10 Mesin Makanan UKM Agar Usaha Makanan Kian Melesat

Mesin UKM yang Cocok untuk Usaha Anda

Anda ingin berbisnis namun tetap memiliki waktu santai? Bisa saja jika Anda dibantu dengan peralatan-peralatan modern seperti mesin makanan UKM. Mesin makanan sangat membantu Anda dalam pengerjaan produk Anda dengan waktu yang seminim mungkin namun mendapatkan hasil yang maksimal.

Tak sedikit orang mempertimbangkan untuk membeli mesin pengolah makanan karena harganya yang mahal. Namun tahukah Anda bahwa mesin UKM adalah sebuah investasi berjangka panjang. Karena dengan mesin Anda bisa menghemat tenaga kerja sehingga tak perlu menggaji tenaga kerja terlalu banyak karena mesin ini memiliki pengaturan otomatis yang bisa dikerjakan dengan sedikit operator bahkan tanpa sama sekali. Sehingga Anda tak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menggaji karyawan.

Berikut 10 Mesin UKM yang Cocok untuk Usaha Anda  

  1. Mesin Pembuat Bakso

Mesin UKM yang Cocok untuk Usaha Anda

Anda ingin berbisnis bakso? Sepertinya Anda membutuhkan mesin bakso untuk memperlancar bisnis Anda. Karena dengan mesin ini Anda bisa membuat bakso dengan lebih mudah dan cepat. Sehingga waktu Anda tak habis di dapur untuk membuat adonan bakso. Namun Anda bisa juga mengembangkan usaha Anda dengan memasarkannya langsung. Baik dalam bentuk bakso kemasan untuk para pedagang bakso maupun membuka warung bakso.

Untuk usaha bakso Anda sebenarnya bisa dengan cara manual. Namun jika Anda ingin hasilnya maksimal ditambah dengan sebentar mengerjakannya tentunya Anda membutuhkan suatu alat untuk memudahkan usaha Anda.  Dengan mesin bakso Anda bisa menghemat waktu dan biaya. Meskipun di awal Anda harus mengeluarkan uang yang besar untuk investasi mesinnya.

Mesin yang dibutuhkan untuk membuka usaha bakso seperti mesin meet grinder dan mesin pencetak bakso. Meet Grinder atau mesin penggiling daging merupakan mesin pertama yang dibutuhkan untuk membuat bakso. Mesin ini bukan hanya mampu menghaluskan daging namun juga mampu menghaluskan bahan makanan lainnya seperti kacang hijau matang, kentang matang dan lain-lain.

Mesin ini memiliki dua macam pertama mesin handmade grinder yang ukurannya lebih kecil dari meet grinder Taiwan namun bisa menggiling daging hingga 45kg/jamnya. Sementara Meet Grinder Taiwan bisa menghaluskan daging hingga 200kg/jamnya. Setelah daging dilumatkan dengan mesing grinder,  daging kemudian bisa dicetak dengan mesin pencetak bakso. Dengan mesin tersebut Anda bisa mencetak bakso, 250-300 butir per menitnya.

  1. Mesin Mie

Mesin UKM yang Cocok untuk Usaha Anda

Selain bakso makanan yang digemari oleh orang Indonesia adalah mie. Jika Anda ingin menekuni usaha ini tak ada salahnya Anda berinvestasi mesinnya yang bisa menghemat waktu dan membuat hasil lebih maksimal dibandingkan jika membuat mi dengan cara manual.

Salah satunya dengan menggunakan mesin mi Tipe NOD-200 yang mampu membuat mi dengan ketebalan 2mm sampai dengan 6mm. Mesin ini juga bisa mencetak mi hingga kapasitas 20-25 kg per jamnya.

Ada juga mesin Mie Nod-300. Mesin otomatis  yang lebih besar lagi kapasitasnya karena mampu mencetak mi sebesar 30-40kg/jam dengan lebar roll pemipih sebesar 30 cm. Mesin mi yang satu ini khusus untuk mi basah dan lurus, dengan diameter bulat 2 dan 3 mm.

