5 Bisnis Akhir Tahun yang Menguntungkan

bisnis akhir tahun

Akhir tahun tinggal menghitung hari, tak sedikit orang telah merencanakan liburannya. Apalagi di akhir tahun banyak tanggal merahnya belum lagi yang mengambil cuti. Mungkin Anda termasuk salah satunya. Bagi para pebisnis biasanya akhir tahun dijadikan ajang untuk membuka usaha dadakan. Bisnis akhir tahun memang menjanjikan apalagi banyak para pebisnis yang merencanakan liburan.

Nah saat itulah bisa Anda jadikan peluang usaha, untuk membuka bisnis di akhir tahun Anda. Sepertinya menguntungkan. Lalu bisnis akhir tahun seperti apa yang kira-kira menguntungkan?

Bisnis Jasa Rental Mobil dan Motor

 Ketika liburan tak sedikit orang mencari tempat untuk penyewaan kendaraan baik mobil atau motor untuk mereka berpergian. Tak jarang mereka memilih meninggalkan kendaraan pribadi mereka di rumah dan liburan dengan menggunakan travel atau pesawat. Karena lelah jika harus berpergian ke kota tujuan dengan mengendarai kendaraan sendiri.

Sehingga hal tersebut bisa dimanfaatkan. Anda bisa membuka bisnis jasa rental mobil atau motor. Biasanya diluar liburan biaya untuk rental mobil perharinya dikenakan Rp150-Rp300 ribu tergantung dari masing-masing daerah. Sedangkan untuk motor biasanya Rp 50-Rp150 ribu. Namun untuk hari libur biasanya harga penyewaan dinaikkan 50 hingga 100 persen. Menguntungkan bukan?

Jika Anda memilki kendaraan yang tidak terpakai, misalnya saja motor bisa Anda sewakan di akhir tahun ini. Misalnya saja harga sewa hanya Rp 100 ribu rupiah perharinya dan disewakan selama seminggu. Berarti dalam satu minggu Anda bisa mendapatkan uang Rp700ribu. Lumayan bukan? Tanpa harus keluar keringat Anda bisa mendapatkan uang. Namun jika yang menyewa adalah kerabat atau teman baik Anda lebih baik Anda mengkorting harga penyewaan.

Tentunya bisnis akhir tahun ini memiliki resiko yang besar. Selain kerusakan ketika disewakan bisnis ini juga menanggung resiko kehilangan. Makanya sebelum disewakan Anda harus benar-benar tahu identitas si penyewa. Jangan lupa sebelum menyerahkan kendaraan Anda, sebaiknya Anda meminta identitasnya seperti KTP atau identitas lainnya sebagai jaminan. Jadi jika kendaraan Anda dibawa kabur olehnya Anda bisa melaporkan ke polisi dengan menyerahkan identitas orang tersebut, Sehingga si pembawa kabur kendaraan Anda mudah untuk dilacak.

Bisnis Penginapan

Anda pernah mendengar homestay? Jika iya, anda bisa mencoba bisnisn homestay dadakan jika di rumah Anda ada kamar yang tidak terpakai namun layak huni. Bisnis ini sangat menguntungkan, karena banyak para backpacker yang lebih memilih menginap di homestay dibandingkan dengan hotel yang harganya jauh lebih mahal.

Anda bisa menyewakannya harian atau mingguan kepada para wisatawan. Namun ingat bisnis penginapan ini memiliki resiko yang besar jika kamar yang Anda sewakan satu rumah dengan kediaman Anda. Makanya sebelum Anda menyewakan Anda harus teliti kepada para penyewa. Minta identitas mereka dan jangan pernah lengah untuk mengawasi barang-barang berharga Anda. Karena kita tidak tahu siapa yang menginap di kediaman Anda sehingga Anda harus waspada setiap saat. Untuk harga kamar tergantung dari fasilitas yang disediakan selain itu tergantung juga dari lokasi penginpan. Semakin startegis dan lengkapnya fasilitas tentunya akan semakin mahal.

Biasanya harga penyewaan perhari dimulai dengan Rp 50.000 hingga Rp 250.000 perkamarnya. Tentunya harga ini disesuaikan dengan fasilitas yang disediakan. Jangan terlalu mahal karena jika terlalu mahal biasanya para wisatawan lebih memilih menginap di hotel yang kebersihan dan keamannya terjamin.

Bisnis Paket Wisata

Bisnis ini butuh orang yang pengalaman karena bisnis paket wisata ini mencakup keseluruhan mulai dari transportasi, penginapan, tempat wisata hingga oleh-oleh.Bisnis ini memerlukan orang yang profesioanl mengenal tempat wisata yang satu dengan lainnya.  Jadi bagi Anda yang belum memiliki pengalaman lebih baik tidak disarankan kecuali jika Anda memang hobi traveling jadi Anda mengenal dengan baik tempat-tempat wisata yang bagus, hunting tiket yang murah, penginapan yang nyaman hingga oleh-oleh yang enak.

Bisnis Jasa Guide

Bisnis ini hampir sama dengan bisnis jasa guide bedanya bisnis ini tak mesti paket wisata. Jadi cukup menjadi guide mereka dalam satu tempat wisata saja. Bedanya lagi bisnis ini memang diperuntukan wisatawan asing jadi Anda memang harus mengusai bahasa asing minimal bahasa Inggris.

Jika Anda memang memiliki kemampuan berbahasa asing tak ada salahnya jika Anda menawarkan tempat wisata sekaligus jasa guide Anda secara online saya rasa banyak wisatawan yang tertarik hanya lewat gambaran dunia maya.

Jadi guide juga bukan hanya sekedar mempunyai kamampuan berbahasa asing namun juga paham dan mengerti mengenai wisata tersebut mulai dari sejarah hingga perkembangannya hingga kini. Jadi sebelum Anda menawarkan diri sebagai guide ada baiknya Anda mengunjungi tempat wisata tersebut dan mempelajarinya.

Bisnis Kuliner Khas

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu kota wisata tanpa mencicipi makanan khasnya. Makanya saat akhir tahun  menjelang dimana liburan datang berbisnislah makanan khas setempat. Pasti banyak yang berminat karena di daerah mereka belum tentu ada yang jual. Dan meski ada yang jual belum tentu seasli dan seenak tempat asal. Dan disarankan Anda menjualnya di daerah wisata atau di pinggir jalan menuju daerah wisata pasti banyak pembelinya.

Bisnis Oleh-Oleh

Biasanya wisatawan ketika mau pulang yang dicari adalah oleh-oleh khas kota yang berupa makanan ringan. Biasanya roti, kerupuk, keripik, manisan dan lainnya. Anda bisa mencoba menjualnya di dekat tempat wisata. Bisa juga Anda menjualnya secara online jika Anda belum memiliki tempat untuk berjualan. Dengan berjualan oleh-oleh secara online biasanya yang membeli justru orang-orang yang tak berpergian.

Bisnis Souvenir

Bukan hanya oleh-oleh yang biasanya dicari oleh wisatawan namun juga souvenir sebagai buah tangan kerabat yang tak diajak jalan-jalan. Souvenir yang biasanya dibeli biasanya kerajinan tangan, lukisan, batik, gantungan kunci  hingga tanaman hias.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk menjalankan bisnis akhir tahun ini ? Selamat Mencoba !

 

LEAVE A REPLY