Baju Mermaid Booming, Pengusaha Jual Baju Putri Duyung Banjir Permintaan! Mari Menilik Bagaimana Peluang Usahanya

Memang paling mudah mencari peluang usaha berdasarkan tren yang sedang booming. Anda masih ingat bukan saat tren game Pokemon Go? banyak bermunculan usaha-usaha yang terinspirasi dari game itu, ada yang menjual aksesoris pokemon, boneka pokemon, bahkan menjual holder HP untuk memudahkan pemain saat mencari karakter Pokemon Go saat berkendara. Begitupun saat ini yang sedang heboh usaha busana renang baju mermaid atau kostum putri duyung.

Tren ini populer berawal dari media sosial Instagram, di mana banyak foto anak-anak artis yang menggunakan baju mermaid. Perpaduan warna dan keimutan anak-anak artis itu membuat gaya berbusana ini mulai diminati oleh anak-anak bahkan wanita dewasa. Momen ini pun tak luput dimanfaatkan oleh para pengusaha yang ingin mendapatan penghasilan tambahan.

Haja Ogi misalnya, lelaki yang hampir paruh baya asal Bekasi ini baru mencoba peluang usaha menjual baju putri duyung di daerah tempat tinggalnya. Lelaki yang dulunya berprofesi sebagai penjual jemuran keliling ini, memutuskan beralih usaha menjadi penjual baju mermaid karena mengikuti tren.

Keputusannya ini jelas langkah yang benar sebab keuntungan dari bisnis ini tidak tanggung-tanggung. Ogi mengatakan saat sedang fenomena baju mermaid ini sedang nge-trend dalam sehari dirinya bisa menjual 60 pcs baju dengan harga Rp 75 ribu. Namun kini penjualannya pun masih terbilang lumayan, sebab ia masih bisa menjual 10-15 potong.

Di kutip dari portal Go Bekasi, biasanya ia mengambil barang langsung dari pusat pembuatnya di daerah Bandung dengan pemesanan mencapai 500 baju perminggu. Ukuran yang diambilnya kisaran untuk usia 2 tahun sampai 12 tahun, tapi tidak jarang ia juga sering menambahkan stock untuk orang dewasa. Omzet yang ia dapatkan dari berjualan baju mermaid ini ia mengaku bisa mencapai Rp 30 juta perbulannya.

Membuat kostum ini sebenarnya sangat mudah. Bila Anda juga ingin memulai usaha ini sebagai usaha sampingan, Anda tidak perlu jauh-jauh memesan barang coba saja untuk memproduksinya sendiri. Berikut cara membuat kostum putri duyung.

– Langkah pertama siapkan dahulu bahan-bahannya seperti kain waffle atau kain ringan yang elastis bisa jersey atau lainnya, cat kain, kuas, benang yang warnanya sama seperti warna kain dan peralatan menjahit lainnya.

– Selanjutnya, dengan menggunakan kain jersey buat kain tersebut seperti rok yang ukurannya disesuaikan dengan pinggang dan kaki.

– Gunting kain tadi menjadi bentuk persegi dan gunakan kapur pola atau spidol untuk membuat pola rok yang disesuaikan dengan bentuk badan dari pinggul ke kaki.

– Gunakan lem panas untuk menghubungkan ujung kain tersebut atau Anda juga bisa menjahitnya agar lebih kuat.

– Untuk membuat siripnya gunakan kain elastis. Gunting kain berbentuk kotak dengan ukuran sekitar 1 x 1 meter lalu kain dilipat lalu dipotong sesuai lipatan. Gambar pola seperti sirip di atas kain lalu potong sesuai pola. Anda bisa tambahkan plastik didalamnya agar sirip terbentuk lalu jahit bagian sisinya. Selain plastik, Anda juga bisa menggunakan monofin, sirip ini bisa ditemukan di toko olahraga. Namun harganya cukup mahal. Tapi bila Anda berniat untuk memulai bisnis kostum mermaid professional disarankan untuk menggunakan sirip tersebut.

– Dengan menggunakan jarum pentul, sematkan kain tersebut pada rok. Bila sudah pas, jahit sirip pada bagian bawah rok.

– Agar seperti ekor putri duyung Anda bisa tambahkan gambar sisik pada rok tersebut dan juga siripnya menggunakan cat kain.

РUntuk melekapi kostum putri duyung, atasannya Anda bisa  membuatnya dari tank top atau bikini dengan warna yang sesuai dnegan ekornya. Anda bisa tambahkan hiasan seperti kerang atau hiasan laut lainnya untuk mempercantik tampilan kostum.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Usahanya

Meskipun sedang tren, bukan berarti Anda hanya perlu menunggu konsumen datang menghampiri. Anda juga perlu serius dalam menggarap bisnis ini. Apa lagi jika memtuskan untuk memproduksi barangnya sendiri, ini akan jauh lebih sulit ketimbang Anda menjadi reseller yang menjual kembali barang orang lain.

Cari Tahu Bahan yang Paling Sering Dicari Konsumen

Bahan yang digunakan untuk membuat setelan baju renang ini cukup beragam. Ada yang menggunakan bahan spandex, jersey dan ada yang menggunakan bahan waffle. Namun paling sering pembeli mencari bahan yang berbahan jersey karena lebih ringan sehingga cocok digunakan untuk berenang. Untuk harga kisaran bahan jersey dibandrol 23 ribu sampai dengan 30 ribu permeternya.

Tentukan Tempat Berjualan yang Ramai Pembeli

Sebelum memulai untuk usaha, tentukanlah tempat yang ramai dikunjungi, contohnya di pinggir jalan raya atau di pusat perbelanjaan. Semakin banyak orang lalu lalang maka semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan keuntungan lebih. Cara lainnya Anda bisa mencoba tawarkan ke tentangga-tentangga di daerah rumah Anda atau berjualan di marketplace online dan media sosial.

Mengerti Teknik Dasar Menjahit

Kalau Anda ingin menjual produk baju sendiri, itu artinya Anda juga harus tahu cara menjahit. Dengan begitu, hasil jahitan akan sesuai dengan keingan Anda dan tentu juga dapat menghemat biaya produksi nantinya.

Cari Jasa Tukang Jahit

Tidak punya keahlian menjahit? Anda bisa menggunakan jasa tukang jahit. Untuk biaya bergam sesuai dengan tingkat kesulitan pengkerjaan dan bahan yang digunakan. Dalam mencari tukang jahit Anda juga harus selektif. Carilah konveksi yang jahitannya rapih dan tepat waktu.

Tawarkan orang lain untuk menjadi reseller

Reseller adalah orang yang menjualkan kembali barang atau produk yang Anda punya dengan ketentuan pembagian keuntungan yang sudah disepakati antara reseller dan distributor. Pembentukan tim reseller ini sangat penting sekali untuk memperbesar keuntungan Anda. Namun karena tidak semua reseller memiliki kemampuan berjualan yang baik, maka Anda perlu memberikan pelatihan sehingga penjualan dapat maksimal.

Analisa Usaha Baju Putri Duyung

Melihat tingginya permintaan, jumlah pengusaha yang ikut terjun dalam bisnis ini juga berkembang. Yang tadinya bisnis ini hanya ada di daerah Bandung, kini malah meluas ke wilayah lainnya. Jika kita menilik dari pengalaman Haja Ogi barusan, bisnis ini memang cukup menjanjikan, tapi bagaimana dengan modal yang diperlukan? Untuk modal saya rasa usaha jual kostum putri duyung ini masih bisa dibilang bisnis modal kecil. Mari kita pastikan kembali.

Modal

Alat Produksi Biaya
 Mesin jahit Rp 1.500.000
Peralatan menjahit (benang, jarum, gunting) Rp 100.000
Meteran Rp 10.000
Total Rp. 1.610.000

Biaya Oprasional

Bahan yang diperlukan Biaya
Kain jersey atau kain waffle Rp 1.000.000 (40 meter)
Cat kain Rp 300.000 (20 cat)
Plastik mika untuk sirip Rp 1.000.000 (8 rol plastik mika)
Manik-manik dan aksesoris Rp 600.000
Total Rp 3.900.000

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini dengan memproduksi sendiri adalah Rp 1.610.000 + Rp 3.900.000 = Rp 5.510.000. dari bahan yang dibeli Anda bisa membuat 48 baju putri duyung untuk anak-anak dengan kisaran usia 5-10 tahun. Jika satunya Anda jual harga yang paling mahal Rp 150.000 maka omzet perbulannya bisa menghasilkan Rp 7.200.000 atau keuntungan bersihnya sebesar Rp 3.300.000.

Dari perhitungan di atas apa Anda tertarik memulainya? Namun hitung-hitungan modal dan keuntungan ini masih perkiraan saja, kemungkinan bisa saja modal lebih dari perkiraan di atas karena beberapa faktor. Begitu juga dengan keuntungan, bisa kurang dari perhitungan dan bisa juga lebih. Nah, bagaimana sudah mendapatkan gambaran mengenai usaha ini? Selamat berusaha dan semoga sukses.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY