8 Strategi Pemasaran Bakso dalam Kemasan untuk Hasil yang Optimal

Bakso dalam kemasan, diperlukan strategi pemasaran yang lebih dibandingkan berjualan bakso gerobakan. Mengapa demikian?

Bisnis bakso memang banyak diminati para pengusaha kuliner. Ini karena banyaknya masyarakat Indonesia yang menyukai makanan daging giling berbentuk bola ini. Khusus untuk bakso yang dijual di minimarket, supermarket, atau semacamnya, itu disebut dengan makanan beku.

Baca Juga: Kursus Bakso, Kursus Cara Membuat bakso untuk Pengusaha Bakso

Usaha  bakso dalam kemasan ini memang masih jarang digeluti karena belum banyak yang mengetahui resep bakso yang bisa menarik banyak perhatian. Lalu, bagaimana caranya supaya bisa berkompetisi dengan pengusaha bakso yang kian menjamur ini?

Strategi Pemasaran Usaha Bakso dalam Kemasan

Anda ingin membuka usaha bakso tetapi belum tahu cara memasarkannya? Anda perlu mengikuti beberapa strategi pemasaran. Berikut langkah-langkah cara memasarkan produk bakso yang efektif dengan hasil yang memuaskan.

Memberitahukan kepada Keluarga atau Kerabat Dekat tentang Usaha Bakso

Keluarga dan kerabat terdekat merupakan promosi awal yang biasanya digunakan disetiap usaha. Selain mendapatkan keuntungan, Anda juga bisa mendapatkan saran dan kritik yang dari mereka. Tak perlu malu, usaha tidak akan berkembang jika Anda tidak ingin memberitakannya, bukan?

Membuat Kemasan Bakso yang Menarik

Nah, ini biasanya untuk usaha bakso yang memperjualbelikan bakso yang bisa bertahan lama atau makanan beku. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan desain yang simple dan menarik tanpa menghalangi bakso sebagai makanan utamanya. Mengapa kemasan itu sangat penting?

Kemasan merupakan hal penting, terutama bakso dalam kemasan. Ini karena setiap orang akan mulai membandingkan informasi dari produk bakso Anda serta produk kompetitor entah dalam warna, keunikan, atau bahkan isinya. Maka dari itu, kemasan memang hal penting dalam berbisnis bakso dalam kemasan ini.

Memberikan Promosi Diskon atau semacamnya

Konsumen suka diskon pastinya, apalagi kita sendiri. Walaupun akan mengurangi keuntungan sedikit, Anda akan mendapatkan antusias pelanggan sehingga mereke mempunyai kesempatan untuk datang kembali dengan tawaran yang Anda lakukan. Diskon pun bermacam-macam tidak hanya diskon 50% saja, bisa dengan beli satu dapat satu atau dapat voucher gratis ke tempat hiburan atau hadiah. Pastikan promosi ini seimbang dengan modal Anda agar tidak kekurangan dalam pendanaannya.

Baca Juga: Strategi Promosi yang Benar khusus untuk Penjualan UMKM

Membuka Peluang Reseller atau Distributor

Anda juga bisa memperluas pasar dengan membuka kerjasama dengan distributor atau reseller untuk jenis bakso yang bisa tahan lama. Sedangkan untuk bisnis bakso biasa, Anda bisa membuka cabang dengan bantuan franchise atau waralaba dimana Anda tidak perlu memberi modal, tetapi Anda mendapatkan modal dari orang lain dan bekerjasama untuk membangun usaha Anda.

Memasarkan Produk Bakso Secara Online

Khusus untuk bakso pada makanan beku, Anda bisa mempromosikan bakso Anda dengan memperjualkannya di marketplace online atau menggunakan social media. Jika Anda memiliki usaha bakso yang bisa langsung dilahap, Anda bisa membuat sebuah website untuk menunjukkan usaha bakso Anda. Tidak perlu berbayar, pakailah website yang menawarkan penawaran gratis seperti Google, Facebook, dan lainnya.

Sudah mulai melakukan strategi pemasaran bakso dalam kemasan ini? Memang sudah saatnya Anda mulai gencar melakukan promosi karena sebuah usaha tidak akan berkembang jika tidak ada usahanya. Selain berusaha membuat baksonya, Anda juga harus bisa memasarkan bakso dalam kemasan ini. Pakailah promosi yang memang Anda mengerti supaya lebih optimal untuk memperluas pasar bisnis bakso Anda.


GoUKM Media Services menghadirkan GoUKM Training Center (GTC) lembaga pelatihan kursus, training, workshop hingga in-house training untuk memulai usaha, UKM dan korporasi. Berbagai program diantaranya ; Program kursus Kuliner, Program Non Kuliner, Program Keterampilan, Workshop, Franchise, Legalitas dan Digital. Dapatkan detail [ Program Kursus Pelatihan Workshop GoUKM Training Center ]

Pendaftaran dan Informasi :
GoUKM Training Center l
Wiratech Building, Jalan Gunung Sahari Xl No 76A Jakarta Pusat 10720
Hubungi Salah Satu Kontak Berikut :
WhatsApp/Call  [ 081388319900 ] (Suci)
E-Mail  [ goukmid@gmail.com ]

SHARE

LEAVE A REPLY