  1. Mesin Es Krim

Mesin UKM yang Cocok untuk Usaha Anda

Makanan pembuka yang selalu menjadi daya tarik semua usia adalah es krim. Tak bosan-bosan orang mengkonsumsinya baik anak-anak maupun orang tua. Untuk membuat usaha es krim tentunya tak bisa hanya mengandalkan peralatan rumah saja. Karena es krim yang dihasilkan tidaklah selembut dengan es krim yang seharusnya.

Justru es yang dihasilkan seperti es serut yang permukaannya kasar. Sehingga memang dibutuhkan peralatan tambahan untuk mendapatkan es krim yang kualitasnya maksimal. Seperti mesin es krim.

Mesin es krim sendiri memiliki dua jenis yaitu mesin soft ice cream dan hard ice cream. Kedua mesin ini berbeda karena menghasilkan tekstur es krim yang berbeda, seperti mesin soft ice cream yang menghasilkan tekstur es krim yang lebih lembut karena memiliki kadar susu dan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis hard ice cream karena diproduksi pada suhu yang lebih tinggi dibandingkan dengan membuat es krim di mesin hard ice cream.

Sementara mesin hard ice cream menghasilkan es krim yang teksturnya agak kasar hanya saja tidak seperti es lilin apalagi es batu. Selain mesin soft dan hard ice cream ada juga mesin es loli. Meski bentuknya hampir mirip dengan es lilin namun teksturnya lebih lembut.

  1. Mesin Sosis

Untuk membuat sosis Anda juga bisa menggunakan mesin meat grinder yang digunakan untuk melumatkan daging untuk bakso. Kerjanya hampir sama yakni melumatkan daging setelah itu ada mesin pencetak sosisnya. Sehingga jika Anda memiliki usaha sampingan bakso dan memiliki mesin grindernya Anda bisa mencetak sosisnya.

Selain mesin grinder ada juga mesin khusus sosis yang terdiri dari dua ketgori yaitu mesin  pembuat sosis dan mesin cetak sosis. Mesin pembuat sosis merupakan mesin yang didesain dengan teknologi dan kecanggihan sistem yang unggul sehingga bisa meminimalisir terjadinya kontaminasi dengan sentuhan tangan jika membuat sosis.

Sementara mesin cetak sosi digunakan untuk mengisi adonan kulit sosis yang dibuat oleh mesin pembuat sosis.  Dengan mesin ini diharapkan bisa menghasilkan produk sosis bentuknya sesuai dengan keinginan karena jika mencetak dengan tangan ukuran dan bentuknya terkadang tak sesuai.

  1. Mesin Roti

Mesin UKM yang Cocok untuk Usaha Anda

Selain bahan baku untuk membuat roti yang berkualitas Anda membutuhkan sebuah mesin roti agar roti Anda bukan hanya enak rasanya namun juga mengembang rotinya. Berbeda dengan membuat roti secara manual yang membutuhkan waktu yang lama dan banyak tenaga kerja. Dengan mesin roti Anda bisa membuat roti dalam waktu sebentar dengan sedikit tenaga kerja.

Mixer roti merupakan salah satu mesin roti yang bisa membantu usaha Anda. Mixer ini memiliki tipe dan ukuran yang berbeda. Bagi para pemula Anda bisa mencoba dengan mixer plantery yang biasa digunakan oleh banyak orang.  Mixer ini memiliki kapasitas dari 10 liter hingga 40 liter.

Selain itu ada juga mixer spiral yang biasa digunakan untuk adonan yang lebih berat untuk membuat bagel. Roti yang menyerupai donat hanya saja ukurannya dua kali lebih besar dan biasanya dipanggang bukan digoreng. Untuk memaksimalkan usaha roti Anda jika sudah mulai berkembang Anda bisa menggunakan mixer dan oven roti yang bisa disesuaikan dengan ukuran atau bahan baku yang akan Anda buat.

  1. Mesin Presto

Tak kalah dengan bakso dan mi, makanan presto seperti bandeng dan bebek presto pastinya memiliki penggemarnya sendiri. Anda bisa memulai bisnisnya karena sedikit kompetitornya. Tentunya jika ingin membuka usaha ini membutuhkan sebuah mesin khusus presto bukan sekedar panci untuk merebus atau mengukus saja.

