Ingin Punya Bisnis Makanan? Yuk, Berbisnis Mie Ayam bagi Pemula

Ingin membuka usaha di bidang kuliner? Tak ada salahnya jika mencoba berbisnis mie ayam. Selain banyak peminatnya, usaha kuliner mie ayam juga memiliki peluang yang besar.

Mi atau yang sering ditulis dengan mie merupakan makanan peranakan dari tionghoa. Rasa dan keunikannya telah menarik hati masyarakat Indonesia. Tak hanya menarik hati para penikmatnya, mie juga menarik hati para pelaku bisnis.

Baca Juga: Ingin Menjadi Juragan Mie Ayam? Ikutan Kursus Mie Ayam Ini Dulu

Jenis-Jenis Mie

Peluang berbisnis olahan mie di Indonesia semakin terbuka lebar. Jika Anda ingin mengembangkan usaha dibidang mie, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu agar dapat menentukan jenis mie apa yang akan Anda kembangkan.

Mie Mentah / Mie Segar

Mie mentah atau mie segar merupakan mie yang tidak mengalami proses tambahan setelah pemotongan. Kadar air yang terkandung adalah 35%. Umumnya mie ini dibuat dari tepung terigu jenis keras.

Mie Kering

Mie kering merupakan mie yang kadar airnya lebih sedikit. Pengeringan pada mie umumnya dilakukan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari ataupun dengan menggunakan oven.

Mie basah

Berbeda dengan mie segar, mie basah perlu melewati proses perebusan air mendidih setelah tahap pemotongan. Di Indonesia mi basah lebih dikenal dengan mie kuning atau mie bakso.

Mie Instan

Mie instan memiliki beberapa proses yang lebih panjang dibandingkan dengan mie lainnya. Salah satunya yakni proses gelatinasasi. Gelatinisasi dilakukan agar sebelum dihidangkan, mie cukup direbus dengan air hangat.

Membuat mie tidak bisa dilakukan dengan sembarang cara, terlebih lagi jika pembuatan mie tersebut digunakan untuk berbisnis.

Diperlukan keterampilan khusus agar mie yang dibuat terasa enak dan layak untuk dijual. Agar dapat mengembangkan skill Anda dalam membuat mie, Anda dapat mengikuti Go UKM Training Center yang akan diselenggarakan pada 7 dan 28 April 2018 serta 12 Mei 2018 di Wiratech, Jalan gunung sahari Xl no 76A Jakarta Pusat.

Baca Juga: Kursus Mie Ayam, Pelatihan Membuat Mie Sebelum Buka Usaha Mie Ayam

Kursus tersebut dapat diikuti oleh segala kalangan dan usia. Kursus tersebut nantinya akan membantu Anda untuk memulai bisnis ataupun mengembangkan bisnis yang telah Anda jalankan.

Mie Ayam Unik Sebagai Referensi Bisnis Anda

Sayangnya, memulai bisnis kuliner baru memang terbilang susah-susah gampang. Apalagi, kalau bisnis yang akan dijalankan merupakan bisnis yang memang sudah banyak ditemukan di mana-mana.

Anda harus pintar-pintar menerapkan sebuah strategi agar bisnis yang Anda jalankan tidak sia-sia. Salah satu strategi yang bisa Anda terapkan dalam berbisnis adalah dengan cara membuat produk unik atau berbeda dari bisnis lainnya.

Mie Ayam dengan Pangsit Sebagai Mangkuknya

Mie ayam jenis ini memang terbilang aneh dan berbeda dari mie ayam lain. Anda bisa membuat pangsit yang dibentuk seperti mangkuk. Nantinya, pangsit tersebut akan menjadi wadah dari mie ayam tersebut.

Mie Ayam Goreng

Jika biasanya mie ayam disajikan dengan cara direbus saja, berbeda halnya dengan mie ayam goreng. Sesuai dengan namanya, mie digoreng terlebih dahulu dan disajikan tanpa kuah sama sekali.

Mie Ayam dengan Level Kepedasan

Menyajikan mie ayam dengan level kepedasan dapat dijadikan referensi berbisnis Anda selanjutnya. Mie ayam pada umumnya memang tidak menambahkan cabai pada mie ayam yang disajikan. Anda bisa mengubah cara penyajian yang biasa dengan menambahkan level kepedasan sesuai dengan permintaan konsumen.

Mie Ayam dengan Bakso Goreng Kriuk

Penambahan bakso pada mie ayam memang sudah biasa. Anda bisa mengganti bakso rebus dengan bakso goreng tepung agar nantinya mendapatkan sensasi garing seperti memakan kerupuk.

Mie Ayam Warna Warni

Mie pada umumnya hanya memiliki satu warna yaitu kuning. Jika Anda ingin menyajikan sesuatu yang berbeda, taka da salahnya jika mengganti warna pada mie yang digunakan. Anda dapat menggunakan sayur hijau atau tinta cumi sebagai bahan pewarna mie.

Strategi Usaha

Beberapa kendala pasti akan Anda temukan dalam membuka bisnis baru. Perencanaan yang matang serta strategi yang pas merupakan salah satu kunci untuk keberhasilan bisnis Anda. Berikut strateginya

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Penting sekali mengetahui lokasi yang tepat saat hendak memulai bisnis baru. Apalagi bisnis yang Anda jalankan merupakab bisnis kuliner. Pemilihan lokasi yang tepat sangat mempengaruhi pemasukan Anda dalam berbisnis.

Cita Rasa

Cita rasa dalam dunia bisnis bidang kuliner sangatlah penting. Buatlah resep yang baik dan dapat menarik peminat pembeli.

Inovasi Produk

Menambahkan keunikan pada sebuah produk yang diperjual belikan merupakan nilai tambah yang dapat menarik pelanggan. Cobalah mengganti toping mie ayam tersebut dengan bahan-bahan lain. Misalnya dengan menambahkan oncom, jamur, ataupun ceker.

Baca Juga: 3 Macam Franchise Mie Terkenal di Indonesia yang Dapat Dijadikan Mitra Usaha

Kebersihan

Kebersihan tempat dan makanan merupakan salah satu hal yang terpenting. Jika dari tampilannya saja buruk, maka pembeli pun enggan untuk berkunjung.

Pelayanan

Usahakan pelayanan yang Anda berikan tidak mengecewakan. Buatlah SOP agar dapat menghasilkan pekerjaan yang efektif.

Membuka usaha bagi pemula, memang terbilang cukup sulit karena belum adanya pengalaman. Hal itulah yang terkadang menjadi ketakutan tersendiri bagi pemula bisnis. Yang terpenting adalah fokuskan diri Anda dalam sebuah bisnis yang akan Anda jalankan.

SHARE

LEAVE A REPLY