Mengetahui Seluk-Beluk Bisnis MLM Online. Merugikan atau Menguntungkan?

Pengguna internet meningkat, Bisnis MLM online mulai bermunculan. Bisnis MLM atau yang dikenal dengan Multi Level Marketing adalah sebuah model network marketing atau pemasaran di dalam jaringan yang sistemnya berbeda dengan bisnis konvensional. Anda pasti sering mendengar atau sudah tahu cara kerja MLM. Dalam bisnis ini tenaga penjual atau sales tidak hanya mendapatkan kompensasi atau penjualan yang mereka hasilkan, tetapi juga atas hasil penjualan sales lain yang direkrut. Sales yang direkrut tersebut dikenal dengan anggota “downline”. Dengan cara seperti ini membuat proses penjualan menjadi lebih efektif karena tidak membutuhkan biaya tambahan pada proses distribusi barang yang dijual.

Meski dinilai efektif untuk pemasaran namun sayangnya image atau pandangan orang akan bisnis satu ini selalu negatif. Masih banyak orang yang menganggap bahwa bisnis MLM adalah bisnis yang hanya menguntungkan satu orang saja dan bahkan ada yang menyebutnya permainan uang (money game). Pemikiran ini ada disebabkan karena suatu perusahaan MLM yang tidak baik manajemennya dan juga individu pelaku bisnisnya.

Umumnya, untuk merekrut seorang downline, seorang leader harus memiliki kelebihan komunikasi yang baik, dalam artian mereka harus bisa pintar dalam berbicara dan menyampaikan sesuatu. Nah inilah yang jadi persolan, pasalnya banyak di antara mereka yang berlebihan agar orang yang mereka prospek tertarik dengan apa yang ditawarkan. Setelah bergabung, mereka tidak merasakan sesuai dengan apa yang dijabarkan seorang leader yang merekrut mereka. Sehingga hal tersebutlah yang membentuk pola pikir negatif masyarakat akan bisnis MLM.

Baca  juga : Tren Bisnis Online 2018 yang Bisa Anda Mulai Sekarang Juga!

Lalu pertanyaannya apakah bisnis MLM ini aman dijalankan atau tidak? Tentu aman, tetapi Anda pun tetap perlu waspada agar tidak jadi korban penipuan. Caranya, pastikan kalau perusahaan yang menggunakan metode pemasaran ini jelas dan memiliki legalitas dan memiliki produk yang ingin dijual, baik itu produk fisik maupun digital. Bila ternyata perusahaan tersebut tidak memiliki produk atau tidak jelas produknya apa, maka Anda sudah sepatutnya curiga.

Selain itu, Anda juga harus tahu mekanisme bisnisnya. Pada dasarnya semua perusahaan MLM yang terpercaya memiliki cara kerja bisnis yang serupa, yaitu seperti berikut:

  • Calon anggota yang baru ingin mendaftar diwajibkan mengeluarkan sejumlah dana untuk pendaftaran. Dari biaya ini calon anggota akan mendapatkan produk dan buku serta katalog produk yang akan di jual.
  • Anggota baru akan mendaptkan pelatihan mulai dari motivasi hingga cara pemasaran.
  • Kemudian setelah menuntaskan pelatihan, anggota baru diminta untuk menjual beberapa jumlah produk. Setiap adanya pembelian produk biasanya akan ada bonus penjualan yang didapatkan anggota.
  • Dan untuk mendapatkan bonus tambahan anggota harus mencari downline baru.

Regulasi Bisnis MLM di Indonesia

Selain produk yang jelas, untuk mengetahui terpercaya atau tidaknya perusahaan MLM adalah dari legalitas usahanya. Perusahaan MLM yang legal harus memiliki izin resmi, seperti SIUPL (Surat Izin Usaha Penjualan Langsung) yang diterbitkan oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) yang merupakan instansi pemerintah untuk perusahaan yang menjalankan sistem direct selling/pemasaran berjenjang MLM. Izin usaha MLM ini sudah diatur di dalam Keputusan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 4/I/SIUPLS/PMDN/2012.

Beli asuransi :

Setiap perusahaan MLM di Indonesia harus memiliki SIUPL dan SIUP. Selain itu, untuk membuktikan amannya perusahaan tersebut bisa dilihat apakah perusahaannya terdaftar sebagai anggota Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI). Ini adalah suatu organisasi yang merupakan wadah persatuan dan kesatuan tempat berhimpun para perusahaan penjualan langsung (direct selling), termasuk perusahaan yang pemasarannya menggunakan metode Multi Level Marketing.

