Apa Itu Pay by QR? dan Fungsinya Bagi Transaksi Jual Beli di Indonesia

Pay by QR adalah salah satu fitur pembayaran melalui mitra aplikasi Alipay (Uangku, Simpbi, Dompetku, Zpay yang menggunakan barcode sebagai media pembayaran. Pay by QR disebut juga sebagai suatu fasilitas di mana pengguna bisa melakukan pembelanjaan dan pembayaran pada merchant. Pengguna bisa melakukan pembayaran pada merchant hanya dengan melakukan pemindaian/scan kode QR yang tersedia pada merchant-merchant pilihan baik retail maupun online.

Apa itu merchant yang bisa dibayarkan dengan menggunakan Pay by QR? Merchant adalah orang, perorangan atau badan usaha yang menjalankan usaha di bidang penjualan barang dan atau jasa dan dalam lingkup perjanjian ini adalah sebagai pihak yang menerima pembayaran dari user.

Sementara kode yang biasa digunakan pada Pay by QR adalah Kode QR. Kode QR bisa dikatakan sebagai sebuah kode unik yang digunakan untuk melakukan pembayaran yang di mana kode tersebut mereferensikan nilai pembelanjaan yang dilakukan oleh user.

Baca Juga: e-Money Sebagai Alat Pembayaran Transaksi Anda

Solusi pembayaran Pay by QR ini merupakan layanan yang diintegrasikan pada layanan mobile banking dari bank maupun aplikasi uang elektronik dari bank dan juga perusahaan telco. Integrasi yang satu ini berguna untuk menanamkan fitur Pay by QR yang bersifat inklusif sehingga bisa digunakan oleh sumber dana mana pun baik berasal dari bank, telco, e-wallet. Begitu juga dengan menggunakan smartphone jenis dan tipe apa pun dan juga merchant atau penjual mana pun.

Kapan Pay by QR mulai muncul di Indonesia?

Semenjak meningkatnya kemajuan teknologi maka pembayaran yang biasanya menggunakan metode tunai kini sudah menggunakan metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dan kartu debit. Dan semakin majunya teknologi maka metode baru pun muncul tentunya lebih praktis dibandingkan jika menggunakan debit dan  kartu kredit.

Metode Pay by QR merupakan teknologi tersebut yang lebih canggih dibandingkan debit dan kredit. Hanya dengan menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication) atau dengan memindai kode QR pembayaran masyarakat.

Metode Pay by QR mulai muncul terhitung sejak tahun 2014, saat Bank Indonesia mencanangkan program Gerakan Nasional Non Instrumen (GNTT). Program gerakan ini ternyata bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen non tunai di mana tujuan akhirnya adalah terbentuknya suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrumen non tunai atau disebut dengan istilah Less Cash Society, terutama dalam melakukan transaksi atas kegiatan ekonomi.

Bagaimana Perkembangan Pay by QR

pay by QR

Di Indonesia, sistem pembayaran dengan Pay by QR memang tak setenar di luar negeri. Di Amerika Serikat misalnya, Pay by QR populernya hampir sama dengan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dan debit. Karena mereka memang sudah menerapkan cashless.

Menghemat kertas. Apalagi didukung dengan perusahaan komunikasi, startup dan beberapa pihak yang sudah menerapkan layanan payment gateway yang sudah sepenuhnya menerapkan teknologi untuk meminimalisir penggunaan uang kertas. Di Amerika Serikat sendiri, pembayaran Pay by QR sudah rutin dilaksanakan dengan menggunakan sistem pembayaran seperti Apple Pay meski transportasi masih menggunakan kartu kredit.

Baca Juga: LegalTech, Sebagai Solusi Bagi Pengusaha UKM Pemula

Sementara perkembangan Pay by QR di Indonesia saat ini baru diperkenalkan dan saat ini pemerintah masih gencar untuk menyusun formula yang tepat untuk menerapkan pembayaran Pay by QR. Bahkan mayoritas orang di Indonesia tidak mengetahui sistem pembayaran Pay with QR ini.

Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah pun mencanangkan gerakan non tunai yang salah satunya menyarankan agar menggunakan pembayaran dengan Pay by QR. Sehingga mulai muculah pelaku industri teknologi finansial (fintech) yang kini sudah memiliki 120 perusahaan di Indonesia.

Cara Menggunakan Pay by QR

Teknisnya di dalam barang yang akan dibeli sudah dilengkapi dengan kode QR yang berisikan informasi berupa harga dan nama merchant. Sehingga pembeli hanya cukup melakukan pemindaian melalui smartphone untuk melakukan pembayaran. Jika Anda menyetujuinya Anda tinggal konfirmasi yes atau no saja.

Apakah Sama Antara Barcode dengan Kode QR yang ada pada Pay by QR?

Kode QR adalah kode yang dipindai saat pembayaran dengan Pay by QR. Meski mirip dengan barcode atau kode batang padahal berbeda. Barcode merupakan nenek moyang dari kode QR.  Barcode biasanya untuk membantu pengecekan harga pada barang yang ada di swalayan.

Bagaimana Jika Smartphone Hilang? Apakah Saldo Pay by QR Hilang?

Berbeda dengan e-Money yang jika kita kehilangan maka saldo yang ada di dalamnya sebanyak apa pun tak bisa kembali. Namun, jika menggunakan Pay by QR meskipun smartphone Anda hilang maka saldo tetap terjaga seperti semula. Caranya agar saldo seperti semula adalah pengguna tinggal menginstal kembali aplikasi mobile wallet yang ada sistem Pay by QR nya dengan cara melakukan login kembali.

Apa Syarat Menggunakan Pay by QR?

Sistem pembayaran Pay by QR memang tak setenar menggunakan pembayaran secara debit atau kredit sehingga untuk menggunakan solusi Pay by QR maka harus digunakan memiliki satu di antara empat aplikasi mobile berikut ini.

  1. Dompetku dari Indosat
  2. Simobi dari Bank Sinarmas
  3. Uangku dari Smartfren
  4. Zimple Pay dari El- John

Maka, untuk mengakses satu dari empat aplikasi tersebut di atas para pengguna bisa mengunduh langsung aplikasi via Google Play Store (bagi pengguna sistem operasi Android) atau via Apple Store (bagi pengguna sistem operasi IOS).

Menggunakan Pay by QR dengan Lewat Aplikasi Google Play Store

Pay by QR bisa diakses lewat aplikasi Google Play Store dengan mengunduh aplikasinya secara langsung jika menggunakan sistem operasi Android. Namun, jika menggunakan sistem operasi iOS maka Anda bisa menggunakan Apple Store. Salah satu aplikasi yang bisa adalah menggunakan aplikasi Pay by QR adalah aplikasi Uangku.

Caranya yakni

  1. Pengguna haru men-download aplikasi uangku dengan melakukan registrasi awal.
  2. Kemudian setelah melakukan registrasi maka pengguna bisa melakukan pengisian saldo uangku.
  3. Kemudian melakukan pembayaran dengan menggunakan solusi Pay by QR klik tombol “Pay by QR” pada bagian bawah aplikasi.
  4. Setelah itu lakukan pemindai kode QR yang diberikan oleh kasir pada merchant.
  5. Setelah selesai maka pada layar smartphone bisa terlihat jumlah nominal yang harus dibara. Kemudian bisa menekan tombol bayar untuk melakukan pembayaran dengan syarat saldonya masih cukup.
  6. Pembayaran telah berhasil dan kasir di merchant biasanya akan mendapatkan konfirmasi pembayaran.

Apa Kemudahan yang Ditawarkan oleh Pay by QR?

Pay by QR bisa memudahkan dalam merampungkan seluruh data pembayaran yang biasa disalurkan dalam berbagai jenis data ke dalam sebuah Quick Responses (QR) kode yang bisa dipahami dan diproses oleh seluruh pihak secara real time.

Pay by QR juga bisa menampilkan merchant dalam berbagai cara baik itu melalui monitor computer, dicetak melalui mesin EDC, ataupun langsung dari screen yang terdapat dalam sebuah smartphone.

Kemudahan Pay by QR juga bisa terlihat ketika penagihan dalam pemindaian. Maka dan yang berada pada pihak sumber akan dialirkan kepada pihak tujuan. Dan setelah pembayaran berhasil maka kedua belah pihak pembeli maupun penjual akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan bahwa barang tersebut sudah dibayar.

Pay by QR ternyata bukan hanya memudahkan dalam pembayaran namun juga penagihan. Karena pengguna hanya perlu memasukkan jumlah dana pada sistem Pay by QR setelah itu akan diterjemahkan dalam QR Code. Setelah itu pihak lainnya hanya tinggal memindai QR Code melalui sistem Pay by QR yang tersambung dalam mobile banking atau aplikasi e-Money untuk melakukan pembayaran.

Keuntungan Menggunakan Pay by QR

  1. Bagi pembeli yang sering lupa membuka uang cash atau lupa pin kartu debit dan kredit, mereka bisa lebih memudahkan mereka dalam pembayaran. Dengan menggunakan Pay by QR juga bisa mendapatkan promo-promo terkini dari merchant.
  2. Bisa mendapatkan potongan harga yang tak bisa didapatkan jika melakukan pembayaran tunai atau dengan menggunakan debit dan kredit,
  3. Sementara bagi para penjual dengan menggunakan Pay by QR maka tak perlu repot mencari uang kembalian. Selain itu penjual juga tidak perlu direpotkan dengan penyimpanan uang cash di toko mereka. Pare merchant juga bisa melakukan penagihan dengan menampilkan kode QR melalui hasil cetakan pada mesin Electronic Data Capture (EDC) yang sudah ada, monitor komputer, stiker tempel, maupun langsung pada layar smartphone dengan menggunakan fasilitas QR Cashier.
  4. Pay with QR juga memiliki keuntungan di mana sistem menggunakan jaringan terbuka dan sifat yang agnostis sehingga nasabah tidak lagi terhalang oleh bank maupun smartphone merek apa pun untuk bisa menggunakan Pay by QR.
  5. Bisa menggunakan sumber dana apa pun dalam pembayaran sistem Pay with QR.
  6. Bisa menghemat waktu pembayaran. Sehingga antrian panjang di kasir bisa teratasi.
  7. Bisa meminimalisir peredaran uang palsu, uang sobek bahkan bisa meminimalisir perampokan uang.

Baca Juga: 5 Forum Bisnis Gratis Online Sebagai Tempat Diskusi dan Sharing Pengalaman UKM

Kekurangan Sistem Pay by QR

  • Tak semua tempat pembayaran menyediakan fasilitas pembayaran ini.
  • Signal operator Indonesia kurang mumpuni untuk melakukan Pay By QR.
  • Orang lebih suka dan percaya dengan menggunakan tunai.
  • Masih harus menggunakan pemindai untuk mengetahui isi dari kode QR tersebut.
  • Terkadang kualitas pemindai tak bagus karena tergantung dari smartphone dan alat pemindai yang digunakan.
  • QR Code sangat sulit terbaca bila ukuran mengalami penyusutan.

Beberapa Produk di Indonesia yang Bisa Dibayar dengan Menggunakan sistem Pay by QR

Beberapa tahun yang akan datang sistem Pay by QR akan seperti e-Money, kartu kredit bahkan kartu debit. Karena diprediksi Pay by QR akan menggantikan beberapa alat pembayaran tersebut, Seperti uang yang telah digantikan dengan e-Money, seperti BBM yang digantikan oleh Android.

Bahkan diprediksi Pay by QR bisa digunakan untuk membayar pintu tol, halte bus, stasiun. kasir hotel, kasir mall, restaurant bahkan rumah padang. Di Indonesia ada beberapa toko yang sudah bisa dilakukan pembayaran via Pay by QR yaitu MC Donald, D’Cost, Rumah Makan Pak Amran, Snapy, Pay Tren, Cup- Bon, Haagen-Dazc, Killiney, Master Wok, Puyo, Sharetea, TakiJawa Resto, Pop Box, dan lain-lain.

SHARE

LEAVE A REPLY