Campina pun selalu melakukan inovasi, salah satu inovasinya yaitu dengan menghadirkan es krim LuVe Litee yang merupakan es krim low fat dan 100% non-dairy pertama di Indonesia.

LEAVE A REPLY