10 Usaha Kecil yang Bisa Dilakukan di Rumah

Usaha kecil

Usaha kecil yang bisa dilakukan di rumah biasanya yang paling sering dicari oleh pelaku usaha. terutama para ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan namun tidak mau meninggalkan tanggung jawab mereka sebagai seorang ibu. Mengapa usaha kecil? Karena modal yang dibutuhkan tidaklah besar selain itu resikonya pun cenderung lebih kecil daripada memulai usaha langsung dalam skala besar.

Tapi bukannya keuntungannya tidak menjanjikan? Jangan salah, usaha kecil bila manajemennya tepat maka akan berkembang menjadi usaha dengan keuntungan yang tak terkira. Lalu apa saja usaha kecil rumahan yang bisa kita jalani? Berikut adalah 10 usaha kecil yang bisa Anda lakukan di rumah.

Usaha jasa pembuatan kue kering dan basah

Makanan merupakan salah satu usaha yang paling cepat perkembangannya dan banyak konsumennya. Nah, bila Anda memiliki keahlian membuat kue, ini bisa jadi bisnis yang tepat dan menguntungkan untuk Anda. Tidak usah langsung membuaka toko kecil untuk menjual kue, Anda bisa mulai dari menerima pesanan terlebih dahulu dari tentangga, teman dekat atau saudara. Untuk itu langkah awal yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha ini adalah promosikan terlebih dahulu ke kerabat, bahwa Anda menerima permintaan membuat kue. Buatlah sample atau kue yang bisa dicoba oleh konsumen agar lebih meyakinkan konsumen bagaimana rasa kue yang Anda buat.

Usaha menjual kerajinan tangan dari barang bekas

Barang bekas juga bisa jadi sumber penghasilan bagi Anda yang kreatif. Tetapi bagi yang tidak memiliki keahlian tak perlu khawatir karena kini sudah banyak tutorial dari Internet yang akan membantu Anda untuk membuat kerajinan tangan yang bisa menghasilkan uang. Usaha kerajianan tangan ini tentu tidak memerlukan modal yang besar terang saja karena bahan utamanya sendiri menggunakan barang-barang bekas yang tidak terpakai. Misalnya saja botol plastik, yang bisa disulap menjadi rak atau tempat menyimpan perhiasan atau dibuat menjadi lampu gantung yang unik.

Membuat dan menjual aksesoris wanita

Untuk para ibu rumah tangga bisnis aksesoris peluang usaha yang cocok untuk ditekuni di rumah. Kebutuhan wanita akan aksesoris kini ibarat sudah berubah dari hanya pelengkap menjadi keharusan sehingga usahanya pun diincar oleh para pelaku bisnis. Dari modal 500 ribu Anda sudah bisa mulai menjalani usaha ini dengan perkiraan keuntungan sebesar Rp 1 sampai Rp 5 juta perbulannya. Anda tertarik?

Baca Juga : Usaha Rumahan Omzet Jutaan 

Jual makanan gorengan

Usaha gorengan memang paling banyak ditemui, meskipun termasuk usaha yang banyak pesaingnya  tidak malah membuat pengusaha enggan memilih peluang usaha tersebut. Sebenarnya ini tergantung cara Anda mengelolanya. Untuk itu, bila ingin memulai usaha ini Anda harus pintar-pintar mengkreasikan produk gorengan Anda untuk menarik minat konsumen, tidak hanya itu lokasi tempat Anda berjualan juga sangat perlu diperhatikan. Namun bila Anda ingin usaha di rumah, baiknya tentukan dari permintaan konsumen di sekitar Anda.

Membuka usaha kursus memasak

Punya keahlian memasak? Kenapa tak manfaatkan keahlian Anda untuk menekuni usaha kursus memasak? mungkin buku-buku resep saja cukup untuk yang ingin belajar memasak tapi mungkin sebagian orang lebih mudah dipelajari lewat praktik langsung. Nah, momen ini bisa Anda manfaatkan, halaman atau teras rumah bisa Anda jadikan tempat kursus. Selain dapat berbagi ilmu, usaha ini pun bisa menghasilkan.

Toko online

Usaha online sedang marak dipilih oleh pelaku usaha. Selain mudah dijalankan, bisnis ini juga menghasilkan omzet yang cukup menjanjikan. Hal yang sangat utama harus Anda miliki adalah wawasan mengenai bagaimana Anda berpromosi melalui media maya. Karena target pasar Anda konsumen di dunia maya maka dari itu pahamilah mengenai internet marketing.

Usaha membuka jasa permak dan terima jahitan

Usaha kecil rumahan selanjutanya adalah membuka jasa permak dan terima pesanan jahitan. Bila Anda memiliki keahlian dalam urusah menjahit pakaian, Anda bisa mengeluti usaha ini. Membuka jasa permak dan menjahit baju tidak perlu menyewa tempat, Anda bisa manfaatkan ruang tamu Anda untuk menerima pesanan. Karena ini merupakan usaha menawarkan jasa, waktu kerja Anda juga ditentukan oleh permintaan untuk itu usaha ini tepat digeluti oleh para ibu yang memiliki kemampuan menjahit dan ingin menghasilkan uang tambahan.

Menjual minuman ringan dan bleend

Kini bisnis minuman sudah cukup menjamur di Indonesia, di mana ada tempat makan pasti di sekitarnya juga ada yang menjual minuman, entah itu minuman ringan yang dikemas ataupun minuman bleend. Usaha ini menjadi pilihan selain menguntungkan, mudah dijalani di rumah dan juga bersifat long term.  Makin berkembangnya bisnis ini membuat pelaku usaha harus pintar-pintar berinovasi agar minuman yang mereka sajikan berbeda dari yang lain.

Usaha jual voucher pulsa dan token listrik

Selain bisnis toko online, digitalisasi juga membuka peluang baru lainnya, seperti menawarkan jasa pembayaran atau pembelian voucher pulsa dan token listrik. Nah, bila Anda ingin memulai usaha ini yang perlu diingat adalah cari tahu distributor penyedia voucher pulsa dan token listrik. Jangan sampai Anda salah memilih distributor karena kemungkinan Anda merugikan Anda nantinya.

Membuka warung kopi dan mie instan

Terakhir adalah Anda bisa membuka usaha warung kopi dan mie instan di depan rumah Anda. Modal yang diperlukan sangat sedikit kok, kita hitung saja untuk 1 renceng kopi saset hanya 12 ribu bila Anda membeli 6 renceng kopi Rp 72 ribu dan untuk 1 kardus mie instan hanya  70 ribu. Untuk membeli bahannya saja Anda cukup mengeluarkan 142 ribu dan ditambah dengan biaya air dan gas kurang lebih 150 ribu. Perbulannya modal yang Anda butuhkan hanya 292 ribu, modalnya minim sekali bukan?

LEAVE A REPLY