Bisnis Co-Working Space, Peluang Usaha Baru Zaman Now

Bisnis co-working space saat ini sedang menjamur di Indonesia. Co-working space adalah sebuah tempat sewa ruangan yang digunakan oleh para individu atau perusahaan yang memiliki kesamaan latar belakang pekerjaan ataupun bisnis.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendirikan co-working space, berikut adalah beberapa hal yang perlu lebih diperhatikan dalam membangun co-working space meski hanya memiliki budget yang terbatas :

Ketahui Konsep Co-Working yang Akan dibuat

Umumnya, co-working space menerapkan kriteria tertentu untuk perusahaan yang ingin bergabung. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas dari co-working space yang disewakan. Misalnya saja co-working space yang hanya menerima klien dari bidang pembuatan aplikasi, atau co-working space yang menerapkan konsep “rumah” di dalamnya.

Memilih Lokasi dan Bangunan yang Tepat

Sama seperti bisnis pada umumnya, pemilihan lokasi dan bangunan yang tepat adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis. Oleh karena itu, pilihlah lokasi dan bangunan yang strategis dan terjangkau.

Manfaatkan Ruang dan Buat Infrastruktur yang Hemat

Pikirkan secara matang soal rancangan ruang. Buatlah ruangan menjadi terasa lebih luas meskipun tidak memiliki space yang besar. Penambahan kaca dan penggunaan furniture yang tidak terlalu memakan tempat dapat menjadi salah satu cara agar ruangan terasa lebih luas.

Usahakan tidak membeli peralatan seperti meja, kursi, dan lemari dari showroom. Toko-toko seperti itu, biasanya akan memasang harga yang lebih tinggi dari harga produk aslinya. Anda bisa langsung mencari di produsen  furniture yang memiliki harga lebih rendah namun tetap memiliki kualitas yang baik bahkan kita bisa memesan furniture yang customized.

Desain Interior yang Menarik

Yang membedakan antara co-working space dengan kantor pada umumnya adalah desain dan penataan ruang yang dibuat berbeda dan tanpa sekat. Maka dari itu, desain interior yang menarik merupakan salah satu hal wajib yang perlu Anda perhitungkan.

Pangkas Anggaran Promosi

Tak perlu membuat iklan dengan budget fantastis. Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk berpromosi. Misalnya dengan menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram, yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengirim pesan iklan maupun siaran langsung saat ada acara tertentu.

Manfaatkan Jaringan Entrepreneur

Sebagai pelaku bisnis, Anda pasti memiliki setidaknya satu jaringan entrepreneur yang bisa dimanfaatkan, untuk menyebarkan keberadaan bisnis co-working space Anda. Selain itu, Anda bisa memberikan penawaran kepada mereka mengenai penyewaan co-working space yang Anda miliki.

Layanan dan Fasilitas

Layanan dan fasilitas pada co-working space akan menjadi daya tarik bagi para penyewa, sebab layanan dan fasilitaslah yang akan membuat penyewa co-working space menjadi betah. Sediakan fasilitas berupa snack dan tempat ibadah.

Selain itu, koneksi internet juga menjadi fasilitas yang paling diperhitungkan. Anda harus menyediakan akses internet yang berkualitas. Untuk mendapatkan akses internet yang berkualitas, Anda bisa memasang WiFi Station di co-working space yang Anda miliki.

Berbeda dengan wifi biasa, WiFi Station menawarkan paket high speed internet sampai dengan 100 Mbps melalui jaringan telekomunikasi Telkom Indonesia yang berbasis 100% fiber optic.

WiFi Station memberikan nilai tambah bagi Anda, selaku pebisnis co-working space karena dilengkapi dengan berbagai fitur Value Added as a Service, yaitu :

  • Fitur Login ID Customization yang memungkinkan penyediaan koneksi internet menjadi aman
  • Fitur Welcome Page Customization yang akan memudahkan pelaku bisnis menciptakan brand image daru bisnisnya melalui layanan wifi internet.
  • Customer Profiling yang digunakan untuk meningkatkan customer engagement melalui fitur Customer Profiling.

Jika Anda ingin memasang WiFi Station di co-working space, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

  • Datang langsung ke kantor Telkom terdekat (Unit Business Service)
  • Download aplikasi MyWifiStation di Google Play atau App Store
  • Hubungi Contact Center 1500250

Co-working space telah menjadi usaha baru dalam dunia bisnis. Banyaknya perusahaan baru atau startup, menjadikan bisnis co-working space sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan.

SHARE

LEAVE A REPLY