Niat Bisnis di Bulan Ramadhan? Ini Ide Usaha Kreatif di Bulan Puasa

Bisnis di bulan Ramadhan memang selalu menjadi incaran para pelaku bisnis. Baik pelaku bisnis yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis maupun pelaku usaha yang baru saja memulai usahanya.

Kebutuhan masyarakat yang meningkat selama bulan Ramadhan dipengaruhi oleh pola pikir konsumsi yang sangat tinggi, sehingga membuat banyak orang tergerak untuk membuka usaha. Usaha yang dibuat pun bergerak di banyak bidang.

Baca Juga : Peluang Usaha Saat Bulan Ramadhan Hingga Lebaran

Jika Anda ingin membuka usaha di bulan Ramadhan, ada baiknya jika membuka usaha yang terkesan unik dan tidak banyak ditemui di pasaran. Hal tersebut dilakukan agar Anda memiliki pangsa pasar yang lebih besar serta mempersempit persaingan. Berikut beberapa bisnis kreatif yang bisa Anda jalankan di bulan Ramadhan

Pembuatan Parsel

Parsel merupakan salah satu barang yang biasa ditunggu saat menjelang hari lebaran. Pembuatan parsel bisa Anda jadikan peluang usaha, karena saat bulan Ramadhan permintaan masyarakat akan parsel menjadi meningkat.

Disinilah kreatifitas Anda diasah. Anda bisa membuat parsel dengan isi dan bentuk yang berbeda dengan parsel pada umumnya. Namun jangan lupa untuk selalu meminta pendapat pelanggan Anda, karena biasanya pembeli parsel akan meminta isian parsel yang sesuai dengan selera mereka.

Untuk masalah harga, Anda bisa mematok harga berdasarkan ukuran dan isi parsel yang dipesan. Biasanya, parsel diisi dengan makanan atau peralatan makan seperti cangkir dan piring. Untuk peralatan makan, Anda bisa mematok harga tinggi karena mengingat modal yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Buatlah bentuk parsel yang unik dengan berkreasi melalui bentuk atau pun menambahkan hiasan-hiasan yang tidak biasa pada parsel. Hal tersebut akan membuat parsel Anda semakin memiliki daya tarik untuk dibeli.

Kartu Ucapan Bulan Ramadhan dan Lebaran

Meski terlihat kuno, kartu ucapan bulan Ramadhan dan Lebaran masih banyak dicari masyarakat. Biasanya kartu ucapan dikirimkan untuk keluarga dan juga rekan bisnis.

Anda bisa membuat kartu ucapan yang bisa Anda desain sendiri, atau dengan menggunakan barang-barang bekas sebagai bahannya. Biasanya, penggunaan barang bekas lebih diminati karena memberikan kesan yang unik.

Tak hanya itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan para pembuat parsel untuk menyisipkan kartu ucapan Anda ke dalam parsel yang mereka buat. Untuk masalah harga, Anda bisa menyesuaikannya dengan bahan dan tingkat kesulitan kartu ucapan yang dibuat.

Busana dan Hijab Hasil Desain Sendiri

Bagi Anda yang memiliki bakat dalam mendesain baju, tak ada salahnya jika Anda membuat baju muslim dan hijab yang didesain sendiri. Anda bisa meminta pendapat pelanggan yang ingin dibuatkan baju sesuai dengan permintaanya.

Keunggulan membuat busana dengan desain sendiri adalah Anda tidak akan menemukan desain yang sama di pasaran, kecuali jika Anda membuatnya dalam jumlah banyak.

Penjualannya bisa Anda lakukan secara online melalui media sosial atau dengan menawarkan kepada kerabat terdekat terlebih dahulu. Gunakan sistem pesan berdasarkan order untuk menimalisir kerugian dan kemungkinan pembatalan yang dilakukan oleh pelanggan.

Kue Kering dengan Kemasan Unik

Kue kering sudah menjadi makanan wajib yang harus ada disetiap perayaan hari besar termasuk juga lebaran. Pada umumnya, kue lebaran memang berbentuk itu-itu saja. Anda bisa mencari jalan lain agar kue lebaran Anda diminati.

Misalnya saja dengan cara membuat kemasan yang unik dan tidak pasaran. Jika biasanya kemasan kue kering menggunakan toples berbahan plastik, Anda bisa menggantinya dengan kemasan kaleng yang didesain khusus atau toples kaca yang bentuknya mirip dengan gelas.

Daftar Juga : Kursus Roti dan Kue Di Jakarta, Murah dan Bersertifikat

Catering Unik

Usaha catering makanan dibulan Ramadhan tetaplah memiliki peluang yang besar karena masyarakat tetap membutuhkan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. Buatlah catering dengan menu sehat atau dengan membuat bentuk karakter unik pada catering.

Menu sehat bisa Anda terapkan pada catering mengingat kebutuhan masyarakat akan makanan sehat di bulan Ramadhan sangatlah meningkat. Jangan lupa untuk membuat bentuk yang unik agar catering Anda memiliki kesan yang menarik.

Strategi Agar Bisnis di Bulan Ramadhan Semakin diminati

Sama halnya dengan menjual produk dibulan lain, menjual produk dibulan puasa juga memerlukan cara-cara yang tepat agar usaha Anda semakin diminati. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan agar usaha Anda laris dipasaran

Tentukan Produk yang Ingin dijual

Tentukan terlebih dahulu produk apa yang ingin Anda jual. Dikarenakan Anda akan membuka usaha di bulan Ramadhan, maka usahakanlah untuk membuka usaha yang pas dijalankan saat bulan Ramadhan.

Eksperimen dengan kualitas produk

Buatlah percobaan dengan kualitas produk yang Anda jual. Apalagi jika produk yang Anda jual adalah makanan. Pastikan terlebih dahulu makanan yang Anda jual tidak akan mengecewakan pelanggan.

Tidak harus membaca resep secara baku, Anda bisa mencari resep sederhana di internet ataupun aplikasi memasak yang menyediakan berbagai macam resep.

Tentukan Harga yang Kompetitif

Buat harga berdasarkan berapa banyak modal yang Anda keluarkan. Terapkan harga yang kompetitif dengan pesaing. Membuat harga yang terlalu mahal hanya akan membuat Anda kehilangan pembeli, sedangkan memasang harga yang terlalu murah bisa saja membuat Anda menjadi rugi. Jadi, sesusaikan dengan kebutuhan dan pengeluaran Anda dalam berbisnis.

Lokasi

Lokasi yang ramai dan banyak dilalui oleh banyak orang akan membuat usaha Anda memiliki banyak pelanggan. Terutama jika produk yang Anda jual adalah makanan.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Menggunakan Sosial Media

Kecepatan Penyajian

Saat bulan Ramadhan ini, kecepatan dan ketelitian Anda sangat diuji. Apalagi jika Anda memiliki banyak pelanggan yang harus Anda layani. Semakin lama Anda melayani pembeli, maka pembeli akan merasa kesal dan enggan untuk balik lagi.

Itu dia beberapa ide bisnis di bulan Ramadhan. Mualaih bereksperimen sejak sekarang agar bisnis Anda tidak berjalan secara dadakan dan memiliki banyak pelanggan.

SHARE

LEAVE A REPLY