8 Platform Cloud Storage Ini Mampu Menyimpan Data Penting Bisnis UKM

Kini dengan perkembangan teknologi telah menawarakan media penyimpanan baru yang semakin praktis yang dikenal dengan nama Cloud Storage. Penggunaan sistem penyimpanan berbasis awan atau cloud storage ini belakangan semakin popular. Pasalnya pengguna tidak perlu menggunakan media seperti CD atau flashdisk untuk melakukan penyimpanan data. Lalu apa itu cloud storage? Cloud storage ialah media penyimpanan data yang pengaksesannya memerlukan jaringan Internet. File atau data yang sudah disimpan di dalam cloud storage tersebut nantinya dapat dikelola dari mana saja selama pengguna dapat terhubung ke akun cloud storage.

Teknologi cloud storage merupakan pengembangan dari sistem komputasi awan atau disebut juga dengan istilah cloud computing. Dengan penerapan teknologi komputasi awan, penyedia layanan cloud storage bisa membangun media penyimpanan secara online. Sistem komputasi awan menggunakan serangkaian komputer server yang telah di optimasi dengan sistem penyimpanan yang nantinya membantuk virtual server atau tempat penyimpanan data dalam jaringan internet. Data yang tersimpan di virtual server tersebut akan tetap ada di server pusat dan jika pengguna memerlukannya, maka bisa dapat mengaksesnya dan akan tersimpan secara sementara pada perangkat kita.

Keuntungan menggunakan teknologi cloud storage

Teknologi ini nyatanya memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan penyimpanan offline biasa seperti CD, flashdisk dan hardisk. Secara umum ini lah keunggulan layanan cloud storage.

– Bila dilihat dari skalabilitas, dengan menggunakan cloud storage penyimpanan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna sendiri. Hal ini memungkinkan karena penyediaan perangkat keras yang ditawarkan oleh penyedia layanan clouad storage sehingga dapat meningkatkan daya tamping datanya. Sementara itu, untuk pengguna tentunya menjadi pilihan yang lebih baik dan efektif dengan menyesuaikan kapasitas cloud storage yang diperlukan.

– Dari sisi aksesibilitas, teknologi ini lebih unggul dibanding penyimpanan menggunakan media offline. Karena pengguna dapat dengan mudah mengunduh, membuka atau melakukan editing data yang telah tersimpan secara real-time selama perangkat terkoneksi dengan Internet.

– Selanjutnya adalah dari sisi keamanan dengan menggunakan teknologi ini, file atau data yang disimpan oleh pengguna dapat terjaga keamanannya. Tidak hanya itu, dengan menyimpan data digitalnya pada cloud storage akan mengurangi resiko, seperti kerusakan perangkat seperti komputer, laptop atau gadget lain dan juga serangan siber seperti virus, malware, peretasan dan phising.

Melihat dari keunggulan-keunggulan teknologi penyimpanan ini, maka memiliki dan mengaplikasikan penyimpanan online ini jadi hal yang sangat penting untuk keperluan bisnis. Mengapa? Karena saat ini, hampir semua data berupa digital. Sementara dengan cloud storage yang besar, pengguna bisa lebih mudah menyimpan dan mengakses banyak data di manapun dan kemanannya pun sudah pasti terjamin oleh penyedia layanan.

Di Indonesia sendiri adopsi cloud sudah cukup banyak diterapkan oleh para pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan mereka telah menyedari keuntungan yang didapat dari menggunakan infrastruktur ini untuk bisnis mereka. Layanan cloud storage apa saja yang bisanya dipilih oleh pelaku usaha? Berikut GoUKM rangkum 8 layanan cloud storage gratis dan juga berbayar.

Google Drive

Layanan cloud storage yang dibesut oleh Google ini cukup menguntungkan karena didukung oleh fitur-fitur Google lainnya seperti Gmail, Google+, dan juga Andorid. Karena telah terintegasi oleh layanan google lainnya tersebut jadi pengguna bisa dengan mudah mengakses data. Bukan hanya itu, Google juga menyiapkan beberapa fitur-fitur tambahan sehingga akan mendukung produkstivitas kerja Anda.

Google Drive memberikan kapasitas hingga 5GB hingga 100 dengan kemampuan untuk membuat dan mengedit dokumen langusng dari Google Drive menggunakan Google Docs, Google Sheet, dan Google Slides. Jadi jika pengguna ingin mengedit laporan keuangan atau memeriksa kontrak bisnis Anda bisa melakukannya kapan saja dengan menggunakan smartphone atau gadget lainnya.

Baca Juga : Layanan Transfer Antar Bank Gratis

Fitur tambahan lainnya yang bisa didapatkan dari Google Drive adalah OCR text Scanning. Jika Anda menggunakan Google Drive untuk kepentingan bisnis, di mana umumnya pasti memiliki jumlah file yang sangat banyak. Masalah akan muncul saat Anda ingin mencari file yang masuk ke akun Anda dari relasi atau yang sudah Anda upload sebelumnya. Jika sudah dikelompokan dan disortir secara rutin mungkin tidak akan jadi masalah. Namun jika tidak, ini akan memakan banyak waktu. Untuk itu, Google Drive memberikan fitur search yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian data baik dokumen maupun foto dengan kata kunci. Sebab, OCR Text Scanning mampu membaca teks yang ada di dalam gambar.

Link Google drive

DropBox

Layanan ini menawarakan penyimpanan gratis sebesar 2 GB. Kapasitas ini mungkin akan terbilang cukup memadai. Namun bila Anda pun masih bisa menambahkan kapasitasnya hingga 16 GB dengan berlangganan ataupun dengan beberapa trik sederhana seperti menhajak teman menggunakan dropbox, menghubungkannya ke media sosial Anda, menyetel akun mailbox, mengikuti panduan get started dan mengaktifkan fitur Camera Upload.

Bila dengan cara berlangganan, Anda bisa memperluas kapasitas penyimpanan hingga 1 TB dengan fitur tambahan yang ada di Dropbox Plus. Dropbox Plus menawarkan control berbagi, perlindungan untuk perangkat yang hilang atau dicuri, dan menyediakan ruang untuk membagi file foto, video, dokumen dan file lainnya. Kontrol berbagi yang bisa digunakan, pengguna bisa membagi kata sandi untuk tautan bersama, dapat memberikan tanggal kadaluarsa untuk file sensitif dan pengaturan izin melihat dokumen. Layanan ini dibadrol dengan harga US$99.00 pertahun atau setara dnegan harga Rp 1.287.000.

Link Dropbox

OneDrive

Layanan ini adalah solusi penyimpanan online yang dibesut oleh Microsoft. OneDrive memberikan penggunannya ruang penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis. Kapasitas ini juga bisa ditambahkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berlangganan layanan Microsoft. Layanan ini merupakan bagian dari layanan online Windows Live (layaknya Gmail) dan memungkinkan pengguna menyimpan file dan data-data mereka secara pribadi membagikannya dnegan orang-orang dalam kontak atau menjadikan berkas-berkas tersebut bersifat public yang dapat dilihat oleh semua pengguna.

OneDrive juga menghadirkan fitur editor via web untuk file-file dokumen (word, Excel, PowerPoint dan OneNote). Layanan ini tidak hanya bisa dikembangkan di platform Windows dan Windows Mobile, tetapi juga mendukung platform OS X dan iOS dan juga Android.

Untuk keperluan bisnis, Microsoft juga menyediakan OneDrive Business yang memiliki kelebihan dan kemampuan yang tak jaiuh berbeda dengan SkyDrive Pro (nama sebelum diganti menjadi OneDrive). Layanan ini hadir dengan fitur yang sederhana dan intuitif. Menggunakannya Anda tidak perlu berlangganan Ofiice 365 terlebih dahulu karena OneDrive for bisnis hadir dengan layanan mandiri. OneDrive for Business dibandrol dengan harga US$119 hingga US$165 pertahun atau seharga Rp 1.547.000 hingga Rp 2.145.000 pertahun.

Amazon Cloud Drive

Aplikasi cloud storage ini dirilis pertama kali dalam aplikasi mobile pada 2015 lalu. Amazon Cloud Drive tersedia di platform iOS, Android dan perangkat berbasis Kindle. Konsepnya pun serupa dengan layanan cloud lain, seperti Google Drive, OneDrive dan juga layanan lainnya. Aplikasi dari Amazon ini bekerja serupa dengan sistem iCloud, di mana pengguna dapat membuka aplikasi yang berbeda tergantung dari apa yang ingin diakses. Misalnya, bila pengguna ingin menyaksikan video, maka harus memiliki aplikasi video serta aplikasi photo-viewing untuk mengakses foto.

Layanan ini bisa digunakan oleh pengguna tanpa dikenakan biaya. Untuk kapasitasnya sendiri Amazon memberikan ruang penyimpanan sebesar 5 GB untuk menyimpan file berupa video, music, foto, teks, powerpoint dan dokumen lainnya.

Bukan hanya itu, Amazon juga menyediakan storage dokumen di cloud dengan kapasitas yang tidak terbatas (unlimited). Aplikasi ini dibandrol dengan harga US$68 atau setara dengan Rp 906.729 per tahun. Dibandingkan dengan layanan cloud lainnya, yang ditawarkan Amazon cukup menarik dari sisi pembiayaannya. Bila yang lainnya memberikan kapasitas yang paling besar 1 TB, Amazon dengan berani memberikan kapasitas tidak terbatas. Belum lagi harganya juga lebih murah dari aplikasi serupa lainnya.

Baca Juga : Software Akuntansi Online

Layanan Amazon Cloud Drive ini tentu saja aman digunakan dan juga mendukung backup otomatis. namun kekurangannya adalah file yang diupload dibatasi hanya sebesar 2 GB. Jadi bila Anda memiliki file lebih dari 2 GB perlu split file (memotong file) terlebih dahulu.

Amazon Cloud drive

Box Cloud

Dengan layanan BOX pengguna bisa menyimpan berbagai bentuk file online. Kapasitas ruangan penyimpanan yang diberikan sebesar 10 GB dengan batas upload 250 MB. Selebihnya pengguna harus berlangganan terlebih dahulu dengan membayar US$10 atau sekitar Rp 131.000 per tahun untuk 25 GB.

Aplikasi ini dirancang lebih sederhana dan user friendly karena tidak memiliki fitur-fitur khusus. Artinya hanya untuk mengupload, download, dan berbagi file. Namun Anda atau rekan bisnis Anda tetap memungkinkan untuk mengedit dan mengomentari file yang tersimpan. Box juga memiliki Widget yang dapat memberitahu Anda tentang perubahan dokumen bersama.

Biznet Gio Box

Tahun lalu penyedia jasa internet PT Biznet GIO Nusantara meluncurkan layanan GIO Box yang merupakan layanan yang digunkanan untuk flie sharing dan kolaborasi online sebagai penyimpanan data online yang dapat diakses dari manapun menggunakan perangkat apapun. Di mana data-data yang disimpan dapat disinkronisasi dan di-share kepada siapapun setiap saat.  GIO Box diklaim mempunyai metode pengoperasian yang mudah dan aman dengan fitur pengaturan data pernting lainnya.

Keuntungan lainnya menggunakan cloud storage milik Biznet, pengguna bisa merasakan konseksi yang lebih cepat mengingat infrastrukturnya berlokasi di Indonesia sehingga jaringan lebih stabil. GIO Box dapat digunkan pada platform iOS, Android, Windos, Mac dan juga Linux. Untuk kuota penyempinan pengguna diberikan kapasitas sebesar 50GB dengan maksimal upload sampai dengan 100 MB melalui website, sedangkan bila melalui aplikasi smartphone dan desktop sampai dengan 1GB.

Degoo

Degoo menawarkan kapasitas sebesar 100 GB yang bisa Anda gunakan gratis cukup dengan membuat akun Dedgoo saja. Degoo sering dimanfaat kan sebagai alat backup online. Layanan cloud storage ini menggunakan sistem keamanan yang telah terenskripsi saat data diunggah.

Bila Anda membutuhkan kapasitas lebih dari 100GB Anda juga bisa menambahnya dengan cara berlangganan paket premium. Di mana paket ini dibandrol dengan harga US$9.99 atau seharga Rp 129.870 per bulannya. Aplikasi ini dapat disinkonisasikan secara real-time dengan gadget Anda. Itu artinya bila Anda memasukan berupa foto, teks atau video secara otomatis data tersebut terupdate di cloud storage Anda.

Mediafire

Mungkin sebagian dari Anda mengenal cloud storage yang satu ini. Mediafire memberikan kapasitas ruangan penyimpanan gratis sebesar 10GB dengan batas unggah maksimal 200MB. Sama seperti cloud storage yang lain, kapasitasnya masih bisa ditambah dengan cara berlangganan paket seharga US$2.49 atau sekitar Rp 32.370 perbulan untuk kapasitas 1TB dengan batas unggah maksimal 4 GB. Sedangkan paket Business dengan harga US$24.99 atau sekitar Rp 324.870 per bulan untuk kapasitas sebesar 100TB dengan batas unggah file maksimal 10GB.

Kelebihan lainnya dari layanan cloud storage ini tidak memberikan waktu tunggu mengunduh, pemberian batasan download parallel, dan batasan bandwidth. Namun, MediaFire membutuhkan cookies dan CAPTCHA jika anda mengunduh berkas yang sama dua kali.

Dari beberapa cloud storage yang sudah kami rangkum di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari segi kapasitas penyimpanannya maupun fitur yang diberikan. Bila Anda tertarik ingin menggunakan teknologi ini untuk keperluan usaha Anda ada baiknya Anda mempertimbangkan dahulu beberapa hal ini.

Tujuan menggunakan aplikasi cloud storage

Perlu Anda ketahui penggunaan layanan cloud storage gratis tara-rata diperuntukan bagi pengguna individu karena batasan penyimpanan dan pembatasan pengguna. Bila Anda berencana untuk mengalokasikan penyimpanan dan file permissions ke beberapa pengguna sebaiknya gunakanlah layanan yang berbayar. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan fitur tambahan lainnya.

Berapa banyak kapasitas penyimpanannya

Setiap penyedia layanan menawarkan kapasitas yang berbeda-beda jadi Anda harus memikirkan terlebih dahulu apa yang ingin Anda simpan. Bila hanya beberapa file ukuran kecil saja, maka Anda cukup untuk memilih layanan yang kecil bahkan Anda bisa menggunakan layanan gratis. Namun bila file berukuran besar maka sebaiknya upgrade besar kapasitas penyimpanan.

Perhatikan maksimum upload file

Memperhatikan maksimum upload file cukup penting sebelum memilih layanan cloud storage. Misalnya Mediafire yang membatasi pengguna paket free yang upload file tidak lebih dari 200MB. Nah ini tidak akan berguna bila Anda perlu mengupload video promosi binsis yang berukuran 1.5MB. Selain itu, Anda juga perlu memastikan apakah dapat menggunakan akun Anda dengan beberoa komputer atau prangkat yang berbeda dan memeriksa setiap batas bandwidth yang akan membatasi kecepatan upload dan download.

Bagaimana sistem keamanannya  

Enskripsi SSL standar bisanya diberikan pada pengguna gratis, namun terkadang tidak semua akun gratis. Maka Anda perlu tau apakah data yang Anda simpan terenkripsi atau hanya upload dan download dengan cara biasa. Ada harus tahu apakah terdapat fitur tambahan termasuk verifikasi dua langkah pengamanan (di mana Anda harus mengambil langkah tambahan seperti memasukan kode dan memasukan password) serta kemampuan untuk memberikan password yang melindungi file atau folder tertentu.

LEAVE A REPLY