Bisnis Kuliner Warunk Upnormal Bawa Mie Instan Naik Kelas dari Sajian Warkop Ke Kafe

Sajian mie instan lengkap dengan kornet, sayur, dan telur rebus biasanya hanya bisa kita nikmati di warung kopi di pinggir jalan. Namun kini sajian ini naik pangkat seiring dengan hadirnya Warunk Upnormal. Bagi Anda yang tidak tahu apa itu Upnormal, ini adalah tempat makan yang memplopori sajian mie instan dengan citra rasa yang ‘Upnormal’ alias tidak biasa dan tentunya disajikan dengan lebih berkelas agar dapat menarik semua kalangan masyarakat.

Warunk Upnormal ini pertama kali didirikan di Bandung, tepatnya di jalan Suci, Bandung pada tahun 2014 lalu. Warunk Upnormal sendiri merupakan sister company dari Nasi Goreng Mafia dan Bakso Boedjangan yang dipayungi oleh PT Citarasa Prima Indonesia. Mengikuti jejak usaha sebelumnya Nasi Goreng Mafia, Warunk Upnormal juga menghasilkan keuntungan besar. Ini bisa dilihat dari banyaknya pengujung tempat makan ini, bahkan sangking banyaknya hampir disetiap gerai Warunk Upnormal banyak pengunjung yang rela menunggu dalam waktu yang lama hanya untuk menikmati menu yang ditawarkan oleh Upnormal.

Melihat respons dari masyarakat kemudian Upnormal dikembangkan dengan membuka beberapa cabang di kota lain. Untuk itu, tidak hanya di Bandung saja, Upnormal juga sudah berdiri di berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Palembang, Tanggerang, Yogyakarta, Semarang, Malang, Banten, dan daerah lainnya. Totalnya Upnormal sudah memiliki kurang lebih 33 cabang di berbagai kota tersebut.

Kreasi Sajian “Aneh” dan Murah Adalah Daya Tarik Upnormal

Awalnya konsep Warunk Upnormal sendiri sama seperti warung kopi dan indomie di Bandung lainnya. Namun yang membuatnya berbeda adalah bagaimana mereka menajikan menunya. Mengusung konsep yang tidak biasa, Upnormal menawarkan berbagai pilihan menu mie instan yang berbeda dari biasanya.

Menu nasi di Warunk Upnormal

Contohnya Indomie Saus Keju, adalah sajian mie instan yang bukan hanya diberi tambahan parutan keju sebagai topping, tapi menggunakan saus keju yang meleleh di dalamnya sehingga mie menjadi lebih gurih saat di kunyah. Ada juga Indomie Gokil untuk pengunjung yang menyukai citra rasa pedas. Di mana mie instan disajikan dengan tambahan kikil yang dipotong kotak-kotak dan tipis, serta olahan sambal hijau special yang pedas.

Selain mie, Warunk upnormal juga menyediakan menu lainnya yang dapat menggugah selera para pengunjung. Untuk menu yang berat, tersaji menu nasi dengan berbagai lauk seperti nasi kulit sambal domba membara, nasi ayam saus telor asin, nasi ikan makarel, nasi goreng kambing muda, nasi wagyu masak cabai hijau dan lainnya.

Sedangkan untuk cemilan, juga ada roti bakar dengan aneka topping, sperti coklat, keju, green tea, dan pisang bakar keju dengan tambahan gula merah. Untuk menu roti bakar yang paling banyak dipesan oleh pengujung biasanya adalah roti bakar green tea with ice cream. Anda bisa menikmati sensasi roti dengan bubuk green tea ditambah dnegan susu kental manis dan ice cream.

Tentu tidak akan lengkap jika kita hanya membahas tentang makannnya saja, menu minumen yang segar juga ditawarkan di Upnormal seperti soda pisang susu, ice café latte dan upnormal latte drink. Untuk minuman kopi, Upnormal menggunakan biji kopi terbaik yaitu kopi Gayo Aceh yang diolah dalam berbagai pilihan kopi. Kisaran menu-menu yang ditawarkan Upnormal mulai dari Rp 12 ribu hingga Rp 40 ribu. Harga ini tentunya mereka sesuaikan dengan target konsumen mereka, yaitu anak muda.

Tidak hanya sajiannya yang menjadikan tempat ini menjadi lokasi yang diburu oleh anak muda, tetapi juga tempatnya yang cocok jadi tempat nongkrong favorit anak-anak muda. Hal ini karena pengujung bisa menikmati fasilitas internet gratis dan bermain permainan kartu atau Uno. Dengan begitu dapat dipastikan konsumen akan betah berlama-lama di sana dan akan datang kembali untuk berkumpul bersama teman.

Warunk Upnormal Tawarkan Kemitraan

Ungkap Rex Marindo salah satu owner Warunk Upnormal mengatakan dari satu gerai, rata-rata konsumen yang datang dan beli bisa menyajikan 300-500 porsi. Bahkan pada akhir pekan jumlah tersebut sampai membengkak. Ini berarti omzet yang dihasilkan tidak tanggung-tanggung. Benar saja, Rex menambahkan seharinya omzet yang dihasilkan bisa mencapai Rp 10 juta atau Rp 300 juta perbulan.

Sehingga Upnormal membuka kesempatan bagi para para pengusaha yang memiliki komitmen untuk berkembang bersama Upnormal. Tujuan Upnormal mewarlabakan usahanya, agar bisa merambah dan terus menambah orang yang menyukai Warunk Upnormal. Di kutip dari website Upnormal, meraka menawarkan biaya kemitraan dengan total investasi sebesar 2.5 sampai 3.5 M, mitra bisa membuka usaha Upnormal yang perkiraan balik modal sekitar 1.5 sampai 2.5 tahun.

Tidak hanya untuk mitra usaha, Upnormal juga menerima bentuk kerjasama lainnya,baik dalam hal partnership, menjadi sponsor, hingga penawaran sebagai pemasok. Sejauh ini sudah ada beberapa nama perusahaan besar yang sudah bekerja sama dengan mereka, seperti Telkomsel, Mandiri, FunRun, Unpad Fair, dan sebagainya.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY