Bisnis Rumahan Cokelat Homemade Cocok Jadi Pilihan Pengusaha yang Ingin Kerja di Rumah

usaha cokelat rumahan

Bisnis cokelat rumahan merupakan salah satu peluang usaha yang sangat cocok dilakukan oleh para pemula. Mengapa? Karena jika dibandingkan dengan bisnis lainnya, cemilan cokelat cukup mudah dibuat dan juga dijual. Permintaan akan makanan manis ini juga seakan tidak pernah sepi. Tidak heran, karena hampir semua kalangan baik tua, dewasa, remaja bahkan anak-anak dapat menikmatinya. Makanya selain mudah dijalankan, usaha ini pun berpotensi dapat meraup keuntungan yang besar. Apa lagi bila Anda bisa mengkreasikannya agar lebih menarik, usaha rumahan ini bisa jadi penghasilan utama Anda perbulannya.

Menyambut hari-hari besar biasanya cokelat dipilih oleh konsumen untuk disajikan ke tamu-tamu yang hadir. Tidak hanya itu, saat hari spesial, misalnya hari jadi atau hari kasih sayang (valentine) cokelat juga sering dijadikan pilihan. Nah, jika Anda ingin memulai usaha ini di rumah, terlebih dahulu mari ketahui apa itu cokelat dan cara mengolah cokelat batangan menjadi sajian yang manis dan nikamat.

Cokelat dihasilkan dari biji kakao di mana sebelum diolah rasanya pahit. Sebelum dibentuk menjadi bar atau batang, biji kakao difermentasi terlebih dahulu agar rasanya dapat diperoleh. Biji cokelat hasil fermentasi barusan kemudian dikeringkan dan disortir manual dengan tangan. Di tahap ini biji kopi akan dipilah-pilih berdasarkan berat dan jenisnya. Tidak cukup proses pengeringan, biji kakao dipanggan terlebih dahulu sampai aromanya terasa. Selepas dipanggang biasanya kulit kakao akan telepas dengan sendirinya, kemudian masuk ketahap grinding atau penggilingan sampai cair dan kental. Carian cokelat kental berupa pasata tersebut kemudian ditambah susu dan gula untuk menambah rasa. Dari pasata yang agak manis tersebut masuklah ke proses couching dan tempering. Pada tahap akhir cokelat dibentuk menjadi cocoa butter, cocoa powder dan dark chocolate yang dicetak dalam bentuk bar atau batangan.

Olahan Cokelat yang Unik untuk Usaha

Untuk memulai usaha ini, tidak hanya citra rasa saja yang perlu diperhatikan namun juga diperlukan kreativitas yang lebih agar lebih menarik perhatian konsumen. Misalnya dengan menyajikan ragam rasa unik di dalam cokelat yang dijual, seperti cokelat dengan rasa pedas, cokelat dodol, dan lainnya. Berikut ini ada beberapa macam kreasi cokelat yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk mulai usaha menjual cokelat.

Kue Cokelat Bola-bola

Bahan :

1 pak biscuit Regal Marie

2 saset susu kental manis cokelat

3sdm mentega cair

1 batang cokelat

1 bungkus milo

Meses secukupnya

Oreo secukupnya (ditumbuk)

Cara pembuatannya:

Tumbuk terlebih dahulu biscuit sampai halus dan masukan susu kental manis cokelat dan 3 sdm mentega cair ke dalam tumbukan biscuit. Haduk sampai tercampur sampai adonan terasa padat dan bisa dibentuk menjadi bola-bola. Jika belum terasa padat bisa tambahkan sedikit susu kental manis. Kemudian bentuk adonan menjadi bulat-bulat lalu pisahkan di piring atau wadah berbeda. Langkah selanjutnya, lelehkan 1 batang cokelat sampai kental. Selanjutnya, celupkan bola-bola biscuit tadi ke dalam lelehan cokelat.  Tiriskan, dan lapisi lagi dengan tumbukan oreo meses, milo.

Baca peluang lain : Usaha es Krim Cone dengan mesin es krim

Cokelat Dodol

Pada umunya dodol dengan rasa cokelat, namun ini berbeda. Dodol dijadikan isian di dalam cokelat, biasa disebut dengan chocodot. Sajian ini sudah sangat terkenal di Garut. Bagaimana cara membuatnya?

