Online Shop Anda Sepi? Kenali 4 Kriteria Barang yang Cocok Dijual Online untuk Dongkrak Penjualan

Anda harus pintar dalam memilih barang yang cocok untuk dijual online, karena tidak setiap produk memiliki nilai jual secara online. Salah satu cara untuk mengidentifikasi produk tersebut laku di pasar online atau tidak, yaitu dengan mengetahui kriteria produk yang laris di pasaran.

Hal ini penting untuk diketahui, terutama oleh para pengusaha pemula yang sedang mencari ide bisnis online. Selain menentukan startegi pemasaran, pemilihan jenis produk yang tepat juga dapat mempengaruhi tingkat penjualan dari sebuah bisnis online shop.

Baca Juga : Lima Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

Tidak hanya itu, jenis barang juga dapat menentukan bagaimana strategi Anda dalam mengelola dan mengembangkan sebuah bisnis. Empat kriteria produk berikut, bisa Anda jadikan patokan dalam menentukan barang yang akan dijual melalui media sosial ataupun website e-commerce.

Empat Kriteria Barang yang Cocok dijual Online

Anda seorang pengusaha pemula? Atau sedang menggeluti bidang bisnis online shop tapi sepi pembeli? Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah salah memilih produk. Kenali empat kriteria barang yang cocok dijual online untuk mendongkrak penjualan.

Hindari Produk Pecah Belah

Sebaiknya hindari pemilihan produk yang sifatnya mudah pecah, agar tidak repot saat pengiriman. Dalam bisnis online, transaksi baru dikatakan berhasil dan selesai ketika produk yang dipesan sampai ke tangan konsumen. Tentunya sesuai dengan pesanan, tanpa ada kecacatan produk.

Barang pecah belah sangat rentan dan berisiko rusak, pada saat proses pengiriman oleh kurir. Kemungkinan barang tersebut jatuh, tersenggol, dan tertimpa barang lain menjadi hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih produk ini sebagai barang yang akan dijual di media sosial atau website e-commerce Anda.

Alasan lain kenapa produk ini tidak cocok dijual di online, karena dapat menimbulkan kerugian bagi penjualnya. Aih-alih mendapat untung, Anda justru malah harus menanggung kerugian akibat dari penggantian barang yang pecah saat proses pengiriman. Untuk itu, hindari menjual barang yang mudah pecah seperti yang terbuat dari material kaca.

Fisik Produk Tidak Memakan Banyak Tempat

Pertimbangan atau kriteria lain dalam memilih jenis produk online adalah memperhatikan ukuran barang yang akan dijual. Barang yang berukuran besar akan mempersulit Anda pada saat proses pengiriman.

Daripada repot, lebih baik Anda mempermudah bisnis online dengan memasarkan produk yang tidak memakan tempat. Cari barang yang berukuran kecil atau sedang, tetapi banyak dicari orang dan menguntungkan.

Salah satu pertimbangan dari para konsumen saat memutuskan membeli sebuah produk online, adalah nilai praktis yang dimilikinya. Simple, praktis, dan tidak memakan banyak space akan memberikan nilai tambah tersendiri dimata para pembeli.

Bukan Produk Musiman

Hindari pemilihan produk yang bersifat sementara atau laku pada waktu tertentu saja. Seperti menjual pernak-pernik hari kemerdekaan, menjual dekorasi perayaan natal, imlek, tahun baru, dan lain sebagainya.

Kecuali jika Anda memang tertarik untuk menjalankan bisnis musiman dan sedang mencoba perolehan keuntungan dari bisnis tersebut. Namun, jika Anda ingin membangun brand dengan identitas yang jelas, sebaiknya mulai fokus pada pemasaran jenis produk yang sifatnya tidak musiman.

Seperti perlengkapan atau barang kebutuhan pokok, yang pastinya dibutuhkan dan dicari setiap hari oleh konsumen.

Produk yang Sifatnya Abadi

Salah satu cara untuk meminimalisir resiko dalam bisnis online adalah dengan memilih produk yang sifatnya ‘abadi’ atau tahan lama. Sehingga nilai produk tidak akan berkurang, meski disimpan dalam jangka waktu yang lama dikarenakan tidak laku.

Baca Juga : Mana yang Lebih Menguntungkan, Bisnis Online Atau Offline?

Baju, aksesoris, perlengkapan ibadah, buku, boneka, merupakan sebagian contoh dari produk yang bersifat tahan dan masih memiliki nilai jual untuk didagangkan di bulan atau musim berikutnya. Kapan saja Anda bisa terus memasarkannya, karena kondisi barang masih baik dan dapat digunakan oleh konsumen.

Itu dia sejumlah kriteria atau ciri-ciri barang yang cocok dijual online. Setelah memiliki kriteria produk maka tahapan selanjutnya adalah Anda harus mencari produk yang memiliki potensi dan peluang yang bagus.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here