Namun hal itu bukan hal yang harus dimiliki perusahaan MLM, asal sudah memiliki SIUP dan SIUPL sudah cukup menjamin bahwa bisnis MLM-nya terpercaya. Namun ada keuntungan lebih apabila perusahaan terdaftar sebagai anggota APLI, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Membuktikan perusahaan itu resmi dan legal yang telah diakui pemerintah RI.
  • Teruji kekuatan finansial perusahaan untuk bisnis jangka panjang.
  • Produknya aman dan legal.
  • Terbukti bukan money game.
  • Bisa menjadi indikator sederhana untuk mengetahui legalitas perusahaan
  • Marketing plan-nya teruji legal dan tidak merugikan distributor serta perusahaan.

Bagaimana Bisnis MLM Online? Apakah Aman? Ciri-ciri Money Game Berkedok MLM

Seiring perkembangan teknologi, bisnis MLM pun juga ikut merambah ke dunia maya. Bisnis MLM via online mulai bermunculan dan menawarkan kesempatan sukses berisnis MLM tanpa harus ketemu dengan calon prospek, tidak perlu follow up sendiri, tidak perlu ada presentasi bisnis dan lain-lain. Kalau seperti itu prosesnya apa yang ada dipikiran Anda? Pasti Anda tidak akan langsung cepat percaya bukan? Kadang dengan cara perekrutan bertatap muka saja berisiko, apa lagi kalau secara online.

Untuk itu, bila Anda tertarik dengan model bisnis ini Anda perlu memahami bagaimana bisnis MLM online yang terpercaya. Sehingga dana yang Anda investasikan untuk mendaftarkan diri sebagai anggota bisnis MLM online tidak sia-sia. Berikut ini tips yang perlu Anda ketahui agar bisa membedakan apakah model bisnisnya termasuk money game atau tidak.

Investasi awal yang besar untuk pendaftaran

Pada umumnya untuk mendaftar sebagai anggota, calon anggota Anda akan diminta untuk membeli produk mereka. Besarnya biaya yang dikeluarkan biasanya sesuai dengan harga dan jumlah produk yang ingin dibeli. Jadi, jika ada perusahaan MLM yang meminta calon anggota untuk membeli dan membayar biaya pendaftaran dengan nominal yang besar, hal ini patut dicurigai. Jika memang biaya pendaftarnnya mahal, Anda perlu tahu apa saja yang Anda dapatkan dengan biaya sebesar itu.

Lebih fokus dalam investasi dana daripada menjual barang

Dalam bisnis money game berkedok MLM, Anda hanya perlu menginvestasikan sejumlah dana dengan iming return yang cukup besar asalkan Anda mampu merekrut otang-orang baru. Walaupun begitu, Anda tetap harus menjual produk, namun bedanya produk yang dijual itu tidak jelas dan tidak memiliki mutu. Jadi, di sini perusahaan mengambil untung dari biaya pendaftaran dibandingkan menjual produk.

Perusahaan meminta anggotanya untuk memperbanyak Member

Karena keuntungan yang diperoleh dari biaya pendaftaran, perusahaan lebih menekankan pada perekrutan member. berbeda dengan MLM yang bayaran dan bonus yang diterima sesuai dengan kerja keras yang dilakukan anggota dalam menjual produk-produk. Jadi semakin banyak downline-nya, maka semakin tinggi keuntungan yang bisa didapatkan.

Tidak melalui pelatihan

MLM penipuan tidak ada pelatihan melainkan anggota hanya diberi motivasi untuk menjadi member yang loyal. Lain halnya dengan bisnis MLM, Tentu saja akan ada beberapa seminar motivasi dan pelatihan untuk meningkatkan keahlian dalam memasarkan produk.

Tidak tergabung dengan Asosiasi Penjualan Langusng Indonesia (APLI)

Sudah sepatutnya kalau bisnis yang jelas berbasis MLM tergabung ke dalam komunitas APLI dan memiliki surat izin usaha yang jelas untuk membuktikan legalitas usaha. Nah, selain keempat hal yang telah disebutkan di atas, kredibilitas usaha juga termasuk hal yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin bergabung dengan perusahaan dengan konsep MLM. Jika memang bisnis tersebut benar-benar MLM terpercaya dan bukan sekedar money game, mereka bisanya memberikan bukti kredibilitas usaha di situsnya.

Jika Anda ingin coba bergabung di bisnis online MLM, berikut ini beberapa bisnis dengan sistem MLM yang banyak diminati.

Oriflame

Merupakan salah satu perusahaan yang mengambungkan metode MLM dan direct selling yang menawarkan produk kecantikan dan kosmetik. Di mana mereka menjual produk dan merekrut anggota agar penjualan lebih besar. Bagi orang yang telah bergabung dan menjadi konsultan Oriflame, akan ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan anggota, salah satunya adalah bonus produk pilihan dengan harga tertentu.

Selain itu, anggota atau member juga diminta untuk mengajak anggota baru agar bisa mendapatkan bonus lainnya. Semakin banyaknya anggota yang direkrut maka reward yang akan didapatkan bisa lebih besar. Bahkan ada anggota yang berhasil dapatkan reward jalan-jalan keluar negeri dengan mengumpulkan anggota dan poin penjualan.