Karena mesin presto memang didesain khusus untuk suhu dan tekanan tinggi sehingga bisa mendapatkan daging (ikan, ayam, bebek) yang empuk dan lembut hingga tulang pun bisa dikonsumsi.  Mesin ini bisa melunakkan dalam waktu sebentar tanpa mengurangi cita rasanya bayangkan jika Anda merebus ikan, ayam dan bebek terlalu lama maka rasanya akan berubah.

Mesin presto sangat cocok bagi Anda yang ingin membuka usaha presto baik skala rumahan, warung makan, katering hingga katering. Mesin presto memiliki ukuran yang berbeda-beda, Anda bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari kapasitas 10kilo, 20kilo, 30 kilo hingga 50 kilo. Selain membuat daging dan tulang lunak mesin ini mampu membuat  olahan tulang yang bisa meresap hingga ke dalam olahan daging hingga maksimal sehingga rasanya lebih enak.

  1. Mesin Kopi

Saat ini sedang trend membuat kopi bukan hanya dengan menyeduhnya saja namun juga membuatnya mulai dari proses biji hingga diberikan campuran sesuai selera. Sehingga membuat warung kopi menjadi naik kelas menjadi sebuah kafe. Harga kopi yang dijual pun lebih mahal meski bahan baku yang digunakan tak jauh berbeda namun rasa yang didapat sangat jauh berbeda. Itu yang sering dikatakan oleh pecinta kopi. Mereka lebih puas jika bisa menikmati kopi yang awalnya masih berupa biji kopi yang kemudian digiling dan diseduh kemudian langsung dinikmati.

Mesin kopi sendiri memiliki berbagai jenis seperti mesin kopi instan yang dirancang dengan berbagai ukuran mini, digital computer control dan mudah digunakan. Mesin kopi ini sangat cocok digunakan di kantor, kantin, health center, ruang tunggu dan lain-lain.  Selain itu ada juga mesin penghangat kopi atau cofee warmer , mesin ini selain untuk menghangatkan kopi bisa juga menghangatkan minuman lainnya seperti teh. Mesin ini cocok digunakan di kantor, hotel, restaurant.

Kemudian ada juga mesin penggiling kopi yang fungsinya untuk menghaluskan biji kopi yang telah disangrai terlebih dahulu sehingga menjadi bubuk halus yang siap saji. Lalu ada juga mesin pembuat kopi elektrik yang  untuk membuat kopi dan teh dan sejenis minuman lainnya. Sementara mesin sangrai biji kopi berfungsi untuk menyangrai biji kopi mentah yang sudah kering sehingga hasilnya siap digiling untuk langsung dikonsumsi.

Ada pula mesin kopi espresso-capucino yang bisa mempertahankan tekanan yang dibutuhkan sehingga bisa mengekstraksi kopi secara lengkap sehingga bisa mendapatkan secangkir espresso dengan creamnya juga. Ada juga mesin kopi yang bisa langsung membuat minuman panas dan dingin dan dicampur dengan minuman lainnya misalnya coklat. Mesin bernama mesin Dolce Gusto Circolo, mesin yang sangat cocok untuk Anda yang sibuk namun ingin menikmati kopi yang sesuai dengan cuaca.

  1. Mesin Dodol

Salah satu jenis makanan yang paling dicari untuk oleh-oleh adalah dodol. Meski hanya makanan tradisional namun dodol sangat fenomenal. Sehingga jika Anda membuka usaha dodol tentunya menguntungkan apalagi saat tiba liburan, banyak yang datang mencarinya untuk buah tangan.

Sebenarnya membuat dodol bisa dengan cara tradisional dengan cara diaduk dengan kayu dalam ember yang besar. Namun, membuat secara tradisional membutuhkan banyak tenaga kerja dan waktu yang tidak sebentar. Sehingga untuk membuat dodol dalam jumlah banyak apalagi ketika ada pesanan dibutuhkan alat khusus untuk membantu pembuatan.

Mesin dodol sendiri berfungsi sebagai mengaduk dan memasak dodol. Selain dodol mesin ini juga bisa digunakan untuk membuat selai dan jenang yang bahannya kental mirip dengan dodol. Proses pembuatan dodol dengan mesin pengaduk dodol lebih cepat dibandingkan dengan proses pembuatan manual.

Sistem pengadukannya juga otomatis sehingga bisa menghemat tenaga kerja. Selain itu hasil adukannya lebih bagus dan rata daripada proses pengadukan manual. Mesin ini juga memiliki tabung double jacket yang membuat dodol tidak mengalami pemanasan langsung sehingga tidak gosong.

  1. Mesin Pemeras Santan

Bagi sejumlah rumah makan, santan merupakan bumbu masakan utama.  Sehingga kebutuhan santan memang banyak adanya. Dengan melihat peluang tersebut Anda bisa mencoba membukan usaha santan. Untuk mendapatkan santan yang sesuai dengan kebutuhan warung makan kita bisa menggunakan mesin pemeras santan.

Karena jika memeras parutan kelapa dengan cara manual tentunya memakan waktu yang tidak sebentar. Dengan menggunakan mesin pemeras santan Anda bukan hanya bisa memeras santan kelapa namun juga buah-buahan. Selain itu mesin juga cocok untuk kebutuhan industri minyak kelapa, minyak VCO dan sari buah dalam jumlah besar.

Alat pemeras santan ada dua yaitu alat pemeras santan hidrolik (manual) dan listrik. Alat pemeras santan ini juga pengoperasian dengan menggunakan pompa hidrolis sehingga mampu memeras santan secara efektif dengan kekuatan 4 ton. Sementara mesin pemeras santan otomatis dengan menggunakan tenaga listrik bisa sangat efisien, cepat dan lebih maksimal hasilnya dibandingkan dengan mesin pemeras manual.

  1. Mesin Keripik

Selain dodol, keripik merupakan salah satu makanan favorit di kala liburan. Sehingga tak salah jika beberapa daerah menjadi keripik salah satu makanan khasnya. Membuat keripik sebenarnya bisa dengan cara manual yakni dengan mengirisnya dengan menggunakan pisau kemudian digoreng lalu diberi bumbu.

Namun cara seperti itu ternyata memakan waktu lebih lama dan membutuhkan banyak tenaga kerja sehingga lebih dianjurkan menggunakan mesin saja. Mesin untuk membantu pembuatan keripik adalah mesin perajang umbi, mesin vacuum frying, mesin spinner dan mesin pengaduk bumbu.

Mesin yang pertama kali digunakan adalah mesin perajang umbi yang sebenarnya bisa digantikan dengan merajang umbi dengan menggunakan pisau. Namun karena terlalu lama lebih baik Anda menggunakan mesin saja. Mesin ini mampu merajang buah pisang, kentang, bawang ubi bahkan singkong hanya dengan meletakan umbi pada bagian atas di tempat mata pisau ditempatkan. Ada juga yang mesin perajang yang manual yang alatnya harus diputar dengan tangan.

Mesin vacuum frying merupakan mesin makanan yang biasa digunakan untuk membuat keripik berbahan dasar buah dan sayuran secara otomatis. Mesin ini mampu melakukan proses penggorengan keripik dengan suhu rendah 70-80 derajat Celsius. Agar keripik yang dimasak tidak overcook alias gosong.

Mesin menggunakan bahan bakar hybrid antara gas dan listrik sehingga bahan bakarnya menjadi lebih irit. Vacuum ini memiliki ukuran yang berbeda-beda ada yang mampu menggoreng keripik dengan kapasitas 1,5kg, 3,5 kg hingga 5kg.

Setelah menggunakan mesin perajang umbi dan vacuum frying maka Anda sebaiknya menggunakan mesin Spinner. Alat ini digunakan untuk meniriskan minyak sisa penggorengan yang masih menempel pada berbagai jenis makanan yang digoreng termasuk keripik yang biasanya minyak yang masih menempel pada keripik bisa mengurangi kriuk atau kerenyahan pada keripik.

Tak hanya itu keripik pun menjadi tak bisa langsung dikemas karena jika masih ada minyak maka keripik akan melempem ketika dikonsumsi. Spiner juga bisa digunakan untuk mengurangi kadar air pada buah-buahan. Sehingga buah-buahan pun bisa dijadikan keripik meski kadar airnya tinggi.

LEAVE A REPLY