Alasan Menggunakan Internet Marketing Untuk Pemasaran UKM

Alasan Menggunakan Internet Marketing – Internet terus berkembang untuk berbagai macam keperluan, salah satunya digunakan sebagai alat promosi yang efektif. Makannya pengusaha kecil hingga besar menggunakan Internet agar dapat mencapai pasar yang luas, salah satunya adalah UKM. Promosi UKM menggunakan media Internet memberikan banyak manfaat dan keuntungan.

Sangat disayangkan bila pelaku UKM belum memaksimalkan pemasaran melalui media yang satu ini. Karena prediksi beberapa tahun ke depan, penjualan melalui media digital merupakan kewajiban dalam membuat suatu perusahaan. Keterlambatan mengaplikasikan teknologi ini akan berimbas pada hilangnya konsumen atau malah kebangkrutan.

Apa alasan menggunakan internet marketing?

Banyak sekali pelaku UKM yang menganggap Internet marketing dengan sebelah mata. Mungkin karena memang sebagian besar UKM di Indonesia masih belum terbuka untuk penggunaan alat canggih seperti laptop dan smartphone. Tidak heran jika masih sulit mengajak UKM untuk menggunakan pemasaran digital. Selain masalah penggunaan alat, kendala jaringan Internet juga mengahambat perkembangan pemasaran online di Indonesia. Jaringan sinyal Internet memang belum merata di seluruh Nusantara.

Padahal jika ditelaah kembali, banyak sekali manfaat Internet marketing untuk UKM, karena:

1 .  Kemudahan Akses

Karena Internet adalah media yang dapat diakses selama 24jam, maka penyampaian informasi kepada calon konsumen dapat dilakukan kapan saja. Bahkan disaat anda tidur, informasi usaha anda dapat dibaca konsumen tanpa hambatan.

2. Peluang pasar yang jauh lebih luas

Media Internet tidak hanya fleksibel waktu, tetapi juga fleksibel soal jarak. Teknologi ini memudahkan tiap orang untuk mengakses informasi melalui laptop/ smartphone di mana saja.

3. Biaya murah

Jika dibandingkan dengan toko menggunakan promosi dengan menyebar brosur, menggantung spanduk, atau banner di depan toko, maupun neonbox untuk merk kita. Semua aktifitas iklan di atas sudah menghabiskan dana puluhan juta. Bandingkan dengan menggunakan internet marketing, yang biayanya lebih rendah. Tentu saja semakin menghemat biaya dengan hasil yang lebih luas dan banyak.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Pada produk ukm yang masih terbilang baru. Anda bisa menggunakan pemasaran digital untuk mempromosikan produk Anda. Lebih bagus lagi jika anda merencanakan campaign terlebih dahulu agar pemasarannya booming. Promosi digital ini lebih cepat memperkenalkan produk dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

5. Perubahan teknologi

Mungkin saat ini memang masih banyak konsumen UKM yang belum terjangkau pemasaran digital. Tetapi perkembangan teknologi saat ini makin pesat dan ekonomis. Masyarakat pengguna internet semakin hari semakin bertambah berkali-kali lipat. Jangan terkejut bila banyak usaha yang gulung tikar karena terlambat beralih ke pemasaran digital, terlindas oleh perusahaan baru yang memaksimalkan internet marketing mereka.

6. Terlihat lebih profesional

Saat ini mempunyai website merupakan hal yang wajib dimiliki oleh suatu usaha. karena sebagian besar calon konsumen mencari barang/ jasa terlebih dahulu searching di internet. Saat ini UKM yang mempunyai website sendiri dianggap lebih profesional oleh masyarakat karena ada dokumentasi perusahaannya. Sehingga segala informasi UKM dapat dilihat di websitenya baik dalam bentuk foto produk, lokasi usaha, daftar harga hingga pelayanan perusahaannya.

7. Terekam dan terukur

Setiap kegiatan pemasaran digital tersimpan dengan baik di memory Internet, sekalipun Anda melakukannya ribuan kali sekalipun. Pelaku UKM dengan sangat mudah mengakses materi pemasaran yang sudah bertahun lamanya. Apalagi dengan melakukan Internet marketing, anda dapat mengukur seberapa bagus penjualan akibat dari konten pemasaran tertentu. Anda dapat mengetahui dari mana datangnya konsumen terbanyak dan melakukan memaksimalkannya.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY