Jangan Sampai Gagal! Perhatikan 5 Alasan Utama Mengapa Bisnis UKM dan Startup Bisa Gulung Tikar

Ada sebuah penelitian yang dilakukan lembaga keuangan di Amerika, kalau ternyata 82% bisnis kelas UKM dan startup gagal karena alasan yang sebenarnya jarang sekali diperhatikan, yakni Arus Kas. Ada pepatah mengatakan profit is queen, cash is KING.” Profit biasanya hanya ada di atas kertas, namun yang amat menentukan kelangsungan hidup bisnis UKM atau startup adalah arus kas.

Maka slogannya adalah “Show me the money. Show me fresh cash

Secara lebih rinci, survei dari lembaga keuangan tadi menyebutkan fakta bahwa kebanyakan alasan bisnis UKM dan startup gagal karena sebagai berikut :

Terlihat jelas bukan bahwa penyebab utamanya adalah Manajemen Keuangan, yaitu KAS dan juga dari sisi SDM yang kurang mumpuni.

Nah, coba kita bahas satu per satu. Sebenarnya apa saja permasalahan yang dihadapi UKM terkait kegagalan keuangan,  yaitu arus kas.

  1. Tidak Paham Konsep Dasar Arus Kas

Sebenarnya arus kas itu tidak sulit untuk dipahami. Pada dasarnya arus kas adalah jumlah uang (cash) yang bergerak, baik masuk atau keluar, dibisnis Anda. Uang keluar adalah biaya dan uang masuk adalah pendapatan, tapi secara cash. Jadi hutang dan piutang tidak terhitung.

  1. Terlalu Fokus pada Revenue

Memang revenue (pendapatan) adalah hal penting bagi berjalannya bisnis, tetapi bagaimana dengan PROFIT atau Keuntungan yang Anda dapatkan? Terlalu fokus pada banyaknya order dan jumlah revenue bisa membuat Anda kehilangan fokus pada PROFIT. Justru hal ini bisa menjadi alasan bisnis Anda tidak profitable dan parahnya gulung tikar.

  1. Biaya yang Tidak Terkontrol

Biaya impulsif juga jadi masalah yang kerap kali terjadi. Tidak adanya budgeting (perencanaan anggaran) yang jelas menyebabkan Anda asal mengeluarkan biaya dan tiba-tiba jumlah pengeluaran meledak malah bisnis Anda rugi. Selalu cek efektivitas biaya Anda dapat jadi salah satu kunci kesuksesan bisnis.

  1. Kelamaan Menerima Pembayaran pada Piutang (A/R)

Kebaikan Anda untuk memberikan jangka waktu yang lebih lama untuk pelanggan ternyata dapat berdampak buruk bagi kondisi arus kas Anda, kondisi kesehatan bisnis Anda. Coba untuk pantau piutang Anda lebih jeli dan dapatkan pembayaran yang lebih cepat. Jangan sampai bisnis Anda malah merugi karena ini.

  1. Tidak ada Pembukuan

Pembukuan mungkin terkesan ribet untuk dilakukan. Padahal sebenarnya tidaklah sulit, coba untuk eksplor solusi pembukuan yang kini ada. Sederhananya adalah lakukan pencatatan transaksi setiap hari dan perhatikan pergerakan aktivitasnya di bisnis Anda.

Proses pembukuan keuangan seadanya dan tidak rapi ini bisa menjadi bom waktu untuk usaha Anda, Jangan terlalu pusing apabila Anda tidak paham akuntansi atau teori keuangan, yang Anda butuhkan hanyalah fokus pada kas, untung dan rugi.

Penggunaan aplikasi dan software pembukuan/akuntansi akan sangat membantu, karena semua sudah serba otomatis, Anda hanya perlu input transaksi dan rekapan sudah langsung terlihat. Tidak perlu investasi terlalu mahal, Anda bisa menggunakan software yang sudah online dan memang terjangkau. Salah satu contohnya adalah Sleekr Accounting. Jangan ragu jika tidak cocok, karena Anda bisa coba langsung dengan gratis dulu sebelum melakukan pembayaran. Bahkan, ada paket gratis selamanya untuk bisnis pemula. Jadi, tidak ada salahnya untuk investasi pada sistem.

Lalu Bagimana dengan Manajemen SDM?

Demikian juga dalam soal pengelolaan administrasi SDM. Kebanyakan UKM atau Startup belum memiliki pencatatan yang baik tentang data administrasi karyawannya. Semua masih dilakukan secara manual dengan menggunakan Excel.

Data tentang gaji karyawan, absensi, jatah cuti, proses pengajuan cuti, pembayaran pajak karyawan dan iuran BPJS, semua juga masih banyak yang dilakukan secara manual. Pencatatan manual via excel ini tentu saja menghabiskan banyak waktu dan tidak efisien. Sebab semua data tidak bisa dikendalikan secara otomatis.

Mungkin saat ini belum terasa karena Anda masih mengelola di bawah 20 karyawan. Bayangkan jika bisnis Anda berkembang dan semakin banyak karyawan. Yakin semua dilakukan manual? Pakai kertas? Hitung manual bisa sangat memakan waktu, belum lagi proses admin seperti klaim/reimburse dan cuti. Melelahkan pastinya.

Mulailah untuk investasi pada teknologi yang bisa membantu Anda menghindari error dan semakin membuat bisnis Anda efektif dan efisien, salah satunya adalah dengan pakai Sleekr HR. Jangan takut untuk mencoba!

Sleekr Hadir dengan Paket Gratis Selamanya untuk Para UKM

Sleekr merupakan software HR dan Akuntansi #1 di Indonesia. Misi Sleekr adalah menciptakan lingkungan kerja yang efektif dan efisien bagi bisnis Indonesia melalui teknologi. Seperti yang dijelaskan diatas, Anda harus mulai menggunakan sistem terpusat untuk menghindari rugi dan fokus pada keuntungan Anda. Sleekr menyediakan paket gratis untuk Anda gunakan.

Sleekr Accounting dapat langsung membantu Anda mengatasi masalah pembukuan, transaksi dan rekap kondisi harian bisnis Anda. Tanpa perlu mengerti akuntansi pun Anda bisa menggunakannya langsung. Tentunya ada paket gratis selamanya yang bisa Anda gunakan, apalagi jika Anda belum lama menjalankan bisnis.

Untuk Sleekr HR <20 karyawan Anda dapat langsung menggunakan tanpa batasan waktu, dari database, admin klaim dan cuti hingga hitung gaji.  Anda bisa KLIK DISINI untuk mencobanya secara GRATIS.

Aplikasi SLEEKR ini dibangun dengan berbasis cloud computing – sehingga bisa diakses kapan saja, dimana saja, hanya dengan smartphone Anda. Sleekr pun sudah digunakan perusahaan besar di Indonesia seperti Tokopedia, Burgreens, Qlue, Serambi Botani, GO-LIFE, Akulaku dan ratusan lainnya. Ayo! Fokus pada perkembangan bisnis Anda dan raup keuntungan sebanyak-banyaknya.

SHARE
Content writer GoUKM.id dan marketing GoUKM Training Center. Contact saya di sucirahmadh@gmail.com.

LEAVE A REPLY