Bisnis Tas Handmade, Usaha Bermodalkan Kreativitas

Anda punya keahlian merajut? Bisnis tas handmade bisa jadi tempat bagi Anda yang ingin menyalurkan keahlian. Bisnis tas handmade banyak diminati dan tergolong ke dalam bisnis dibidang kreatif karena membutuhkan kreativitas untuk menghasilkan tas yang unik dan ekslusif.

Membuka usaha tas handmade sangat cocok bagi Anda yang memiliki kreativitas tinggi karena keseluruhan produksi, mulai dari pemilihan bahan hingga desain, semuanya bergantung pada Anda.

Baca Juga: Ingin Berbisnis Kreatif yang Tembus Pasar Global? Ini Dia 5 Marketplace Untuk Promosi

Peluang Bisnis Tas Handmade

Di tengah gembar-gembor tas bermerek nan mahal, tas handmade masih sangat diminati. Desainnya yang tidak pasaran membuat pelanggan tertarik untuk memilikinya. Selain itu, banyak juga usaha tas handmade yang memberikan sistem custom agar pelanggannya bisa membuat sendiri desain yang mereka inginkan.

Berdasarkan hal tersebut, peluang bisnis tas handmade masih sangat besar karena banyak masyarakat yang berminat untuk memakai tas handmade.

Strategi Pemasaran Tas Handmade

Bagaimana cara memasarkan tas handmade agar penjualan dapat meningkat? Berikut strategi-strateginya

Produk yang Bermutu

Pelanggan manapun pasti ingin membeli produk yang bermutu dan berkualitas tinggi. Jika Anda menjual produk yang baik, maka pelanggan Anda akan puas dan tidak sungkan untuk kembali lagi. Contohlah produk-produk tas dengan mutu dan kualitas yang baik.

Harga yang Bersaing

Pasanglah harga yang bersaing namun jangan sampai merugikan Anda. Lakukan perhitungan sesuai dengan modal yang Anda keluarkan agar bisa mendapatkan keuntungan yang sesuai.

Pasang Iklan Gratis

Dulu, memasang iklan merupakan suatu yang mustahil dilakukan bagi bisnis kecil dan bisnis pemula. Namun sekarang Anda tak perlu khawatir lagi karena telah banyak yang memberikan layanan iklan gratis seperti Facebook Ads. Anda bisa mempromosikan tas handmade yang Anda buat di Facebook Ads.

Pelayanan

Satu lagi strategi pemasaran yang paling penting, yaitu pelayanan. Berikan pelayanan yang baik untuk pelanggan. Bukan hanya strategi, pelayanan yang baik juga termasuk ke dalam sebuah promosi usaha.

Manfaatkan Media Sosial

Pengguna media sosial yang sangat banyak dapat Anda manfaatkan. Anda bisa membuat toko online di Instagram, Facebook atau Twitter. Media sosial terbilang praktis serta tidak membutuhkan banyak modal karena media sosial dapat diakses secara gratis.

Minta Review dari Pelanggan

Anda dapat meminta review dari pelanggan yang pernah membeli produk Anda. Tulis di Blog atau dengan cara merekamnya lalu upload di Youtube. Cara ini terbilang efektif karena semua orang bisa mengakses review produk Anda di Blog atau Youtube.

Bahan yang Bisa dijadikan Tas Handmade

Sama seperti tas pada umumnya, bisnis tas handmade juga bisa menggunakan berbagai macam bahan lainnya. Berikut beberapa jenis bahan yang bisa dijadikan sebagai tas handmade

Kain Perca

Siapa bilang bahwa kain sisa tidak bisa dijadikan tas cantik? Nyatanya, kain perca masih bisa dimanfaatkan. Kain perca juga lebih murah dan mudah ditemukan. Anda bisa mendapatkan kain perca di pabrik garmen ataupun tukang jahit.

Benang Rajut

Dilansir dari mayacrafts.asia. pada umumnya benang rajut memiliki diameter yang lebih besar dibanding benang jahit. Benang rajut bisa didapatkan dari serat tumbuhan seperti kapas dan rayon, serat hewan seperti domba dan onta, serta serat buatan.

Bahan Kanvas

Bahan kanvas terbuat dari bahan dasar katun yang dipadukan dengan linen. Kanvas memang umumnya digunakan untuk melukis. Namun ternyata bahan kanvas terbilang kuat dan akhirnya mulai dilirik untuk menjadi bahan pembuatan tas.

Baca Juga: 5 Tips Cara Cermat Kembangkan Usaha Tanpa Iklan

Bahan Denim atau Jeans

Anda pasti mengenal bahan denim atau jeans? Bahan yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan celana, ternyata bisa juga digunakan sebagai bahan pembuatan tas.

Bahan Beludru

Dilansir dari isi-dps.ac.id, bahan beludru atau yang dikenal dengan nama lain kain velvet. Tekstur bahan beludru ini sangat lembut karena terbuat dari sutra, rayon, dan nilon. Biasanya, tas handmade yang menggunakan bahan beludru memang harganya lebih mahal diibandingkan harga tas handmade dengan bahan lain.

Tips Menjual Tas Handmade dengan Instagram

Dilansir dari liputan6.com, aplikasi instagram menjadi salah satu pilihan favorit untuk berjualan, karena aplikasi Instagram mengutamakan foto dan video. Ditambah lagi, pengguna Instagram juga cukup banyak. Berikut tips menjual tas handmade di Instagram, yang dilansir dari liputan6.com

Buatlah Akun Instagram Khusus

Buatlah sebuah akun khusus untuk berjualan. Membuat akun khusus akan memudahkan Anda untuk menyasar target pasar dan memposisikan toko sesuai dengan karakter dan kelebihan yang ingin ditonjolkan.

Carilah Followers yang Banyak

Jika Anda memiliki followers yang banyak, maka yang melihat foto produk Anda juga akan banyak. Cara menambah followers diawal-awal pembuatan akun adalah dengan cara mem-follow akun Instagram yang sejenis dengan produk Anda.

Upload Banyak Foto dan Konten yang Menarik

Foto dan konten yang menarik akan membuat followers Anda tertarik dan ingin membeli. Tambahkan deskripsi atau caption yang sesuai dengan penjelasan yang lengkap mengenai produk yang dijual.

Edit Foto

Cara lain untuk menarik pelanggan adalah dengan cara mengedit foto agar lebih menarik dan jelas. Biasanya pelanggan akan tertarik dengan foto produk yang terlihat menarik dan bagus.

Baca Juga: Tips Cara Memilih Smartphone untuk Menunjang Bisnis Online

Gunakan Hastag yang Sesuai dan Menarik

Penggunaan hastag akan memudahkan orang untuk melihat produk Anda meski tidak mem-follow akun produk Anda. Jadi usahakan untuk selalu menyisipkan hastag disetiap deskripsi yang Anda buat.

Berikan Promo

Siapa yang tidak suka promo? Cara ini adalah yang paling cepat untuk menarik perhatian pembeli. Adakan promo di waktu tertentu untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Yang paling terpenting dari menjalankan bisnis tas handmade adalah Anda benar-benar harus berpikir secara kreatif. Ikuti trend yang sedang booming agar tas handmade buatan Anda selalu diminati.

SHARE

LEAVE A REPLY