Tupperware

Tupperware adalah sebuah brand yang menawarkan bisnis direct selling dan juga MLM. Di sini semua orang bisa menjadi member dari Tupperware dan menikmati keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Produk yang ditawarkan Tupperware sendiri adalah perkakas rumah tangga dari bahan plastik berkualitas tinggi. Produknya telah banyak digunakan oleh masyarkat karena kualitasnya, sebut saja seperti tempat makan, tempat kue, dan tempat minum.

Tupperware juga memberikan jenjang karier yang berpotensi. Jadi Anda tidak akan jadi reseller saja, tapi akan terus meningkat seiring dengan performa Anda. Jenjang karier Tupperware terdiri dari 6 tingkat, yaitu Consultant, Team Captain, Manager, Group Manager, Authorized Group Manager (AGM), kemudian terakhir baru Distributor.

Sophie Martin

Didirikan di bawah perusahaan Sophie Martin Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Sophie Paris dengan konsep bisnis multi level marketing. Perusahaan ini sudah beroprasi di Indonesia sejak 1994 dan menawarkan produk fashion dan kosmetik. Ada dua level member yang dimiliki Sohpie Martin, yaitu Presiden dan Frenchice.

Anda berniat untuk jadi member Sophie Martin? Anda bisa daftarkan diri langsung secara online di situs Sophie Paris Indonesia. Bila sudah daftar lakukan konfirmasi atau validasi e-e-mail dan dapatkan electronic Buy the Strater Kit (eBSK) yang bisa diunduh dari situs Sophie Paris Indonesia.

Amway

Sudah berdiri sejak 1993, Amway tetap menjadi pilihan banyak orang yang ingin coba bisnis dengan konsep MLM. Produk yang dijual Amway meliputi produk pembersih rumah, kecantikan dan kesehatan, nutrisi, alat-alat rumah tangga, asuransi, pelumas, bahkan produk pengolahan air sehat. Untuk menjadi anggota, ada biaya pendaftaran yang akan ditanggung oleh renewal setiap tahunnya.

Bisnis ini sampai sekarang terbukti menguntungkan, bahkan ada yang sudah sukses ke level diamond. Hal yang menariknya lagi, produk-produk yang ditawarkan benar-benar berkualitas dan ada bonus performance bulanan yang bisa didapatkan oleh member berkisar 3% sampai 25% dari volume bisnis tergantung dari produktivitas bulanan Anda.

Nu Skin

Siapa yang sudah tau bahwa brand kecantikan yang sedang ramai jadi pembicaraan kaum wanita ini ternyata bersal dari Amerika Serikat? Nu Skin menyediakan produk kecantikan yang berkualitas, salah satunya adalah peralatan dan cream anti-aging yang cukup laris di pasaran.

Sementara member-member Nu Skin, ada banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh, dari harga produk yang lebih murah hingga komisi langsung dari Nu Skin untuk setiap pembelian produk oleh member yang Anda sponsori. Untuk menjadi anggota dari Nu Skin Indonesia, Anda akan dikenakan investasi awal sebesar Rp 350 ribu atau membeli produk Nu Skin dengan poin minimal 50 PSV.

K-Link

K-Link merupakan salah satu perusahaan direct selling yang juga cukup terkenal di Indonesia. Pusat Stockist K-link sudah hampir di setiap kota besar di Indonesia dan beberapa di luar negeri. K-Link mengklaim bahwa bisnis ini bisa dimulai dengan modal awal yang kecil namun memiliki potensi keuntungan yang besar. Hal ini dapat memungkinkan karena K-Link sudah memiliki pasar sendiri dan konsumen yang loyal.  Setiap anggota memiliki upline yang akan memberikan pendampingan, pelatihan, dan mendukung pendatang baru.

Harmoni Dinamik Indonesia (HDI)

Didirikan tahun 1993, HDI dan peluang bisnisnya menarik banyak masyarakat.  Saat ini HDI mulai berkembang dengan banyaknya stokes/depo yang tersebar di seluruh Indonesia. HDI menawarkan produk unggulan seperti perwatan tubuh, obat nutrisi, dan produk kecantikan. Untuk mengapresiasi distributor dan anggotanya, HDI memberikan cukup banyak reward. Bila Anda tertarik untuk bergabung, bisa kunjungi website resmi Harmoni Dinamik Indonesia.

HPAIndonesia

Perusahaan dengan konsep MLM online berikutnya adalah Herba Penawar Alwahida Indonesia atau yang dikenal dengan HPAI. Ini adalah salah satu bisnis network yang fokus memasarkan produk-produk herbal dan bersyariah Islam. Selain itu, bisnis ini menjanjikan keuntungan langsung sebesar 20-30 % bagi setiap produk berdasarkan harga anggota.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY