Inilah Alat Kopi yang Wajib Diketahui Bagi Anda Yang Ingin Bisnis Kedai Kopi

Anda tertarik mebuat bisnis kedai kopi? Jika tertarik, alangkah baiknya mengetahui alat kopi apa saja yang dibutuhkan. Untuk menghasilkan kopi yang berkualitas, selain dibutuhkan keahlian mengolahnya, alat kopi pun sangat berpengaruh. Tapi sebelum kita mengenal alat-alat pembuatan kopi, mari ketahui tahap dari biji sampai ke satu cangkir kopi.

Ada banyak tahap dalam pengolahan kopi, awalnya adalah pemitikan ceri kopi dari pohon. Buah yang dipilih haruslah ceri yang matang dengan warna merah. Selajutnya ceri masuk ke proses pengeringan dan menjadi gabah. Kulit ceri yang mengerng akan menyisahkan cangkang biji saja. Setelah itu cangkang yang sudah kering dikupas sehingga biji kopi bisa dikeluarkan.

Biji yang sudah dikeluarkan dari cangkang kemudian dipanggang atau sebutannya disangrai. Penyangraian dibedakan ada yang sampai hitam atau medium tergantung kebutuhan penyajian kopi. Selanjutnya baru masuk ke tahap penyeduhan. Dalam tahap ini banyak sekali metode yang digunakan oleh barista, misalnya vietnam dripper, V60 dan lainnya.

Untuk peralatan yang digunakan banyak sekali jenis peralatan kopi pengolahan dan penyeduhan kopi yang ada saat ini. Pada tahap pengolahan dibutuhkan seperti berikut:

Oven atau Pengering Buah kopi

Mesin ini digunakan pada proses pengeringa. Jadi buah kopi yang berbentuk ceri dimasukan ke oven pengering bertujuan untuk mengikis cangkang buah kopi. Proses ini sebenarnya bisa didilakukan dengan cara konvesional yaitu dengan menjemurnya di bawah paparan sinar matahari.

Pengupas Biji Kopi

Mesin ini dugunakan mengupas kulit buah kopi. Alat ini memiliki prisip kerja pengupasan yang erjadi diantara permukaan silinder yang berputar (rotor) dan permukaan pisau yang diam (stator).

Mesin Sortasi Biji Kopi

Mesin ini diperlukan untuk membersihkan biji kopi dari kotoran atas sisa cangkang yang masih menempel. Ada dua jenis mesin sortasi, yaitu mesin sortasi kopi basah dan mesin sortasi kopi kering.

Mesin Sangrai atau Roaster Kopi

Digunakan untuk memanggang kopi. Proses rosting ini dimana yang akan lebih mempengaruhi citra rasa kopi. Ada yang memanggangnya sampai hitam dan ada pula medium. Biasanya mesin ini berbahan sttainless stell dan jenisnya bervariasi. Kapasitasnya juga beragam jadi dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakai.

 Mesin dan Alat Kopi

Umumnya ada dua metode penyeduhan atau cara membuat kopi, yaitu dengan menggunakan mesin dan manual. Tahukah Anda, baik metode manual ataupun dengan mesin sama-sama ada membutuhkan teknik khusus yang harus Anda pelajari. Selain itu, untuk menyeduh kopi membutuhkan peralatan tidak hanya satu. Misalnya metode penyeduhan manual menggunakan french press  Anda membutuhkan 3 alat pendukung seperti kettle, filter dan alat french press  itu sendiri.

Sama halnya dengan menggunakan mesin. Ada alat pendukung yang harus dimiliki si peracik kopi atau disebut Barista. Masalah harga, pembuatan kopi menggunakan mesin pasti akan sedikit lebih tinggi ketimbang manual. Jadi tentu bila Anda ingin membuka kedai kopi dengan metode seduh menggunakan mesin memerlukan modal yang lebih besar.

Beberapa Peralatan Menyeduh Kopi Manual

Untuk menekan modal awal, sebaiknya Anda menggunakan peralatan manual saja. Dengan menyesuaikan kebutuhan kedai kopi, Anda tidak harus memiliki semua jenis alat kopi. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Kedai kopi Anda nantinya.

Grinder

Grinder merupakan alat untuk membuat kopi manual yang sanggat mudah digunakan. Alat ini juga sering disebut hand grinder. Kelebihannya adalah tidak memerlukan listrik. Kopi bisa digiling kapan saja sesuai dengan kebutuhan.

IKUTI  Juga : Workshop Barista di Jakarta, Pelajari Teknik Menyeduh Kopi di GoUKM Training Center

Namun jika dirasa repot, tersedia juga produk automatic grinder. Alat kopi ini memerlukan bantuan listrik yang berguna bagi Anda yang tidak ingin repot dengan manual grinder.

Grinder sangat sederhana dan terjangkau untuk menekan permodalan. Anda bisa mendapatkan alat ini dengan harga mulai dari Rp 500 ribu tergantung dengan merek dan kualitas produk. Sesuaikanlah dengan modal yang tersedia.

Grinder juga memilikli dua tipe yang sering disebut Blade Grinder dan Burr Grinder. Untuk Blade grinder hanya dengan menekan tombol yang tersedia,  biji kopi yang Anda giling akan hancur seketika. Namun alat ini akan mengeluarkan suara yang sedikit keras.

Burr grinder merupakan alat yang memiliki mata pisau bergerigi sehingga menghasilkan bubuk kopi yang akurat. Anda juga bisa menyesuaikan alat kopi mana saja yang Anda butuhkan dengan harga yang sesuai.

French Press

French press merupakan alat yang dapat meghilangkan ampas kopi dengan cara ditekan melalui tutupnya. Alat kopi ini tergolong cara membuat kopi yang mudah dan praktis. Tidak hanya untuk membuat kopi, alat ini juga bisa digunakan untuk menyeduh teh dan membuat foam susu.

Kelebihan alat ini adalah menghasilkan lebih dari empat gelas kopi dalam wektu yang singkat. French Press hadir dalam berbagai kapasitas yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan kedai kopi Anda. Harga satu unit French press mulai dari Rp 85 ribu.

Moka Pot

Moka pot dikenal dengan alat yang menghasilkan kopi strong. Moka pot merupakan alat seduh kopi yang dibantu dengan kompor kecil. Kopi yang dihasilkan tidak akan mengecewakan. Alat ini juga dikenal Bialetti.

Jika di kedai kopi Anda ingin menggunakan alat ini, harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 200 ribu. Tergantung kapasitas yang diinginkan. Alat ini sangat cocok apabila Anda ingin menghadirkan kopi dengan rasa yang kuat.

Coffee Dripper

Alat ini berfungsi sebagai penyaring (penyangga saringan kertas) saat kopi ditampung sebelum diseduh dengan air panas. Coffee dripper cocok untuk kedai kopi Anda karena akan menghasilkan kopi yang nikmat.

Baca Juga : Tips Mendapatkan Merek Mesin Kopi Paling Bagus di Indonesia

Harga yang ditawarkan relatif terjangkau. Anda yang terbatas oleh modal,alat ini bisa menjadi pilihan. harga coffee dripper mulai dari Rp 40 ribu. Terjangkau bukan?

Coffee Syphon

Coffee Syphone memiliki desain yang unik dan futuristik. Hal ini dapat menarik perhatian konsumen karena terkesan menarik. Selain dari penampilannya, kopi yang dihasilkan adalah cita rasa kopi terbaik. Anda bisa mencoba alat ini.

Bentuk coffee syphon seperti gelas laboratorium. Alat ini memiliki metode penyeduhan vakum dengan membutuhkan sumber panas yang dapat dihasilkan melalui mini burner. Untuk harga alat ini mulai dari Rp. 500 ribu ke atas.

 Aeropress

Alat ini cocok untuk Anda yang ingin membuka kedai kopi karena tidak memerlukan waktu lama. Proses pembuatan kopi dengan alat ini sangat singkat. Anda hanya perlu memasang kertas filter dan melakukan pressing untuk memberikan tekanan dalam menyeduh kopi.

Produk ini banyak dipilih karena harganya sangat terjangkau. Banyak orang yang menyediakan alat ini di kedai kopinya. Anda bisa mendapatkan alat ini dengan harga mulai dari Rp. 500 ribu untuk satu paket aeropress lengkap dengan satu set kertas filter dan coffee scoop.

Beberapa Mesin Menyeduh Kopi

Bagi Anda yang ingin membuka kedai kopi dan memiliki banyak modal, banyak mesin kopi yang bisa dipilih. Untuk meracik kopi, Anda bisa belajar dan mengikuti kursus. Sebuah tempat ngopi akan sangat bagus jika didukung oleh perlengakapan yang mumpuni dan tempat strategis.

Menggunakan Mesin Espresso Super-automatic

Mesin ini merupakan  alat yang dapat menggiling, memadatkan dan memanaskan kopi sekaligus. Jika Anda belum menguasai Teknik pembuatan kopi dan tidak memiliki barista, mesin ini menjawab semua kebutuhan Anda.

Cara membuat kopi menggunakan alat ini sangatlah mudah. Hanya dengan menekan satu tombol yang tertera, mesin ini akan otomatis membuat kopi sesuai yang dipilih.  Jika Anda ingin menggunaka mesin ini, uang yang harus dikeluarklan mulai dari Rp. 3 juta.

Menggunakan Mesin kopi Espresso Manual

Mesin ini didesain dengan unik bergaya vintage yang memberikan kesan elegan. Pada dasarnya mesin manual memiliki fitur yang lengkap. Seperti boiler, steam pressure gauge, portafiler, serta manual lever untuk mengendalikan lamanya ekstrasi espresso secara manual.

Alat ini memang tidak prktis karena mengharuskan Anda menggiling biji kopi, tamping, mengatur suhu dan tekanan dan slain-lain secara manual. Jika Anda menginginkan alat ini, harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 2 juta.

Mesin Kopi Espresso Automatic

Mesin yang sering disebut pod coffee ini memiliki desain unik dan bergaya modern. Mesin ini bisa dipilih untuk kedai kopi Anda. Penggunaan mesin ini pun sangat praktis hanya dengan satu kapsul kopi, sudah bisa disajikan.

Baca Juga : Bukan Cuma Jadi Minuman, Inilah Ragam Usaha Olahan Kopi yang Unik dan Kreatif

Jika Anda tertarik dan ingin menjadikan alat ini sebagai mesin di kedai kopi, harga mesin kopi ini mulai dari Rp. 2 juta. Dengan menggunakan mesin ini, penyajian kopi kepada pelanggan menjadi lebih praktis.

Perlengkapan dan mesin kopi bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika kedai kopi yang Anda buat sederhana, alat-alat manual pun bisa Anda gunakan. Jika terkendala dengan modal. Alat-alat manual bisa Anda pilih.

Namun jika Anda ingin membuka kedai kopi lebih besar dan memiliki modal yang cukup, Anda bisa membeli mesin-mesin kopi yang bagus. Pilihlah sesuai kebutuhan dan modal yang akan Anda gunakan. Pilihlah yang terbaik dengan modal yang rendah agar keuntungan semakin besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here