Bahan:

200 grm cokelat compound

5 batang dodol garut atau boleh apa saja

Cara membuatnya:

Pertama potong-potong cokelat terlebih dahulu dan masukan ke dalam mangkuk. Panaskan panci berisi air, dan lelehkan cokelat yang sudah dipotong menggunakan mangkuknya. Cara pelelehan ini agar cokelat tidak gosong. Gunakan api sedang saat proses pelelehan. Lalu tuangkan cokelat lelehan ke cetakan cokelat dan dinginkan terlebih dahulu di dalam lemari es. Langkah berikutnya adalah memasukan isian yaitu dodol ke dalam adonan cokelat yang sudah dibekukan tapi. Namun terlebih dahulu, potong kecil-kecil dodol yang ingin dijadikan isian. Jika sudah letakan pas di tengah-tengah cokelat dan beri lapisan cokelat diatasnya kembali sampai benar-benar tertutup. Terakhir dinginkan kembali cokelat, setelah mengeras baru dikeluarkan dan dikemas.

Choco Lava Cake

Bahan:

2 sdm tepung terigu

2 sdm cokelat bubuk

2 butir telur

2sdm gula pasir

2 sdm margarin

1 scaset susu kental manis cokelat

100 gram dark choco

Cara membuatnya:

Lelehkan dark cokelat dan mentega dengan menggunakan mangkuk di atas air yang mendidih. Di wadah yang lain, kocok telur dan gula sampai mengembang, kemudian masukan tepung terigu dan cokelat bubuk sambil diayak lalu diaduk hingga rata. Masukan susu kental manis ke dalam adonan tepung terigu tadi yang sudah dicampurkan. Bila sudah tercampur rata, campurkan kembali dnegan cokelat dan margarin yang sudah dilelehkan kemudian aduk. Jika sudah tercampur, tuang ke cetakan yang sudah diolesi dengan mentega dan tepung terigu agar donan tidak lengket di cetakan. Kukus adonan selama 6 atau 7 menit. Bila sudah choco lava bisa disajikan atau dikemas kedalam kotak kue.

Cokelat Pedas

Bosan dengan yang manis? Anda juga bisa mencoba cokelat dengan citra rasa cabai yang pedas. Salahuddin salah satu pembuat cokelat bercita rasa pedas dari Palu ini mengungkapkan bahwa rasa baru ini diterima oleh masyarakat palu meskipun cukup aneh dilidah. Tidak hanya ditambah dengan cabai, cokelat yang ia juga menambahkan jahe yang ditumbuk halus dan dijadikan bubuk kemudian dicampur dengan cokelat. Sajian coklat pedas ini sangat cocok dinikmati pada cuaca hujan atau mendung karena bisa menghangatkan badan.

Bahan:

Cabai merah ½ ons ayau sesuai selera

240 gram fresh cream

1 ons kacang mete atau kacang biasa

2 ruas Jahe

Cara membuatnya:

Pertama lelehkan coklat batang dengan menggunakan mangkuk diatas air mendidih. Bila sudah, oleskan coklay yang telah dilelehkan dengan menggunakan kuas pada cetakan dan diamkan selama beberapa menit sampai coklat dingin. Sambil menunggu coklat dingin Anda bisa membuat isian di dalam coklat dengan menghaluskan kacang mete atau kacang lainnya dengan cabai. Setelah itu, masukan halusan kacang dan cabai ke dalam lelehan cokelat dan aduk hingga tercampur. Bila sudah tuangkan adonan ke dalam cetakan yang sebelumnya sudah diolesi dengan coklat sebelumnya. Setelah itu masukan kedalam lemari pendingin, tunggu sampai coklat mengeras.

Analisa Usaha Coklat Rumahan

Setiap bisnis pasti memerlukan modal sebelum dijalankan, begitu juga dengan usaha coklat rumahan. Namun modal usaha yang satu ini terbilang tidak sampai menguras isi kontong Anda karena dari bahan-bahan dan peralatannya tidak lah mahal. berikut ini kami juga memberikan perkiraan modal yang perlu Anda siapkan serta keuntungan perbulan yang bisa Anda hasilkan. Pada analisa usaha coklat ini kami

Modal Awal

Peralatan Biaya
Cetakan cokelat Rp 500.000
Panci Rp 100.000
Toples Rp 500.000
Lain-lain Rp 400.000
Rp 1.500.000

Perkiraan Biaya Oprasional

Bahan-bahan Biaya
Dark Chocolate Rp 50.000 x 20 = Rp 1.000.000 (4 cokelat)
Bahan Baku
Isian coklat Rp 300.000
Pewarna Rp 10.000
Kemasan Rp 60.000
Rp 1.370.000

Keuntungan

Dengan menggunakan 1 batang cokelat, Anda bisa membuat  cokelat berarti sekali produksi Anda bisa menghasilkan 80 cokelat (1 cokelat 250 gram) dengan berbagai varian rasa, dan satu cokelat Anda jual Rp 25.000 perbatang. Pemberian harga ini bisa disesuaikan dengan biaya pembuatan. Jadi bila semua coklat terjual Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar:

80 x Rp 25.000 = Rp 2.000.000.

Keuntungan bersih yang bisa Anda dapatkan Rp 2.000.000 – Rp 1.370.000 = Rp 630.000. Keuntungan ini untuk satu kali produksi. Jika dalam 1 hari 80 cokelat habis terjual, maka kemungkinan dalam satu bulan Anda bisa mencetak kuntungan bersih sebesar Rp 18.900.00.

Strategi Memulai Usaha Cokelat Rumahan

Merintis usaha itu susah-susah gampang, tidak terkecuali usaha cokelat. Meskipun banyak peminatnya, tapi karena itu juga persaingannya lebih ketat. Oleh karena itu, agar usaha rumahan ini bisa berjalan dengan lancar dan Anda bisa memperoleh banyak pelanggan, mulailah dengan menyusun strategi pemasaran yang baik. Nah, bagaimana caranya?

Mulai cari tahu sajian cokelat yang unik

Selain ide-ide sajian cokelat di atas sebenarnya masih banyak sajian cokelat lainnya yang bisa Anda tentukan untuk usaha Anda. Maka dari itu, sering-seringlah bereksperimen. Sering wisata kuliner juga bisa membantu Anda menemukan ide menu yang cocok untuk usaha coklat Anda.

Nomor satukan cita rasa

Unik saja tidak cukup bila tidak dibarengi dengan rasa yang membuat orang ketagihan. Anda juga bisa memberikan rasa lain sehingga dapat membedakan cokelat buatan Anda dengan lainnya tapi tetap enak dikonsumsi.

Gunakan kemasan yang menarik dan cocok untuk produk

Kemasan adalah interprtasi dari produk itu sendiri. Di mana konsumen biasanya dapat menilai salah satu produk dengan hanya melihat kemasanannya saja. Misalnya kripik singkong Maicih, dengan hanya melihat kemasannya saja konsumen sudah tahu bahwa itu adalah kripik singkong pedas. Karena pemilihan warna kemasan yang tepat dan juga informasi produk ada di kemasan itu. Dan yang tak kalah penting, Anda juga perlu menghadirkan sesuatu yang menarik pada kemasan Anda. Dengan begitu, bisa dipastikan konsumen akan tertarik membeli produk Anda.

Manfaatkan event pameran atau bazar untuk pemasaran

Untuk memperkenalkan bisnis rumahan yang Anda jalankan ini, Anda bisa menggunakan strategi pemasaran pameran atau bazar. Cara ini cukup efektif jika Anda baru menjajaki dunia bisnis karena setiap event pasti memiliki segmen khusus sehingga pengunjungnya berpotensi menjadi penikmat produk Anda.

Tawarkan teaster produk

Untuk meyakinkan konsumen bahwa coklat buatan Anda memiliki rasa yang berbeda dari produk cokelat lainnya, Anda juga bisa menawarkan teaster produk terlebih dahulu. Bila konsumen puas dengan produk yang Anda tawarkan dapat dipastikan mereka akan kembali lagi dengan pesanan lainnya bahkan dengan calon pembeli.

Gunakan internet untuk pemasaran

Teknologi internet juga bisa digunakan untuk memperkenalkan produk kreasi cokelat Anda sampai ke seluruh daerah di Indonesia bahkan dunia. Bukan hanya dengan memanfaatkan sosial media, Anda juga bisa memnafatkan platform lainnya seperti website atau blog dan juga marketplace online.

Anda juga bisa coba menerima pesanan

Bila percobaan pertama kurang mendapatkan respons, ketimbang harus memproduksi lagi, lebih baik coba tawarkan jasa pembuatan cokelat untuk orang terdekat atau pelanggan Anda. Order pesanan biasanya tidak setiap hari namun juga menguntungkan karena pembuatan cokelat sesuai dengan permintaan jadi tidak Anda cokelat yang terbuang. Selain itu, pembelian bahan bakunya juga akan lebih murah.

Jual cokelat buatan Anda ke toko atau gerai

Anda bisa coba menitipkan cokelat buatan Anda ke beberapa gerai atau toko di sekitar tempat tinggal Anda. Cara ini sangat efektif untuk memperkenalkan produk Anda, selain itu juga dapat dengan mudah dilihat oleh calon konsumen Anda. Namun cara ini, bisa optimal jika Anda membarenginya dengan kemasan dan produk yang unik.

LEAVE A REPLY